Penerapan Motor Listrik sebagai Penggerak pada Mesin Penggiling Padi

Langlang Gumilar

Abstract


Jarak yang jauh dari kota kadang membuat warga desa menjadi sulit mendapatkan teknologi yang mampu membantu mempermudah pekerjaan mereka. Sebagai contoh masih ada desa-desa yang menggunakan cara tradisional untuk mengolah padi menjadi beras. Cara tradisional tersebut kurang efektif dan efisien karena selama pengolahan padi menjadi beras mengakibatkan banyak padi yang hilang dan rusak. Selain itu juga cara tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. Jurnal ini memberikan solusi untuk permasalahan tersebut dengan cara mengolah padi menjadi beras menggunakan mesin penggiling padi. Perbedaan mesin pengiling padi ini dengan mesin penggiling yang sudah ada adalah penggeraknya yang menggunakan motor listrik. Kelebihan menggunakan motor listrik dari pada menggunakan motor bakar adalah kendali pada kecepatan putaran motor. Motor listrik dapat dikendalikan kecepatan putarannya menggunakan tahanan variabel atau potiensiometer yang dapat membatasi arus yang masuk ke motor, sehingga kecepatan putaran motor dapat disesuaikan dengan beban padi yang akan diolah. Mesin penggiling padi yang menggunakan penggerak motor listrik dapat mengurangi padi yang hilang dan rusak selama proses penggilingan karena adanya kendali kecepatan motor. Selain itu proses pengolahan padi menjadi beras menjadi lebih cepat dari pada menggunakan metode tradisional. Pengolahan padi menjadi lebih efektif dan efisien dari sebelumnya.

Keywords


Mesin Penggiling Padi; Motor Listrik; Tahanan Variable; Kendali Putaran

Full Text:

PDF

References


. S. Budijanto dan A. B. Sitanggang, “ Produktifitas dan Proses Penggilingan Padi Terkait Dengan Pengendalian Faktor Mutu Berasnya”, Jurnal Pangan, Vol. 20, No. 2, 2011.

. D. P. Mulyawan, Iqbal, dan A. Munir, “ Uji Kinerja Pemecah Kulit Gabah (Husker) Tipe Rol Karet pada Penggilingan Gabah Kecil”, Jurnal AgriTechno, Vol. 11, No. 1, 2018.

. R. Rachmat, “ Model Penggilingan Padi Terpadu Untuk Meningkatkan Nilai Tambah”, Buletin Teknologi Pascapanen Pertanian, Vol. 8, No.2, 2012.

. Windar, dan E. Amami, “ Rancang Bangun Mesin Pemisah Padi Isi Dengan padi Kosong Kapasitas 10 Kg/Menit”, Seminar Nasional Sains dan Teknologi, 2016.

. N. D. Sartika, dan Z. Ramdhani, “Kajian Penggunaan Mesin Penggiling Mobile Terhadap Mutu Beras Untuk Beberapa Varietas Padi di Kabupaten Sumbawa Barat”, Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem, Vol. 6, No. 1, 2018.

. S. Umar, “Pengaruh Sistim Penggilingan Padi Terhadap Kualitas Giling Di Sentra Produksi Beras Lahan Pasang Surut”, Jurnal Teknologi Pertanian, Vol. 1, No. 1, 2011.

. R. Hasbullah, dan A. R. Dewi, “ Kajian Pengaruh Konfigurasi Mesin Penggilingan Terhadap Rendemen dan Susut Giling Beberapa Varietas Padi”, Jurnal Keteknikan Pertanian, Vol. 23, No. 2, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v31i2p130-136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan

Gedung B11, Lantai 2
Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur

Creative Commons License TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Tekno Stats