Pengembangan bahan ajar interaktif pada matapelajaran sistem komputer berbasis PBL untuk SMK
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matapelajaran sistem komputer kelas X di SMK Negeri 1 Banyuwangi, bahan ajar yang digunakan masih berupa file dengan format .pdf dari guru dan bersumber dari internet. Bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013 revisi masih belum tersedia mengakibatkan siswa kesulitan untuk belajar secara mandiri maupun kelompok, sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Bahan ajar berupa buku digital yang dikembangkan terintegrasi dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) yang diharapkan mampu mengajak siswa aktif dalam belajar secara mandiri maupun kelompok diskusi untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dengan penyampaian materi menggunakan power point. Metode pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design. Development, Implementation, and Evaluation). Model pengembangan ini meliputi 5 langkah, yaitu: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Sebelum bahan ajar diimplementasikan, dilakukan validasi dan uji coba untuk mengetahui kelayakan bahan ajar berupa buku digital ini. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh persentase validasi sebesar 92.1% sedangkan ahli media sebesar 86.05%. Uji coba dilakukan sebanyak 3 tahap, yaitu: (1) uji coba perseorangan memperoleh hasil sebesar 77%, (2) uji coba kelompok kecil memperoleh hasil sebesar 81.1%, dan (3) uji coba kelompok besar memperoleh hasil 88.3%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhim, Fauzul. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tutorial Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Pungging. Skripsi tidak diterbitkan: Universitas Negeri Malang.
Ardianto, Tomi. 2016. Pengembangan Modul Digital Berbasis EPUB Pada Mata Pelajaran Rancang Bangun JaringanKelas XI TKJ Di SMK Negeri 2 Malang. Skripsi tidak diterbitkan: Universitas Negeri Malang.
Branch, Robert Maribe. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. USA: Departement od Educational Physiology and Instructional Technology University of Georgia.
Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: PT. Gava Media.
Leacock, Tracey L., and Nesbit, John C. 2007. A Framework for Evaluating the Quality of Multimedia Learning Resources. Jurnal Educational Technology & Society, 10(2), 44-59.
Tasri, Lu’mu. 2011. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web. Jurnal MEDTEK, 3(2): 1-8, (Online), (http://www.ft-unm.net/), diakses 22 Mei 2016.
Mardiyanto, Sigit. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital Interaktif Berbasis Adobe Flash CS3 Pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan. Jurnal Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta (online), (http://journal.student.uny.ac.id), diakses 18 Mei 2017.
Patmanthara, Syaad. 2015. Pembelajaran Berbantuan Komputer. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.
Prihantana, M. A. S., Santyasa, I. W. & Warpala, I. W. S. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif berbasis Pendidikan Karakter Pada Matapelajaran Animasi Stop Motion untuk Siswa SMK. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 4: 1-12.
Stritama, Reti Avitananda.2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Matapelajaran Sistem Operasi Semester Ganjil Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK Islam Batu. Skripsi tidak diterbitkan: Universitas Negeri Malang.
Sukmadinata, N. S. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya Offset.
.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v28i2p166-176
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 TEKNO
Gedung B11, Lantai 2
Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur
TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License