Kinerja Motor Listrik sebagai Penggerak Mesin Penggiling Sampah Organik

Langlang Gumilar

Abstract


Terlalu banyak menggunakan pupuk kimia dapat menurunkan kualitas tanah, tidak seimbangnya unsur hara, dan banyaknya organik-organik tanah yang mati. Permasalah ini terjadi pada kelompok tani di Dusun Tawang, Desa Bendosewu, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar. Penurunan hasil panen sudah mereka rasakan akibat terlalu banyak menggunakan pupuk kimia. Untuk memperbaiki kualitas tanah dan mengembalikan keseimbangan unsur hara dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk organic. Pupuk organik lebih mudah diproses dan dapat dibuat sendiri oleh kelompok tani. Bahan-bahan dasar untuk pembuatan pupuk organic juga mudah didapat di lingkungan sekitar kelompok tani seperti rumput-rumput atau daun-daun yang sudah kering, sisa-sisa jerami padi yang sudah kering dan sampah organic lainnya. Oleh karena itu dibutuhkan mesin pencacah sampah organik yang dapat membantu mempercepat proses pembuatan pupuk organik. Mesin pencacah sampah organik ini memiliki penggerak motor listrik 1 fasa. Motor listrik lebih efisien dan efektif untuk mesin ini dari pada menggunakan motor bakar. Motor listrik dapat diatur kecepatannya dengan menyesuaikan kebutuhan.

Keywords


Sampah organic; mesin listrik; mesin pencacah; pupuk organic; kualitas tanah

Full Text:

PDF

References


. Firmansyah I., Syakir M., Lukman L., 2017, Pengaruh Kombinasi Dosis Pupuk N, P, dan K Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Terung (Solanum melongena), Jurnal Hortikultura, Vol. 27, No. 1, Hal. 69-78.

. Munandar, A 2013, ‘Pengaruh komposisi media tanam dan dosis pupuk NPK Mutiara 16:16:16 terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai (Capsicum annum L.)’, Desertasi Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

. Nursyamsi, D, Idris, K, Sabiham, S, Rachim, DA & Sofyan, A 2008, ‘Pengaruh asam oksalat, Na+, NH4+, dan Fe+ terhadap ketersediaan K tanah, serapan N, P, dan K tanaman serta produksi jagung pada tanah-tanah yang didominasi smektit’, Jurnal Tanah dan Iklim Indonesia, Soil and Climate Journal, no. 28, hlm. 69-81.

. Amali, Alfian. 2013. Pengaruh Pupuk Hayati Berbasis Rhizobakteri dan Pupuk Anorganik Terhadap Beberapa Sifat Kimia Tanah Serta Hasil Tanaman Sawi Hijau. Universitas Udayana. Denpasar.

. Aribawa, I. B. 2008. Pengaruh Beberapa Jenis Pupuk Organik dan Pupuk Urea Terhadap Sifat Tanah dan Hasil Kacang Panjang di Lahan Kering Pinggiran Perkotaan Denpasar Bali. Pengkajian Teknologi Pertanian Bali.

. Priambodo S.R., Susila K.D., Soniari N.N., 2019, Pengaruh Pupuk Hayati dan Pupuk Anorganik Terhadap Beberapa Sifat Kimia Tanah Serta Hasil Tanaman Bayam Cabut (Amaranthus tricolor) di Tanah Inceptisol Desa Pedungan, E-Jurnal Argoekoteknologi Tropika, Vol.8, No. 1, pp. 149-160.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v32i2p306-313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan

Gedung B11, Lantai 2
Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur

Creative Commons License TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Tekno Stats