Pengembangan bahan ajar mata pelajaran Jaringan Dasar untuk SMK kelas X semester II program keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan berdasarkan Kurikulum 2013
Abstract
Sistem pendidikan nasional telah menggunakan Kurikulum 2013 sebagai pengganti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Pergantian kurikulum tersebut mengakibatkan terdapat mata pelajaran baru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yaitu Jaringan Dasar. Namun, hingga saat ini masih belum tersedia bahan ajar yang sesuai dengan Kurikulum 2013 untuk SMK TKJ khususnya pada mata pelajaran Jaringan Dasar kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Dari uraian tersebut, dilakukanlah penelitian pengembangan bahan ajar pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar untuk kelas X semester II TKJ. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan rancangan pembelajaran Dick & Carey. Tahapan-tahapan penelitian dan pengembangan yang dilakukan yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) analisis pembelajaran, (3) analisis pebelajar dan konteks, (4) tujuan umum dan khusus, (5) mengembangkan instrumen, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif, dan (9) melakukan revisi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi 2010). Jakarta: P.T. Rineka Cipta.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Matematika SMA. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Online), (http://psg15.um.ac.id/wp-content/uploads/2013/08/SMA-MATEMATIKA-rev.pdf), diakses pada tanggal 14 Mei 2014.
Kurinasih, Imas & Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya:Kata Pena
Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.
Majid, Abdul. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nugroho, Kukuh. 2016. Jaringan Komputer Menggunakan Pendekatan Praktis. Yogyakarta: PT Pustaka Baru.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI No. 70 Tahun 2013. Badan Standar Nasional Pendidikan. (Online), (http://bsnp-indonesia.org/id/? p=1239), diakses 4Maret 2014.
Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.
Sitepu, B. P. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. (Online), (http://www.dikti.go.id/), diakses 26 Februari 2014.
Widodo, Chomsin S. & Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v27i2p125-132
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 TEKNO
Gedung B11, Lantai 2
Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur
TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License