Hubungan Posisi dan Durasi Duduk Saat Belajar Online di Rumah Selama Pandemi Covid-19 dengan Kejadian Muskuloskeletal Disorder pada Siswa MAN 2 Kota Malang

Ali Multazam, Dimas Sondang Irawan

Abstract


Salah satu kebijakan pemerintah terhadap upaya menekan laju penyebaran virus Covid-19 ini adalah social distancing. Kebijakan ini berdampak dengan diberlakukannya proses pembejalaran di rumah secara online. Pembelajaran secara online di rumah berpotensi dalam penggunaan device (gadget) yang tidak tepat. Kegiatan dengan posisi dan durasi yang lama punya potensi terhadap masalah muskuloskeletal disorder. Penelitian ini bertujuan menganalisa hubungan posisi dan durasi duduk saat belajar online di rumah selama pandemi Covid-19 dengan kejadian muskuloskeletal disorder pada siswa MAN 2 kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi analitik dengan studi observasi. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah cross sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 43 siswa yang diambil dari populasi siswa MAN 2 Kota Malang dengan Teknik sampling purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner dan observasi langsung. Data yang didapatkan kemudian dianalisa menggunakan software analisa data. Nilai sig.(2-tailed) untuk posisi duduk dengan kejadian musculoskeletal disorders sebesar 0,004 (p<0.005) dan nilai sig.(2-tailed) untuk durasi duduk dengan kejadian musculoskeletal disorders sebesar 0,000 (p<0.005). Dengan ini disimpulkan ada hubungan posisi dan durasi duduk saat belajar online di rumah selama pandemi Covid-19 dengan kejadian muskuloskeletal disorder pada siswa MAN 2 kota Malang.


Keywords


Posis Duduk; Durasi Duduk; Muskuloskeletal Disorders; COVID-19

Full Text:

PDF

References


Akodu et al. (2015). Work-related musculoskeletal disorders of the upper extremity with reference to working posture of secretaries. South African Journal of Occupational Therapy. 45(3):16-22.

Dwi, B., Amelia, A., Hasanah, U., & Putra, A. M. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 3.

Cilds, J.D., Cleland, J.A., Elliot, J.M., Teyhen, D.S., Wainner, R.S., et al. (2008). Neck Pain: Clinical Practice Guidelines Linked to The International Classification of Functioning, Disability, and Health from the Orthopaedic Section of the America Physical Therapy Association. Journal of Orthopaedic & Sports Physical Therapy, 38(9)

Guyton, A.C . and Hall, J.E. (2006). Texbook of Medical Physiology 11th. WB Sounders Company: Philadelphia

Hansraj KK. (2014). Assesment of Stressness in Cervical Spine Caused by Posture and Position of The Head. New York. National Library of Medicine

Idyan, Z. (2010). Hubungan Lama Duduk Saat Perkuliahan Dengan Keluhan Low Back Pain. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Surabaya.

Kim, S.Y. and Koo, S.J. (2016). Effect of Duration of Smartphone Use on Muscle Fatigue and Pain Caused by Forward Head Posture in Adults. Journal of Physical Therapy Science, 28(6)

Kudsi, Airi Firdausia. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kejadian Nyeri Leher pada Operator Komputer. J Agromed Unila. 2(3):257-262.

Nurmianto, Eko. (2004). Ergonomi : Konsep Dasar dan Aplikasinya. Surabaya : Guna Widya.

Nurrahman, M. R. (2016). Hubungan Masa Kerja dan Posisi Kerja terhadap Kejadian Low Back Pain pada Penenun di Kampoeng BNI Kabupaten Wajo. Naskah Publikasi Universitas Hasanuddin Makassar.

Nurzannah, Sinaga M.., Salmah U. (2015). Hubungan Faktor Resiko denga Terjadinya Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain) pada Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di Pelabuhan Belawan Medan Tahun 2015. Universitas Sumatera Utara

Padmiswari, N. K., & Griadhi, I. P. (2017). Hubungan Sikap Duduk dan Lama Duduk terhadap Keluhan Nyeri Punggung Bawah Pengrajin Perak di Desa Celuk, Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar. Jurnal Medika Universitas Udayana, Vol 6.

Pramita, I. (2015). Core Stability Exercise Lebih Baik Meningkatkan Aktivitas Fungsional daripada William's Flexion Exercise pada Pasien Nyeri Punggung Bawah Miogenik. Sport and Fitness Journal, Vol 3.

Pratiwi. (2009). Faktor yang Berpengaruh terhadap Keluhan Nyeri Pinggang Bawah pada Penjual Jamu Gendong. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, Vol . 4 (1)

Rahmawati, N. R., Rosida, F. E., & Kholidin, F. I. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Saat Pandemi Di Madrasah Ibtidaiyah. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 139–148. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2487

Rahmawati, Z. D. (2020). Penggunaan Media Gadget dalam Aktivitas Belajar dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Anak. TA‟LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(1), 97–113.

Rinaldi, E., Utomo, W., & Nauli, F. A. (2016). Hubungan Posisi Kerja pada Pekerja Industri Batu Bata dengan Kejadian Low Back Pain. Jurnal Online Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau, Vol 2.

Riningrum, H. (2016). Pengaruh Sikap Kerja, Usia, dan Masa Kerja terhadap Keluhan Low Back Pain pada Pekerja Bagian Sewing Garment di Semarang. Pena Media Jurnal Kesehatan.

Rohmawan EA., Hariyono W. (2017). Masa Kerja, Sikap Kerja, dan Keluhan Low Back Pain (LBP) pada Pekerja Bagian Produksi PT. Surya Besindo Sakti Serang. Prosiding Seminar Nasional IKAKESMADA “Peran Tenaga Kesehatan dalam Pelaksanaan SDGs”. Jurnal Pena Medika. ISBN: 978-979-3812-41-0

Samara, Diana., Basuki, Bastaman., Jannis, Jofizal. (2010). Duduk Statis Sebagai Faktor Risiko Terjadinya Nyeri Punggung Bawah Pada Pekerja Perempuan. Universa Medicina.

Sumekar, Dyah Wulan RW. (2010). Nyeri Punggung pada Operator Komputer Akibat Posisi dan Lama Duduk. MKB. 42(3):123-7.

Tarwaka et al. 2004. Ergonomi : untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas. Uniba Press. Surakarta.

Tarwaka. (2014). Ergonomi Industri (dasar-dasar pengetahuan ergonomi dan aplikasi di tempat kerja). Surakarta: Harapan Press.

Wahyudi, M. (2014). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Subyektif Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain) pada Pekerja Unit Soring Packing PT. KIA SERPIH MAS SITE Cileungsi. Skripsi Universitas MH. Thamrin.

Washfanabila, K., Rikmasari, R., & Adenan, A. (2018). Hubungan kebiasaan buruk postur tubuh dengan bunyi kliking sendi temporomandibula.

Widnyana, M. (2017). Lumbo Pelvic Stabilitation Exercise Lebih Menurunkan Disabilitas Dibandingkan dengan William's Flexion Exercise pada Pasien Nyeri Punggung Bawah Miogenik. Tesis Fisiologi Olahraga Universitas Udayana.

Wiyatno. (2011). Hubungan antara Beban Kerja dan Sikap Kerja dengan Keluhan Muskuloskeltal pada Buruh Panggul di Kawasan Industri Candi Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang

Wulandari, I. D. (2010). Hubungan Lama dan Sikap Duduk Perkuliahan Terhadap Keluhan Nyeri Punggung Bawah Miogenik Pada Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Pena, Vol. 19 No. 1.

Yonansha, Syelvira. (2012). Gambaran Perubahan Keluhan Low Back Pain dan Tingkat Resiko Ergonomi dengan Alat Vacuum pada Pekerja Manual Handling PT.AII. Universitas Indonesia

Zatadin, Z. M., & Setiawan, I. (2018). Hubungan Posisi Duduk dan Lama Duduk terhadap Kejadian Nyeri Punggung Bawah pada Penjahit Pakaian Sektor Informal di Surakarta. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um057v12i1p62-70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ali Multazam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Sport Science, ISSN :2620-4681 (online), ISSN :1907-5111 (print)
Email : jurnalilmukeolahragaan@gmail.com

Jurnal Sport Science is indexed by :

                          

 

  

 

In Collaboration with:

Reference management tools :

   

 

Plagiarism Check :


View Jurnal Sport Science Stats