Performa Jurusan Teknik Elektro ditinjau dari Prestasi Dosen dan Mahasiswa

Yuni Rahmawati, Tri Atmadji, Suwasono Suwasono, Dila Umnia Soraya

Abstract


This research aimed to describe the performance of the Electrical Engineering Department viewed from the lecturers and students' achievements. The lecturers' achievements were seen from the Three Pillars of Higher Education, whereas the students' accomplishments were observed from academic achievement, organizational, competition, and graduates quality. The subject of this research were all lecturers and students from six study programs in Electrical Engineering Department. This research used quantitative descriptive analysis. The results showed that the performance of Electrical Engineering Department seen from lecturers' achievements containing the Three Pillars of Higher Education comprises of education, research, and community service was "Pretty Good", the performance of Electrical Engineering Department seen from the students' achievements involving academic achievement, organization, competition, and job relevancy in relation with alumni skill was "Good", and the all-around performance of Electrical Engineering Department was "Good".


Keywords


performance; achievement; lecturer; students

Full Text:

PDF

References


Daely, K. (2013). Analisis Statistik Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa. Jurnal Saintia Matematika, 1(5), 483-494. Ma’mun, S. 2014. Pengaruh Kesesuaian Penempatan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai. Jurnal Equity, 8(2), 1-12. Muhardi. (2011). Pengaruh Tunjangan Sertifikasi terhadap Produktivitas Dosen dalam Menghasilkan Karya Ilmiah dan Penelitian. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM: Sosial, Ekonomi, dan Humaniora, 99-105. Mulyono. (2012). Pengaruh Kesesuaian Kompetensi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Bagian Administrasi pada Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Malang. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 1(1), 85-91. Mutiara, V. (2012). Hubungan Minat Belajar dan Persepsi tentang Kemampuan Dosen dalam Mengajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Diploma III Kebidanan Di Universitas Respati Yogyakarta. Tesis tidak diterbitkan, Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta. Nikmah, N. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Program Studi D-III Kebidanan STIKES Insan Se Agung Bangkalan. e-Jurnal Inkes, 1(1). (Online), http://www.stikes-insan-seagung.ac.id/wp-content/uploads/2015/04/No.4- Publikasi-Jurnal-Web-Nurun.pdf, diakses tanggal 21 Oktober 2016. Purimas, S. (2014). Upaya Peningkatan Kinerja Program Studi di Institut Teknologi Nasional Bandung dengan Menggunakan Metode Data Envelopment Analysis. Jurnal Reka Integra, 4(2), 214-223. Rofiq, M. N. (2013). Pengaruh Aktifitas Berorganisasi Terhadap Indeks Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan KSDP FIP Universitas Negeri Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Jurusan

Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya 193 Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Sirait, E. (2010). Pengaruh Kualitas Pendidikan terhadap Kompetensi Mahasiswa dalam Memasuki Dunia Kerja. Prosiding di The 1st PPM National Conference on Management Research Manajemen di Era Globalisasi, 123-139. Supratikno, A. (2011). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Lama Mencari Kerja bagi Tenaga Kerja Terdidik di Kabupaten Semarang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Diponegoro. Susanto, E. (2011). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Trisnaningsih, S. (2011). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Dosen Akuntansi UPN Veteran Jawa Timur. Jurnal Akuntansi & Auditing, 8(1), 1-94. Tusriwandi. (2013). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Kinerja Dosen dalam Proses Belajar Mengajar, Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa. Jurnal Ilmu Manajemen, 3(1), 24-31. Utami, T. (2015). Pengaruh Lomba Kompetensi terhadap Motivasi Belajar Dan Peningkatan Kompetensi Bidang Teknologi Informasi. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: UNY. Wibowo, M. G. (2013). Analisis Efisiensi Program Studi dan Fakultas Pada Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Jurnal Ekonomi Bisnis (EKBISI), 7(2), 261-279. Wohing, P. (2013). Perbedaan Prestasi Belajar antara Mahasiswa Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang Angkatan 2008 yang Aktif dan Tidak Aktif dalam Organisasi Kemahasiswaan. Indonesian Journal of History Education, 2(5), 34-39.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v42i22019p179-193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya

Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
E-ISSN 2477-0442 (online)

Contact
Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145, Building H5,  1st  Floor. 

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.   

View My Stats