Implementasi Penggerak Elektronika Sederhana Sebagai Upaya Meningkatkan Respon Waktu Motor Listrik DC

Muhammad Afnan Habibi

Abstract


Motor listrik adalah mesin dinamis yang mengkonversi energi listrik menjadi energi mekanik. Ketika sebuah motor diberi suplai dengan tegangan konstan, ia berputar pada kecepatan konstan. Beberapa aplikasi atau pekerjaan tertentu memerlukan motor berkecepatan rendah, seperti pengaduk semen, kren, konveyor, dan lain-lain. Di lain pihak, kecepatan tinggi diperlukan pada beberapa peralatan rumah tangga, contohnya adalah kipas angin, penyedot sepeda listrik, mixer, dan sebagainya. Pada penelitian ini, rangkaian elektronika pengubah daya dan sebuah mikrokontroler diterapkan kepada motor listrik DC. Hal ini memungkinkan catu daya memberikan suplai yang fleksibel sehingga motor bekerja menyesuaikan kecepatan stabilnya sesuai dengan harapan pengguna. Lebih dari itu, dengan menggunakan teknik kontrol sederhana, pengguna dapat mengatur respon motor menjadi lebih cepat untuk mencapai kecepatan yang diinginkan tersebut. MOS-FET, baterai, resistor, kapasitor, dioda dan kabel adalah komponen elektronika yang diperlukan sebagai penggerak motor maupun pengukuran kecepatan. Pengaturan motor DC telah dilakukan dengan menerapkan komponen elektronika sederhana dan kontroler PI. Komponen elektronika digunakan sebagai pengatur daya dan pengukuran respon kecepatan motor DC. Dengan menggabungkan sirkuit penggerak motor dan pengukur kecepatan maka didapat rangkaian kombinasi eksperimental. Sementara itu, kontrol PI diterapkan pada kode program yang kompatibel dengan mikrokontroler. Setiap konstanta proporsional Kp = 0,5, 0,7, 1,1 dan 1,2 dan juga beberapa nilai konstanta integral Ki = 0,4, 0,5, dan 0,6, memiliki respon putaran mesin yang bervariasi. Implementasi kontrol PI kepada motor DC mempunyai efek mengatur rotasi dan meningkatkan respon transien motor. Berdasarkan hasil percobaan, untuk membuat kecepatan motor r = 200, maka diterapkan konstanta Kp=1,2 dan Ki=0,5. Lebih dari itu, dengan kedua konstanta tersebut, kondisi transien motor meningkat, sehingga motor lebih cepat berakselerasi mulai dari diam menuju putaran yang diinginkan.

Keywords


Elektronika daya; kontrol PI; mikrokontroler; motor DC; rangkaian penggerak motor; respon waktu transien

Full Text:

PDF

References


Akhil, R. S. et al. (2020) ‘Modified flux-weakening control for electric vehicle with PMSM drive’, IFAC-PapersOnLine. Elsevier Ltd, 53(1), pp. 325–331. doi: 10.1016/j.ifacol.2020.06.055.

Badihi, H., Jadidi, S. and Zhang, Y. (2018) ‘Application of Model Reference Adaptive PI Control to FTCC of a Wind Farm’, IFAC-PapersOnLine. Elsevier B.V., 51(24), pp. 280–285. doi: 10.1016/j.ifacol.2018.09.589.

Beller, S. and Yavuz, H. (2021) ‘Crane automation and mechanical damping methods’, Alexandria Engineering Journal. Faculty of Engineering, Alexandria University, 60(3), pp. 3275–3293. doi: 10.1016/j.aej.2021.01.048.

Bochkarev, I. V. (2015) ‘Analysis of a doubly fed induction motor in electric drives of pumping stations’, Procedia Engineering. Elsevier B.V., 129, pp. 915–921. doi: 10.1016/j.proeng.2015.12.133.

Chanpeng, W. and Hachanont, P. (2014) ‘Design of efficient in-wheel motor for electric vehicles’, Energy Procedia. Elsevier B.V., 56(C), pp. 525–531. doi: 10.1016/j.egypro.2014.07.188.

D’Urso, D. et al. (2021) ‘Dynamic failure rate model of an electric motor comparing the Military Standard and Svenska Kullagerfabriken (SKF) methods’, Procedia Computer Science. Elsevier B.V., 180(2019), pp. 456–465. doi: 10.1016/j.procs.2021.01.262.

Gasiyarova, O. A. et al. (2017) ‘Usefulness of Using Elasticity of the Hoisting Tackle in Modeling the Electric Drive of the Main Hoist of the Overhead Casting Crane with Two Driving Motors’, Procedia Engineering. Elsevier B.V., 206, pp. 1861–1866. doi: 10.1016/j.proeng.2017.10.726.

Gavrishev, S. E., Burmistrov, K. V. and Tomilina, N. G. (2016) ‘Increasing the work scope of conveyor transport at mining companies’, Procedia Engineering. The Author(s), 150, pp. 1317–1321. doi: 10.1016/j.proeng.2016.07.306.

Gramblička, S., Kohár, R. and Stopka, M. (2017) ‘Dynamic Analysis of Mechanical Conveyor Drive System’, Procedia Engineering, 192, pp. 259–264. doi: 10.1016/j.proeng.2017.06.045.

Gu, D. W. et al. (2020) ‘Matlab/simulink based modeling and simulation of fuzzy PI control for PMSM’, Procedia Computer Science. Elsevier B.V., 166, pp. 195–199. doi: 10.1016/j.procs.2020.02.047.

Huba, M. and Vrančič, D. (2018) ‘Comparing filtered PI, PID and PIDD control for the FOTD plants’, IFAC-PapersOnLine, 51(4), pp. 954–959. doi: 10.1016/j.ifacol.2018.06.099.

Ji, S. et al. (2014) ‘Electric bike sharing: Simulation of user demand and system availability’, Journal of Cleaner Production. Elsevier Ltd, 85, pp. 250–257. doi: 10.1016/j.jclepro.2013.09.024.

Johnson, M. and Rose, G. (2015) ‘Extending life on the bike: Electric bike use by older Australians’, Journal of Transport and Health. Elsevier, 2(2), pp. 276–283. doi: 10.1016/j.jth.2015.03.001.

Karaisas, P., Balan, H. and Laslo, H. D. (2019) ‘Vibroacoustic diagnosis technique for electric motors in residential environment’, Energy Procedia. Elsevier B.V., 157(2018), pp. 1525–1536. doi: 10.1016/j.egypro.2018.11.318.

Krishna, O. B. et al. (2015) ‘Measurement and modeling of job stress of electric overhead traveling crane operators’, Safety and Health at Work. Elsevier Ltd, 6(4), pp. 279–288. doi: 10.1016/j.shaw.2015.06.005.

Mbizvo, G. K. et al. (2019) ‘ur na l P of’, Epilepsy Research. Elsevier B.V., p. 106192. doi: 10.1016/j.scs.2021.102841.

McQueen, M., MacArthur, J. and Cherry, C. (2020) ‘The E-Bike Potential: Estimating regional e-bike impacts on greenhouse gas emissions’, Transportation Research Part D: Transport and Environment. Elsevier, 87, p. 102482. doi: 10.1016/j.trd.2020.102482.

Nazih, Y. et al. (2020) ‘Performance evaluation of PI controlled series stacked power delivery architectures for high-efficiency data centers’, Alexandria Engineering Journal. Faculty of Engineering, Alexandria University, 59(6), pp. 4821–4842. doi: 10.1016/j.aej.2020.08.045.

Petru, L. and Mazen, G. (2015) ‘PWM control of a DC motor used to drive a conveyor belt’, Procedia Engineering. Elsevier B.V., 100(January), pp. 299–304. doi: 10.1016/j.proeng.2015.01.371.

Uriarte, C. et al. (2019) ‘Control strategies for small-scaled conveyor modules enabling highly flexible material flow systems’, Procedia CIRP. Elsevier B.V., 79, pp. 433–438. doi: 10.1016/j.procir.2019.02.117.

Wei, L. et al. (2013) ‘Comparison Study on Travel Characteristics between Two Kinds of Electric Bike’, Procedia - Social and Behavioral Sciences. Elsevier B.V., 96(Cictp), pp. 1603–1610. doi: 10.1016/j.sbspro.2013.08.182.

Wenning, M., Kawollek, S. and Kampker, A. (2020) ‘Self-driving chassis for low-invest and highly flexible electric vehicle assembly’, Procedia Manufacturing. Elsevier B.V., 43, pp. 576–582. doi: 10.1016/j.promfg.2020.02.157.

Zhou, J. (2018) ‘Adaptive PI Control of Bottom Hole Pressure during Oil Well Drilling’, IFAC-PapersOnLine. Elsevier B.V., 51(4), pp. 166–171. doi: 10.1016/j.ifacol.2018.06.060.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v31i1p23-32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan

Gedung B11, Lantai 2
Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur

Creative Commons License TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Tekno Stats