Pengembangan bahan ajar perakitan komputer bermuatan augmented reality untuk menumbuhkan keaktifan belajar siswa

Binti Afifah, Triyanna Widiyaningtyas, Utomo Pujianto

Abstract


Studi ini berfokus pada pengembangan bahan ajar perakitan komputer yang bermuatan AR. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMK Negeri 1 Undanawu Blitar, diperoleh fakta bahwa beberapa siswa merasa kurang tertarik dengam model pembelajaran yang menggunakan buku cetak yang disediakan oleh sekolah. Selain itu, guru matapelajaran terkait juga menyatakan bahwa alat pembelajaran yang tersedia berjumlah terbatas. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Observasi dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data awal penelitian. Sampel subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Udanawu Blitar. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan lembar observasi. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa bahan ajar digital perakitan komputer bermuatan augmented reality (AR) yang dinyatakan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk menumbuhkan keaktifan belajar dengan skor persentase mencapai 86,3 %.


Keywords


bahan ajar, augmented reality, keaktifan belajar, siswa, sekolah kejuruan

Full Text:

PDF

References


Amirullah, G. dan Hardinata, R. 2017. Pengembangan Mobile Learning bagi Pembelajaran. Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan, 4, 2, 97-101.

Elmunsyah, H., Hidayat, W. N., dan Asfani, K. 2019. Interactive learning media innovation: utilization of augmented reality and pop-up book to improve user’s learning autonomy. Journal of Physics: Conference Series, 1193, 1, 1-6.

Grier, R. A., Thiruvengada, H., Ellis, S. R., Havig, P. Hale, K. S., dan Hollands, J. G. 2012. Augmented Reality – Implications toward Virtual Reality, Human Perception and Performance. Proceedings of the Human Factors and Ergonomics Society Annual Meeting, 56, 1, 1351-1355.

Hakim, L. 2018. Lentera Pendidikan, 20, 1, 59-72.

Hamzah, S. dan Kurniadi, D. 2019. Voteknika, 7, 3, 146-157.

Indrawini, T., Amirudin, A., dan Widiati, U. 2016. Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik untuk Mencapai Pembelajaran Bermakna bagi Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016, 2, 1-7.

Mustaqim, I. 2017. Jurnal Edukasi Elektro, 1, 1, 36-48.

Setiawan, A. B. dan Nugraha, A. C. 2018. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8, 5, 354-361.

Suryani, N. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah berbasis IT. Jurnal Sejarah dan Budaya, 10, 2, 186-196.

Wahyudi, U. M. W., Wibawanto, H., dan Hardyanto, W. 2017. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6, 2, 98-107.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v29i2p97-115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 TEKNO

Gedung G.4, Lantai 1
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur

Creative Commons License TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Tekno Stats