Hubungan penerapan metode pembelajaran Project Based Learning berbasis GRASPS berbantuan modul digital dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif Multimedia di SMKN 1 Amuntai

Nur Amalinda, Wahyu Gunawan Irianto, Heru Wahyu Herwanto

Abstract


Di SMKN 1 Amuntai Matapelajaran Desain Multimedia merupakan salah satu matapelajaran wajib yang harus ditempuh siswa kelas XII program keahlian Multimedia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan penerapan metode pembelajaran Project Based Learning berbasis GRASPS berbantu modul digital dengan hasil belajar siswa.  Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Multimedia SMK Negeri 1 Amuntai yang berjumlah 80 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 66 sampel yang diberi perlakuan penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Berbasis GRASPS berbantu Modul Digital. Hasil belajar pada penelitian ini diukur melalui  nilai post-test siswa. Uji Instrumen dilakukan kepada 14 responden diluar sampel. Uji instrumen data yang digunakan adalah validitas dan reliabilitas. Uji pra syarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas, linearitas dan homogenitas. Analisis data yang digunakan adalah metode statistik parametris. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment yang digunakan untuk mencari hubungan antar variabel dan menggunkan korelasi regresi linear sederhana untuk mengetahui apakah hubungan tersebut positif atau negatif. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Berbasis GRASPS berbantuan Modul Digital dan Hasil Belajar Siswa pada Matapelajaran Produktif Multimedia di SMKN 1 Amuntai.

Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Berbasis GRASPS berbantuan Modul Digital dan Hasil Belajar Siswa pada Matapelajaran Produktif Multimedia di SMKN 1 Amuntai.

 


Keywords


Project Based Learning, GRASPS, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Amri, S. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Akbar, S dan Sriwiyana. 2010. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta: Cipta Media.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, S. 1999. Metodologi Research II. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sevilla, C. G.et. al. 1960. Research Methods. Quezon City: Rex Printing

Company.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v28i1p61-77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 TEKNO

Gedung B11, Lantai 2
Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur

Creative Commons License TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Tekno Stats