Personalisasi virtual laboratory menggunakan kecerdasan buatan

Irawan Dwi Wahyono

Abstract


Perkembangan teknologi pembelajaran di industri 4.0 dalam beberapa tahun terakhir ini berkembang pesat salah satunya adalah aplikasi virtual. Salah satu aplikasi pembelajaran virtual yang dikembangkan saat ini adalah laboratorium virtual. Penggunaan laboratorium virtual dalam Revolution 4.0 sangat berguna terutama lembaga pendidikan yang tidak memiliki cukup ruang dan peralatan. Penelitian laboratorium virtual telah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. Pengembangan laboratorium virtual yang dikembangkan adalah media, model dan bahan di laboratorium virtual. Laboratorium virtual yang ada adalah pembelajaran satu arah. Laboratorium virtual tidak memiliki umpan balik dengan pengguna terutama keinginan dan kemampuan pengguna di laboratorium virtual. Diperlukan pembelajaran laboratorium berdasarkan keinginan dan kemampuan pengguna. Model pembelajaran ini dikenal sebagai personalisasi. Penelitian ini mengembangkan laboratorium virtual yang dipersonalisasi dengan memanfaatkan kecerdasan buatan. Kemampuan dan kemauan pengguna diproses oleh kecerdasan buatan untuk menentukan model, media dan bahan yang cocok untuk pengguna. Hasil uji coba di laboratorium virtual ini memperoleh nilai akurasi menurut pengguna berdasarkan hasil personalisasi yang diperoleh sebesar 90,8%


Keywords


virtual laboratorium, artificial intelligent, personalized, website

Full Text:

PDF

References


Callaghan, M. J., Eguíluz, A. G., McLaughlin, G., & McShane, N. 2015. Opportunities and challenges in virtual reality for remote and virtual laboratories. In Proceedings of 2015 12th International Conference on Remote Engineering and Virtual Instrumentation (REV) (pp. 235-237). IEEE.

dela Cruz, D. R., & Mendoza, D. M. M. 2018. Design and Development of Virtual Laboratory: A Solution to the Problem of Laboratory Setup and Management of Pneumatic Courses in Bulacan State University College of Engineering. In 2018 IEEE Games, Entertainment, Media Conference (GEM) (pp. 1-23). IEEE.

Rodriguez-Gil, L., García-Zubia, J., & Orduña, P. 2016. An architecture for new models of Online Laboratories: educative multi-user gamified hybrid laboratories based on Virtual Environments. In 2016 13th International Conference on Remote Engineering and Virtual Instrumentation (REV) (pp. 202-203). IEEE. Technology, Computer, and Electrical Engineering (ICITACEE) (pp. 230-234). IEEE.

Rokhmawati, A., Kusumo, G. R., Wahyoho, I. D., & Irawati, R. 2018. Ultranus: A novel Indonesian cultural game using artificial intelligence. In 2018 International seminar on application for technology of information and communication (pp. 361-366). IEEE.

Suwasono, S., Prihanto, D., Wahyono, I. D., & Nafalski, A. 2017. Virtual Laboratory for Line Follower Robot Competition. International Journal of Electrical and Computer Engineering, 7(4), 2253.

Wahyono, I. D. 2019. Open online course adaptif berbasis framework. TEKNO, 28(2), 103-115.

Wahyono, I. D., Fadlika, I., Taufani, A. R., & Elmunsyah, H. 2018. Research in Ubiquitous Network: Communication Optimization using Publish-Subscribe. In 2018 Electrical Power, Electronics, Communications, Controls and Informatics Seminar (EECCIS) (pp. 202-206). IEEE.

Wahyono, I. D., Fadlika, I., Afandi, A. N., & Faiz, M. R. 2019. Preliminary study of wireless balloon network using adaptive position tracking technology for post disaster event. Telkomnika, 17(4).

Wirawan, I. M., Herwanto, H. W., & Wahyono, I. D. 2017. Virtual programming laboratory UM (VLPUM) for programming competition. In 2017 5th International Conference on Electrical, Electronics and Information Engineering (ICEEIE) (pp. 158-162). IEEE.

Wirawan, I. M., Taufani, A. R., Wahyono, I. D., & Fadlika, I. 2017. Online judging system for programming contest using UM framework. In 2017 4th International Conference on Information

Wirawan, I. M., Wahyono, I. D., & Idfi, G. 2018. Research in Wireless Sensor Networks: Optimization Service Discovery using Attenuated Bloom Filter. In 2018 Electrical Power, Electronics, Communications, Controls and Informatics Seminar (EECCIS) (pp. 342-347). IEEE.

Wirawan, I. M., Wahyono, I. D., Idfi, G., & Kusumo, G. R. 2018. IoT Communication System Using Publish-Subscribe. In 2018 International Seminar on Application for Technology of Information and Communication (pp. 61-65). IEEE.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v29i1p86-96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 TEKNO

Gedung B11, Lantai 2
Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur

Creative Commons License TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Tekno Stats