Pengembangan buku ajar sensor tranduser berbasis problem solving untuk mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Mokhammad Nasrulloh, Siti Sendari, I Made Wirawan

Abstract


Proses pembelajaran yang dilakukan pada matakuliah Sensor dan Tranduser mengalami kendala dalam materi yang akan diajarakan dimana referensi sumber belajar masih kurang. Adanya bahan ajar yang kurang memadai mengakibatkan mahasiswa mengalami kesulitan dalam menangkap materi yang diajarkan. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan buku ajar dimana digunakan sebagai rujukan dalam proses pembelajaran maupun sebagai sumber belajar mahasiswa secara mandiri. Penelitian ini menggunakan model Borg dan Gall yang telah disesuaikan. Tahapannya yaitu (research and information collecting, planning, develop preliminary from of product, preliminary test, main product revition, main field testing, and operational product revition). Kelayakan pengembangan buku ajar dapat dilihat dari hasil validasi dan uji coba dengan mengunakan penyebaran angket. Hasil penyebaran angket yang telah dilakukan pada buku ajar dinyatakan valid, sehingga layak digunakan sebagai sumber rujukan pembelajaran Manajemen Energi. Hal ini didukung melalui hasil persentase validasi oleh ketiga validator dengan rata-rata hasil validator sebesar 89,78%, hasil validasi uji coba kelompok kecil sebesar 88,29%, dan hasil validasi uji coba kelompok besar yaitu 90,56%. Dari persentase tersebut dapat dikatakan bahwa produk buku ajar bisa digunakan atau layak jika digunakan sebagai reverensi belajar atau sebagai bahan ajar Sensor dan Tranduser.


Keywords


Buku ajar, sensor, tranduser, problem solving

Full Text:

PDF

References


Ervina, E., Jaya, M. T. BS., dan Pargito, P. 2017. Pengaruh Efektivitas Pengembangan Bahan Ajar dan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pedagogi, 6, 6.

Hadis, A dan Nurhayati. 2012. Manajemen Mutu Pedidikan. Bandung: Alfabeta.

Lestari, P. B. dan Hartati, T. W. 2017. Efektifitas Pengembangan Bahan Ajar Mikrobiologi Berbasis Inkuiry dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Proceeding Biology Education Conference, 14, 1, 518-521.

Lestari, L. dan Sofyan, D. 2014. Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Matematika Antara yang Mendapat Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dengan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika, 3, 2, 95-108.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Putra, D. P. 2017. Pengembangan Modul Praktikum LAB PTE-04 Pokok Bahan Sensor dan Tranduser Untuk Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Putri, A. D. K. dan Imaniyati, N. 2017. Pengembangan Profesi Guru dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2, 2, 202-211.

Rusdiyanto, B. 2015. Pengembangan Trainer Sensor Pada Mata Pelaaran Sensor dan Tranduser Kelas XI Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri Singosari. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Setiawan, M. A., Dasna, I. W., dan Marfu'ah, S. 2016. Pengaruh Bahan Ajar Multimedia Terhadap Hasil Belajar dan Persepsi Mahasiswa pada Matakuliah Kimia Organik I. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1, 4, 746-751.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarti dan Rohmawati. 2014. Penilaian dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Andi Offset.

Widiani, N. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran PKN. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11, 5, 1062-1073.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v29i2p116-128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 TEKNO

Gedung G.4, Lantai 1
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur

Creative Commons License TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Tekno Stats