Efektivitas Pelatihan Digital branding Unit Produksi dan Jasa Bagi Guru SMK

Wahyu Nur Hidayat, Rahajeng Kartika Sari, Tri Atmadji Sutikno, Syaad Patmanthara, Shofiyah Al Idrus, Naurah Septi Anggraini

Abstract


Optimalisasi Unit Produksi dan Jasa (UPJ) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) perlu untuk dioptimalkan terutama di masa penjualan online dan transaksi digital semakin meningkat tajam. SMK Negeri 10 Malang sebagai sekolah yang telah memiliki UPJ hasil Kerjasama dengan pihak industri memiliki memiliki permasalahan terkait kegiatan pemasaran dan branding usaha. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara didapatkan data bahwa penjualan produk dan jasa selama pandemi mengalami penurunan, sehingga perlu dilakukan upaya peningkatan sarana promosi usaha. Salah satu solusinya adalah pelatihan digital branding yang dipadukan dengan upaya komersialisasi produk dan jasa melalui sistem informasi teaching factory UPJ MSKN 10 Malang. Tujuan penlitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelatihan digital branding yang dilaksanakan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan melakukan dua kegiatan evaluasi yaitu evaluasi tes dan evaluasi non tes. Subjek penelitian adalah guru SMKN 10 Malang sejumlah 22 orang yang mengikuti keseluruhan rangkaian kegiatan pelatihan. Evaluasi tes ditujukan untuk mengetahui hasil pemahaman dan keterampilan digital branding. Instrumen penelitian tes sejumlah 20 soal sedangkan instrumen non tes terdiri dari 31 butir pernyataan yang keseluruhannya telah dilakukan validasi isi. Evaluasi tes dilakukan dengan menggunakan formula N-Gain score yang menghasilkan nilai 0,36 dan masuk dalam kriteria sedang. Hasil evaluasi non tes yang ditujukan untuk mengetahui kualitas keterlaksanaan kegiatan pelatihan mendapatkan hasil pada aspek kualitas pemateri, metode pelatihan, fasilitas pelatihan dan persepsi peningkatan pemahaman peserta dengan kategori sangat tinggi dengan nilai rerata 96,34%. Berdasarkan hasil evaluasi dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan berjalan efektif sesuai dengan tujuan dan harapan.

Keywords


Efektivitas, pelatihan, digital branding, Unit Produksi dan Jasa, sistem informasi teaching factory

Full Text:

PDF

References


Alalwan, A., Rana, N. P. , Dwivedi, Y. K., Algharabat, R., Alalwan, A. A., Rana, N. P., & Dwivedi, Y. K. (2021). Social media in marketing: A review and analysis of the existing literature. Social Media in Marketing: A Review and Analysis of the Existing Literature. In Telematics and Informatics (Vol. 34, Issue 7). http://hdl.handle.net/10454/18095

Ferbita, L. V., Setianti, Y., & Dida, D. S. (2020). Strategi Digital branding Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Melalui Media Sosial (Vol. 16, Issue 2).

Hidayat, WN, Patmanthara S, Setiani A, Sutikno TA, & Sutadji E. (2020). Pelatihan Pengembangan Mobile Game Edukasi untuk Guru SMK Bidang Teknologi Komputer dan Informatika Kota Malang. Jurnal Karinov, Vol. 3 No. 1

Iftikar, A & Din, S. (2009). Evaluating Training and Development. Journal of Medical Sciences. Vol. 7, No. 2, pp: 165-166.

Ivanov, D., & Dolgui, A. (2021). A digital supply chain twin for managing the disruption risks and resilience in the era of Industry 4.0. Production Planning and Control,32(9),775–788

Lim, D. H & Johnson, S. D. 2002. Trainee Perceptions of Factors That Influence Learning Transfer. International Journal of Training and Development. Vol. 6, No. 1, pp: 36-48.

Morris, M. L & Lim, D. H. 2006. Influence of Trainee Characteristics, Instructional Satisfaction and Organizational Climate on Perceived Learning and Training Transfer. Human Resource Development Quarterly. Vol. 17, No. 1, pp: 85-115.

Nismalasari, Santiani, & HMukhlis Rohmadi. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis. 4(2).

Park, G., Chen, F., & Cheng, L. (2021). A study on the millennial’s usage behavior of social network services: Effects of motivation, density, and centrality on continuous intention to use. Sustainability (Switzerland), 13(5), 1–21. https://doi.org/10.3390/su13052680

Prabu, D., & Simanjuntak, D. (2017). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja pada Kantor Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara. Jurnal Ecobisma, 4(2), 64-76.

Pribadi, B. (2020). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi (3rd ed.). (Y. Rendy, Ed.) Jakarta: Kencana.

Rahmini, Y. (2017). Perkembangan Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia.

Rohmawati, T., Selvia, E., Monica, E., Welizaro, R., & Saputra, H. (2021). Teknologi pemasaran digital untuk branding. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(3), 638. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i3.479

Rowley, J., & Hanna, S. (2020). Branding destinations: symbolic and narrative representations and co-branding. Journal of Brand Management, 27(3), 328–338. https://doi.org/10.1057/s41262-019-00180-8

Sesmiyanti, S., Antika, R., & Suharni, S. (2019). N-Gain Algorithm for Analysis of Basic Reading. https://doi.org/10.4108/eai.19-7-2019.2289527

Tjhin, S., Matahari, T., Arsyadi, R., Retno, M. J., Wahyuni, B., & Harditya, A. (2021). Strategi Branding: Peran Media Sosial dalam Memajukan Perekonomian Masyarakat Melalui UKM. In Journal of Community Services: Sustainability and Empowerment, 1(01)




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v31i2p167-174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan

Gedung B11, Lantai 2
Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur

Creative Commons License TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Tekno Stats