Perbedaan penerapan model pembelajaran Project Based Learning dan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan modul ajar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kompetensi kejuruan SMKN 1 Blitar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik 1 di SMKN 1 Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design atau eksperimen semu, dengan desain penelitian menggunakan simple random sampling dengan pola pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TITL SMKN 1 Bltar yang berjumlah 4 kelas. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas X TITL 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TITL 1 sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran dan variabel terikat yaitu motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kompetensi kejuruan. Berdasarkan analisis uji-t dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar ranah Pengetahuan. Tetapi terdapat perbedaan yang signifikan terhadap ranah Sikap dan Ketrampilan. Kemudian untuk motivasi belajar dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran kompetensi kejuruan SMKN 1 Blitar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2014. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Kosasih, E. 2014. Startegi Belajar Dan Pembelajaran Implemenrtasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Kurinasih, Imas dan Sani, Berlin. 2014. Implementasi Kurikulum 2013: Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Lia, Nur E. R. W. 2013. Perbedaan Prestasi Belajar Antara Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) dengan Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Matapelajaran Pemrogramman Dasar Kelas X di SMK Negeri 2 Singosari. Malang: FT. Universitas Negeri Malang.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Mulyasa, H.E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Poerwati, L.E. dan Amri, S. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka.
Pratiwi, Indah S. 2013. Perbedaan Hasil Belajar dan Metakognitif Siswa SMK Matapelajaran Pemrograman Web Menggunakan Project Based Learning dan Think Pair Share. Malang: FT. Universitas Negeri Malang.
Priyatno, Duwi. 2012. Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Rais, Muh. 2010. Project-Based Learning Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft Skills. Makassar.
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Mitra Group.
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sardiman, A. M. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suparno, Erman. 2007. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia. Jakarta.
Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v27i2p105-115
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 TEKNO
Gedung B11, Lantai 2
Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur
TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License