Pengembangan modul ajar cetak Menganalisis Rangkaian Listrik (MRL) pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik bermuatan problem solving untuk meningkatkan efektivitas belajar pada siswa kelas x TITL SMK Negeri 2 Kota Probolinggo

Angga Eka Kurniawan, Anik Nur Handayani, Dwi Prihanto

Abstract


Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektivitasan bahan ajar berbentuk modul ajar menganalisis rangkaian listrik (MRL) bermuatan problem solving pada siswa kelas X TITL SMK Negeri 2 Kota Probolinggo. Model pengembangan modul ajar yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan, yaitu (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada pengembangan ini adalah angket. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka didapatkan hasil persentase dari review ahli modul guru 96,6%, ahli 1 modul siswa 94,7%, ahli 2 modul siswa 98,1%, dan uji coba lapangan 89,5%, dengan interpretasi kelayakan “sangat valid” dari batas minimal presentase validitas 70,01%. Dari hasil implementasi semua siswa mendapatkan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM), sehingga dari analisis data dapat disimpulkan bahwa modul ajar menganalisis rangkaian listrik (MRL) efektif digunakan dalam pembelajaran di sekolah.


Keywords


Pengembangan, Modul, Problem Solving, Menganalisis Rangkaian Listrik (MRL)

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi II). Jogjakarta: Bumi Aksara.

Prastowo, A. 2009. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: DIVA Pres.

Prastowo, A. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: DIVA Pres.

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: DIVA Pres.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 21 Tahun 2016 Standar Isi untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. (Online), diakses 2 Agustus 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v28i1p34-50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 TEKNO

Gedung B11, Lantai 2
Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur

Creative Commons License TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Tekno Stats