Pengaruh interaksi antara faktor minat belajar dengan penerapan model pembelajaran drill and practice dan open ended problems terhadap rata-rata hasil belajar teknik animasi 2d dan 3d pada siswa kelas x SMK PGRI 3 Malang
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengungkap capaian rata-rata hasil belajar Teknik Animasi 2D dan 3D siswa kelas X Jurusan Multimedia di SMK PGRI 3 Malang, (2) mengungkap pengaruh interaksi antara faktor minat belajar dengan faktor model belajar Drill and Practice dan Open Ended Problems terhadap rata-rata hasil belajar Teknik Animasi 2D dan 3D siswa kelas X Jurusan Multimedia di SMK PGRI 3 Malang, dan (3) mengungkap yang paling berbeda diantara empat kelompok rata-rata hasil belajar Teknik Animasi 2D dan 3D siswa karena faktor minat belajar dengan faktor model belajar Drill and Practice dan Open Ended Problems yang saling diperbandingkan. Hasil an-alisis data yang diperoleh yaitu (1) rata-rata hasil belajar kelompok minat belajar tinggi dengan penerapan model pembelajaran Drill and Practice mendapatkan nilai dengan kriteria tertinggi sebesar 50%, (2) rata-rata hasil belajar kelompok minat belajar tinggi dengan model pembelajaran Open Ended Problems mendapatkan nilai kriteria tertinggi sebesar 60%, (3) rata-rata hasil belajar kelompok minat belajar rendah dengan model pembelajaran Drill and Practice mendapatkan nilai kriteria tertinggi sebesar 40%, dan (4) rata-rata hasil belajar kelompok minat belajar rendah dengan model pembelajaran Open Ended Problems mendapatkan nilai kriteria tertinggi sebesar 10%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Candra, Basukisna. Tanpa Tahun. Penerapan Model Pembelajaran Drill and Practice terhadap Hasil Belajar Chest Pass pada Permainan Bola Basket. Skripsi diterbitkan: (ejournal.unesa.ac.id/article/11003/68/article.pdf). diakses tangal 20 Oktober 2016
Cuntaka, W. 2014. Pengaruh Minat Belajar dan Penerapan Model Pembelajaran Experimental Learning dan Problem Based Learning Terhadap Kompetensi Pemrograman Dasar Pada Siswa Kelas X. Skripsi tidak diterbitkan. FT. Malang.
Dimyati. Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta
Gunawan, Iman. 2013. Metode Penelitiaan Kualitatif:Teori dan Pratilik. Jakarta: Bumi Aksara
Huda, Miftachul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar Offset
Khofiya, F. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Open-Ended Problem dalam Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Program Keahlian RPL Di SMK Nasional Malang. Skripsi tidak diterbitkan. FT. Malang
Kusumaningrum, P. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Drill and Practice terhadap Hasil Belajar Aspek Pengetahuan dan Retensi Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 11 Malang pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar. Skripsi tidak diterbitkan. FT. Malang.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran .Remaja Rosdakarya:Bandung.
Maulina,A. 2011. Pembelajaran Desain Grafis pada Mata Pelajaran Multimedia di SMK Negeri 02 Adiwerna Tegal. Skripsi diterbitkan: (lib.unnes.ac.id/10719/1/122/12.pdf). diakses tanggal 25 Oktober 2016
Murni. 2013. Open-Ended Approach in Learning to Improve Students ThinkingSkills in Banda Aceh. International Journal of Independent Research and Studies ,95-101. (online) dalam (https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/.../68_115_Makalah%20Rev_anita.pdf) diakses tanggal 20 Maret 2017
Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Bogor:Ghalia Indonesia
Nurhayati, Fitri. dkk. 2013. Efektifitas Pembelajaran dengan Metode Drill and Practice dan Learning Cycle 5E disertai Media Pembelajaran Crossword Puzzle terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas X Semester Genap SMA Negeri Kebakkramat Tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol.2 No. 3, ISSN: 2337-9995, hlm 192-198. (online), dalam (jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/download/2730/1896) diakses 11 November 2016
Pamungkas, Sri. 2012. Bahasa Indonesia dan Berbagai Perspektif. Yogyakarta: Andi.
Putro, Setiadi. 2014. Pengintegrasian Social Cognitive pada Kurikulum S1 Pendidikan Teknik Elektro LPTK untuk Memfasilitasi Kemampuan Beradaptasi Calon Guru Kejuruan. Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (APTEKINDO) ke 7 FPTK Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, ISBN: 978-602-72004-0-1, hlm 1001-1018. (online), dalam (http://jurnal.upi.edu/3123/author/setiadi-cahyono-putro) diakses 21 Juni 2017
Rahayu, P. 2015. Perbedaan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Base Learning berbantuan Handout Berbasis CTL Terhadap Pengetahuan Pemrograman Dasar C++ di SMKN 4 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. FT. Malang
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta
Roida, E. 2010. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 2 (2), ISSN:2088-351X, hlm.122-131, (online), dalam (http://journal.lppmunindra.ac.id/Roida-3.pdf), diakses 2 November 2016 pukul 9.45 WIB
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Safari, A. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Rineka Cipta
Sagala,S. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta
Sardini. 2013. Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS MAN Pontianak. Skripsi diterbitkan: (juranal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2777), diakses tanggal 20 Oktober 2016
Sharon, Smaldino, Lowther, Deborah, Russel, James. 2005. Instructional Technology and Media for Learning. NJ: Pearson Education Inc.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2103. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Slameto.2010. Belajar & Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarto, 1997, Metode Penelitian Filsafat, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya Offset.
Suharto, dkk. 2004. Perekayasaan Metodologi Penelitian. Badung:ANDI Yogyakarta
Supardi, dkk. Tanpa Tahun. Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap hasil Belajar Fisika. Jurnal Formatif 2(1), ISSN: 2088-351X, hlm 71-81, (online), dalam (http://portal.kopertis3.or.id/738Supardi.pdf), diakses tanggal 20 Oktober 2016
Suyono. Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya
Syahfitri, Y. 2011. Teknik Film Animasi Dalam Dunia Komputer. Medan: Stmik Trigunadharma
Tidjan. 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Radja Grafindo Persada
Widodo. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning VII A. Jurnal Fisika Indonesia No: 49, Vil XVII, ISSN: 1410-2994, hlm 32-35. (online), dalam (pdm-mipa.ugm.ac.id/ojs/index.php/jfi/article/download/831/910), diakses 25 Oktober 2016
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v27i2p170-179
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 TEKNO
Gedung B11, Lantai 2
Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur
TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License