Pengembangan bahan ajar E-Learning pada matakuliah Workshop Instalasi Tenaga Listrik prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah merancang, membuat, dan menguji kelayakan pengembangan bahan ajar E-Learning pada matakuliah Workshop Instalasi Tenaga Listrik Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan mengacu model menurut Sugiyono. Populasi dan sampel penelitian ini adalah Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang angkatan 2013 arus kuat. Uji kelayakan terdiri dari validasi ahli materi, validasi ahli media, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba produk, diperoleh kesimpulan bahwa bahan ajar E-Learning pada mata kuliah Workshop Instalasi Tenaga Listrik Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang dinyatakan sangat valid sehingga layak digunakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Cetakan Pertama. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Borg, W.R, & Gall, M.D. 1983. Educational Research: An Itroduction, 5th. New York: Longman Inc
Darmawan, 2014. Pengembangan E-Learning, Teori dan Desain. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Daryanto. 2013. Menyusun Modul: Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas.
Lestari, Ika. 2013. Pengembangan bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai dengan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Padang: Akademia Permata.
Mulyasa E. 2006. Kurikulum Yang Disempurnakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nursalam, Fery Efendy. 2008. Penelitian Teknologi Dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Rahmasari, Gartika & Rita Rismiati. 2012. E-learning: Pembelajaran jarak jauh Untuk SMA. Bandung: Yrama Widya.
Ruhimat, Toto. dkk, 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Triyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ombak Api
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tim Kurikulum. 2014. Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro. Malang: FT-UM
Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v27i2p147-161
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 TEKNO
Gedung B11, Lantai 2
Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur
TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License