Hubungan antara kompetensi keahlian dan kesesuaian praktik kerja industri terhadap kesiapan memasuki dunia kerja
Abstract
Orientasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah menyiapkan siswa untuk memasuki dunia industri. Penyiapan ini dilakukan dengan pembelajaran di sekolah maupun di dunia kerja. Pembelajaran di dunia kerja ditujukan untuk mendekatkan kompetensi siswa dengan dunia kerja sehingga siswa akan siap untuk memasuki dunia kerja. Penelitian ini merupakan penilitian deskriptif kuantitatif yang sifatnya korelasional. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui seberapa tinggi kompetensi keahlian, kesesuaian praktik kerja industri dan kesiapan memasuki dunia kerja pada peserta didik kelas XII program keahlian Teknik Listrik di SMK Kabupaten Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara kompetensi keahlian dengan kesiapan memasuki dunia kerja pada peserta didik kelas XII program keahlian Teknik Listrik di SMK Kabupaten Sidoarjo. (3) Untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara kesesuaian praktik kerja industri dengan kesiapan memasuki dunia kerja pada peserta didik kelas XII program keahlian Teknik Listrik di SMK Kabupaten Sidoarjo. (4) Untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara kompetensi keahlian dan kesesuaian praktik kerja industri terhadap kesiapan memasuki dunia kerja pada peserta didik kelas XII program keahlian Teknik Listrik di SMK Kabupaten Sidoarjo. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII program keahlian Teknik Listrik di SMK Kabupaten Sidoarjo yang berjumlah 353 siswa. Hasil penelitian ini adalah (1) Terjadi hubungan yang signifikan antara kompetensi keahlian dengan kesiapan memasuki dunia kerja pada siswa kelas XII program keahlian Teknik Listrik di SMK Kabupaten Sidoarjo. (2) Terjadi hubungan yang signifikan antara kesesuaian praktik kerja industri dengan kesiapan memasuki dunia kerja pada siswa kelas XII program kahlian Teknik Listrik di SMK Kabupaten Sidoarjo. (3) Terjadi hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi keahlian dan kesesuaian praktik kerja industri terhadap kesiapan memasuki dunia kerja pada siswa kelas XII program keahlian Teknik Listrik di SMK Kabupaten Sidoarjo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan dan Kebubudayaan. 1994. Konsep Sistem Ganda pada Pendidikan Menengah Kejuruan di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebubudayaan
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivaiate Dengan Pogram SPSS.Semarang: BP.UNDIP.
Hamalik, Oemar. 2001. Pendidikan Tenaga Kerja Nasional Kejuruan, Kewirausahaan Dan Manajemen. Bandung: Citra Aditya Bakti
Herminanto, Sofyan. 1992. Kesiapan Kerja Siswa STM di Jawa. Laporan Penelitian. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
Miswanto, Bambang. 2007. Studi Tentang Hambatan-Hambatan Pelaksanaan Pendidikan Sistm Ganda (PSG) Model Block Release (Studi Kasus pada Program Program Studi Mekanik Otomotif SMK Negeri 1 Udanawu Blitar). Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Teknik Mesin UM
Mangkunegara, Prabu. 2003. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Oktavia, M. dkk. 2014. Kontribusi Pengalaman Prakerin dan Kompetensi Kejuruan terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Industri Siswa Program Teknik Komputer dan Jaringan Kelas XII di SMK N 2 Padang Panjang. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, (online), 2 (1): 15, (http://ejournal.unp.ac.id), diakses 12 Oktober 2016.
Priyatno, Duwi. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis dengan SPSS 20. Jogjakarta: C.V Andi OFFSET.
Putriatama, Ega, dkk. 2016. Kontribusi Pengalaman Prakerin, Wawasan Dunia Kerja dan Kompetensi Kejuruan Melalui Employability Skill Serta Dampaknya Terhadap Kesiapan Kerja Lulusan SMK Kompetetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di Probolinggo. (online), (http://journal.um.ac.id). Diakses 12 oktober 2016.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor- faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online), (http/riau.kmenag.go.id), diakses 10 Oktober 2016.
Wena Made. 1997. Pendidikan Kejuruan Sistem Ganda. Malang Depdikbud IKIP Malang Bagian Poyek Operasi dan Perawatan Fasilitas Proyek IKIP Malang.
Wohlin, Claes dan Bjorn Regnell. 1999. Strategies for Industrial Relevance in Software Enginering Education. Journal of System and Software, 49(2):125-134.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v27i2p93-104
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 TEKNO
Gedung B11, Lantai 2
Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur
TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License