Pengembangan Modul Pembelajaran Animasi 2D dan 3D Bermuatan Model Pembelajaran Project-Based Learning untuk Siswa SMK Kompetensi Keahlian Multimedia

Andisa Talenta Oktaviani

Abstract


Ditemukannya kesalahan penyampaian materi pelajaran Animasi Digital Puppeteer secara tidak langsung disebabkan oleh pelaksaan program prakerin selama 1 tahun di SMK. Hal tersebut karena adanya pemadatan pembelajaran yang berdampak pada pemberian materi dimana seharusnya diberikan selama 2 semester menjadi 1 semester saja. Terbatasnya waktu pembelajaran tersebut membuat beberapa materi pelajaran tidak tersampaikan kepada siswa. Hal tersebut juga dipicu dengan belum adanya bahan ajar yang mendukung pembelajaran yang dipadatkan akibat pelaksanaan praktik kerja industri selama 1 tahun. Melihat permasalahan tersebut membuat pengembangan sebuah modul pembelajaran pada mata pelajaran Animasi 2D dan 3D bermuatan project-based learning untuk mendukung pelaksanaan praktik kerja industri selama 1 tahun merupakan solusi yang dapat dilakukan dalam mengatasi permasalahan yang ada. Hasil pengujian kelayakan menunjukkan bahwa modul pembelajaran valid dimana hasil uji kelayakan oleh ahli media menunjukkan bahwa 95,14% modul sangat valid serta dilihat dari hasil uji kelayakan oleh ahli materi menunjukkan bahwa 97,14% modul sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran. Pada uji coba yang melibatkan siswa menunjukkan bahwa melalui hasil uji coba perseorangan dapat diketahui bahwa 94,17% modul pembelajaran yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu melalui hasil uji coba kelompok kecil dapat diketahui bahwa modul pembelajaran 85,18% sangat layak untuk digunakan, begitu juga hasil uji coba pemakaian menunjukkan bahwa modul pembelajaran 87,45% sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan data yang telah didapatkan tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran animasi 2D dan 3D bermuatan project-based learning sangat layak untuk dijadikan referensi dan digunakan didalam proses belajar Animasi 2D dan 3D.

Keywords


Bahan Ajar, Modul, Animasi 2D dan 3D, Project-Based Learning

Full Text:

PDF

References


Akbar. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosda.

Alimah, Lidy Fitri, Kurniawan, Eko Setyadi, & Ngazizah, Nur. 2013. Pengembangan Modul Fisika pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Berbasis Domain Pengetahuan Sains untuk Mengoptimalkan Minds-On Siswa SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Berkala Pendidikan Fisika: Radiasi, Vol. 3(1).

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2008. Standar Penilaian Buku Teks Pelajaran.ppt. Bahan Sosialisasi Standar Penilaian Buku Teks Pelajaran TIK.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2011. Deskripsi ITEM Kegrafikaan (SMP, SMA, SMK) Penulis.pdf. (Online), https://bsnp-indonesia.org/2011/05/instrumen-penilaian-buku-teks-pelajaran-tahun-2011/, diakses pada 9 Maret 2020.

Clement, Iji O., Ogobole Patience O., & Uka Nanna K. 2014. Effect of Improvised Instructional Materials on Students’ Achievement in Geometry at the Upper Basic Education Level in Makurdi Metropolis, Benue State, Nigeria. American Journal of Education Research, Vol. 2(7): 538-542.

Fajrie, Leila. 2016. Pengaruh Penggunaan Modul Terhadap Tingkat Pemahaman Materi Pembelajaran Teori Mata Pelajaran Produktif Multimedia di SMK Muhammadiyah Wonosari. Skripsi. (Online), (https://eprints.uny.ac.id/440061/Leila%20Fajrie%2014.pdf), diakses 22 Oktober 2019. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Guo, S., Yang, Yanjun. 2012. Project-Based Learning: An Effective Approach to Link Teacher Professional Development and Students Learning. Journal of Education Technology Development and Exchange (JETDE), Vol. 5(2).

Hidayat, S. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kartiko, Erik Yohan. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL) pada Mata Pelajaran Desain Multimedia di SMK PGRI 02 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang (UM).

Khoirudin, M. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Biologi Berbasis Inkuiri pada Materi Interaktif Antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya. Jurnal: BIOEDUKASI, Vol. 7.

Mastur. 2017. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pelaksanaan Pembelajaran di SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Vol 4(1): 50-64 .pdf, (Online), (http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp), diakses 16 Oktober 2019.

Mutmainah, Risqi. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Project Based Learning) Terhadap Pencapaian Kompetensi Dasar Teknologi Menjahit Siswa Kelas X di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Skripsi. (Online), (https://eprints.uny.ac.id/45950/1/SKRIPSI-RISQI%20MUTMAINAH-12513241028.pdf), diakses 12 Mei 2020. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurmalasari, R., Wati, R.D.P., Puspitasari, P., Diana, W., & Dewi, N.K. 2016. Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. (Online), (http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/55-Riana-NurmalasariReta-Dian-Purnama-Wati-Poppy-Puspitasari.pdf), diakses 16 Oktober 2019.

Nwike, Matthew C., Chaterine, O. 2013. Effect of Use of Instructional Materials on Students Cognitive Achievement in Agricultural Science. Journal of Educational and Social Research, Vol. 3(5).

Patmanthara, Syaad. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa. TEKNO Vol. 26.

Patmanthara, S., Hidayat, W. N. 2018. Improving Vocational High School Students Digital Literacy Skill Trough Blended Learning Model.

Raharti, Purwaning, S. 2011. Pengaruh Penggunaan Modul Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran PDTM di SMK Piri Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sari, Gilang Rafika. 2018. Pengembangan Modul Ajar Workshop Instalasi Penerangan Listrik dengan Model Project Based Learning untuk Menumbuhkan Kreatifitas Belajar Mahasiswa S1 PTE UM. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang (UM).

Shodikin, Ali. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Integral Berbasis Animasi. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, Vol. 6(1).

Sumarti, Sri S., Cahyono, Edy, & Munafiah, Amrul. 2015. Project Based Learning Tools Development on Salt Hydrolysis Materials Through Scientific Approach. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), Vol. 5(2), Ver. II.

Tania, L., Susilowibowo, J. 2017. Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) Vol 5(2).

Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yunita, L., Sofyan, A., Agung, S. 2014. Pemanfaatan Peta Konsep (Concept Mapping) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Senyawa Hidrokarbon. EDUSAINS, Vol. 4(1): 4-8.

Zakiyah, Millatus. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah di SMA/MA Kelas XI. (Online), (http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikel7FCEEE9CC1FAF56E9B661B2F44619E45.pdf), diakses 22 Oktober 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v30i2p1-13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan

Gedung G.4, Lantai 1
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur

Creative Commons License TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Tekno Stats