Pengembangan Mobile Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Polymorphism Siswa Kelas XI Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 2 Singosari

Lazuardy Syahrul Darfiansa

Abstract


Pengembangan mobile learning penggunaan media sebagai alat bantu belajar dengan memanfaatkan gadget yang dimiliki peserta didik. Dapat mempermudah dan menarik keinginan peserta didik dalam mempelajari suatu materi. Peserta didik mengalami kesulitan materi Polymorphism karena belum optimalnya media pembelajaran yang digunakan saat proses pembelajaran dalam bentuk buku cetak dan handout yang tidak interaktif sehingga kurang menarik minat peserta didik dalam mempelajari materi. Mobile learning merupakan salah satu alternatif masalah tersebut karena terdapat banyak multimedia dan evaluasi materi yang dapat menarik minat dalam mempelajari materi untuk menunjang proses pembelajaran Oleh karena itu mengembangkan sebuah mobile learning merupakan solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pengembangan media pembelajaran menerapkan model ADDIE.

Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa 93,48% media pembelajaran sangat valid dan berdasarkan ahli materi 91,06% media pembelajaran sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran. Pada proses pelaksanaan uji coba perseorangan hasilnya menunjukkan bahwa media pembelajaran 80,73% cukup valid, melalui uji kelompok kecil diketahui bahwa 86,17% sangat valid, dan hasil proses pelaksanaan uji coba lapangan menunjukkan bahwa media pembelajaran 88,83% sangat valid. Hasil peningkatan pemahaman konsep menunjukkan bahwa rata-rata peserta didik mampu mencapai nilai minimal yang telah ditentukan. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis mobile layak untuk digunakan di dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Branch, R. M. 2009. Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.

Budiono, A. 2014. Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani di MTS Negeri 1 Kaleng Puring Kebumen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Daryanto, D., & Dwicahyono, A. 2014. Pengembangan perangkat pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Doppelt, Y. 2005. Assessment of project-based learning in a mechatronics context. Journal of Technology Education, 16(2), 7-24.

Dwicahyono, D. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.

Faishal, A. 2015. Pengembangan e-modul pembelajaran pneumatik pada mata pelajaran proses dasar kejuruan mesin di SMKN 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika, 5(5).

Fausih, M. 2015. Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)” Untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 5(3).

Hake, R. R. 2008. Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American journal of Physics, 66(1), 64-74.

Hamdani, D., Kurniati, E., & Sakti, I. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Exacta, 10(1), 79-88.

Han, S., Capraro, R., & Capraro, M. M. 2015. How science, technology, engineering, and mathematics (STEM) project-based learning (PBL) affects high, middle, and low achievers differently: The impact of student factors on achievement. International Journal of Science and Mathematics Education, 13(5), 1089-1113.

Hasan, Miftah. 2010. Implementasi Teori Belajar dalam Desain Sistem Pembelajaran Mobile Learning. Jurnal Kwangsan Vol. I - Nomor 1

Hidayat, A. 2010. Pengembangan Aplikasi Mobile Learning (M-Learning) Menggunakan Teknologi Web Mobile. Journal of Informatics Engineering and Communication, 1(1), 13-20.

Hutasuhut, S. 2010. Implementasi pembelajaran berbasis proyek (project-based Learning) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Mata kuliah pengantar ekonomi pembangunan Pada jurusan manajemen feunimed. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 2(01).

Kemendikbud Pendidikan Dasar dan Menengah Kejuruan. 2017. Panduan Penilaian Hasil Belajar Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat jenderal pendidikan dasar dan menengah.

Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Manasikana, A. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Android pada Materi Jurnal Penyesuaian dan Jurnal Koreksi Untuk Kelas XII Akuntansi Di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2).

Nugroho, A. A., & Purwati, H. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile Learning Dengan Pendekatan Scientific. Euclid, 2(1).

Nugroho, S. 2014. Pemanfaatan Mobile Learning Game Barisan dan Deret Geometri untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika SMA Kesatrian 1 Semarang. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 1(1), 1-7.

Nur Arfiana, M. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Menerapkan Rangkaian Digital Kombinasi Berbasis Mobile Learning di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(3).

Noer, Sri Hastuti. 2010. Jurnal Pendidikan MIPA. Jurusan P.MIPA. Bandar Lampung: Unila.

Patmanthara, S. 2015. Pembelajaran Berbantuan Komputer. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.

Prastowo, A. 2011. Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Jakarta: Kencana.

Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.

Santyasa, W. 2010. Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul. Makalah Disajikan dalam Pelatihan Bagi Para Guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK Tanggal 12-14 Januari 2009, Di Kecamatan Nusa Penida Klunkung.

Sari, R. S. P., Fadila, A., & Fiteriani, I. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Software Adobe Flash untuk Kelas VIII SMP. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 2, pp. 565-572).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunhaji. 2009. Strategi Pembelajaran Konsep Dasar, Metode, dan Aplikasi dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

Tamimuddin, M. 2007. Mengenal Mobile Learning (M-Learning). URL: http://p4tkmatematika. com/web/images/stories/artikel/mlearn_tamim. pdf.

Traxler, J. M., & Crompton, H. 2015. Mobile learning. In Encyclopedia of Mobile Phone Behavior (pp. 506-518). IGI Global.

Wahono, R. S. (2006). Aspek dan kriteria penilaian media pembelajaran. Online)(http://romisatriawahono. net/, diakses pada tanggal 20 Mei 2016).

Waluya, B. 2008. Penggunaan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Konsep Geografi. Jurnal Pendidikan Geografi FPIPS UPI, 2(1), 1-9.

Winastwan Gora & Sunarto. 2009. Pakematik: Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. 2016. Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi kelarutan untuk meningkatkan performa akademik siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88-99.

Yudhi, M. 2008. Media pembelajaran. Gaung Persada (GP) Press, Ciputat (Jakarta).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v30i2p27-40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan

Gedung B11, Lantai 2
Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur

Creative Commons License TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Tekno Stats