Program Analisis Tematik sebagai Alternatif Elektronik Assessment di Madrasah Ibtidaiyah

Shofiyah Al Idrus

Abstract


Assessment dengan metode konvensional yang dilakukan oleh guru kelas Madrasah Ibtidaiyah dalam pembelajaran Tematik memiliki kendala utama pada pelaksanaan assessment yang tidak dapat dilakukan secara lengkap, detail, dan cepat, disebabkan banyaknya jumlah assessment dalam tema mata pelajaran Tematik yang berakibat pada banyaknya waktu yang harus dihabiskan guru dalam melakukan assessment. Peningkatan proses assessment dalam mata pelajaran Tematik dapat dilakukan dengan memanfaatan model elektronik assessment (e-assessment), yaitu program Analisis Tematik (ATIK). Program ATIK memberikan kemudahan pada guru kelas mata pelajaran Tematik dalam konten analisis hasil ujian dan kualitas soal. Kegiatan penelitian ini menggunakan metode dengan 3 (tiga) pendekatan, yaitu: (1) pendekatan personal, (2) sosialisasi, dan (3) pelatihan dengan subjek penelitian Madrasah Ibtidaiyah KH. Hasyim Asy’ari. Hasil penelitian yang dilakukan dengan program ATIK mampu membantu guru kelas mata pelajaran Tematik dalam melakukan assessement dengan pemanfaatan inovasi menu program analisis ujian dengan sub menu rekam ujian dan cetak. Menu tersebut dapat bermanfaat bagi guru kelas untuk memutuskan siswa yang tuntas dan tidak dalam proses pembelajaran serta soal yang dapat digunakan dan tidak dalam ujian secara otomatis. Menu cetak bermanfaat dalam perekaman nilai yang dikelompokkan berdasar tema dan sub tema pada mata pelajaran Tematik. 


Full Text:

PDF

References


Abidin dan Walida. 2014. The Development of Mathematics E-portofolio Assessment Model for Senior High School. Proceedings of International Seminar on Mathematics Education on Graph Theory, pp. 469-476. ISBN. 978-602-71141-0-4.

Aguilar dan Bru. 2011. Diagnostic and Formative in Enginering on Moodle-Based VLE. In F. Lazarinis, S. Green, & E. Pearson (Eds), Handbook of Research on Learning Standards an Interoperability: Frameworks and Issues, pp. 378-398. DOI: 10.4018/978-1-61692-789-9.ch019.

Alnashr, Sofyan. 2018. Analisis Faktor Penghambat Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Pembelajaran Tematik (Studi Kasus MI Al- Hikmah Kajen, Margoyoso, Pati). Institut Pesanteren Mathaliul Falah Pati: Jurnal Pendidikan Guru MI vol 5, no. 2, hh.191-204

Arifin, Zainal. 2017. Evaluasi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Astiti, Ayu. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Falcao, Rita. 2019. Aligning E-assessment With Learning Outcomes. Handbook of Research on E-Assessment in Higher Education, pp. 243-268. DOI: 10.4018/978-1-5225-5936-8.ch010.

Jayanti, dkk. 2019. The Validity and Reliability Analysis of English National Final Examination for Junior High School. Voices of English Language Education Society, vol 3, no.2, pp. 127-135. E-ISSN 2579-7484.

Kadir dan Asrohah. 2015. Pembelajaran Tematik. PT. RajaGrafindo Persada: Jakarta.

Murdjito, G. 2012. Metoda Pengabdian Kepada Masyarakat. Makalah disajikan dalam Pelatihan Metodologi Pengabdian Masyarakat Tahun 2012.

Orr, dkk. 2018. The Performance for Leaders: Construct Validity and Reliability Evidence. Journal of Research on Leadership Education, vol 13, issue 2, pp. 139-161. DOI:10.1177/1942775117742646.

Program Analisis Tematik (ATIK). 2019. http://atikapp.com.

Purwati dan Nugroho. 2018. Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir di SMAN 1 Prambanan. Jurnal Pendidikan dan Sejarah, vol 4, no.1.

Sahidu, dkk. 2012. Desain Sistem E-assessment pada Pembelajaran Fisika di LPTK. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, vol 3, no. 5, hh. 265-270. ISSN. 2407-6902.

Setiawan, dkk. 2018. Evaluation of Thematic Learning in Curriculum in Primary School. International Seminar on Education Management disampaikan di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa pada 27 Oktober 2018. ISBN 978-602-53231-1-9.

Sorensen. 2013. Implementation and Student Perceptions of E-assessment in a Chemical Assessment in a Chemical Engineering Module. European Journal of Engineering Education, vol 38, issue 2, pp. 172-185.

Stoedberg, Ulf. 2012. A review Research of Assessment. Journal Assessment and Evaluation in Higher Education, vol 37, issue 5, pp. 591-604. DOI: 10.1080/02602938.2011.557496.

Wawancara Guru MI KH. Hasyim Asy’ari Bernama Hilda Nur Azizah, pada tanggal 15 Januari 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v30i2p14-26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan

Gedung G.4, Lantai 1
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur

Creative Commons License TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Tekno Stats