The 4C Learning Innovation as an Effort to Improve Teacher's Professionalism and Students' Competency at Private Vocational High School of Walisongo 2 Gempol, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi 4c (communication, collaboration, critical thinking dancreative thinking) untukmenyongsong era abad 21. Prosiding : Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), 1–13. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/knmipa/article/view/829
Arthaningsih, N. K. J., & Diputra, K. S. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 2(4), 128–136. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v5i2:.394
Citrowati, E., & Nurhafizah. (2019). Profesionalisme Guru Dalam Mengembangkan Anak Sejak Usia Dini Sebagai Generasi Penerus Bangsa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 739–743. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/265/254
Devi, P. C., Hudiyono, Y., & Mulawarman, W. G. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual (Video) Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Samarinda. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 101–112. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.pp101-112
Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2, 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084
Fitriyadi, H. (2015). Integrasi teknologi informasi komunikasi dalam pendidikan: potensi manfaat, masyarakat berbasis pengetahuan, pendidikan nilai, strategi implementasi dan pengembangan profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 269–284. https://doi.org/10.21831/jptk.v21i3.3255
Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jurnal EduTech, 2(1), 53–64. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/575/pdf_14
Hamid, A. (2017). Guru Professional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(32), 274–275. http://ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/index.php/alfalahjikk/article/view/26
Hamid, D. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113
Hanifah, W., & Putri, K. Y. S. . (2020). Efektivitas Komunikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mahasiswa Ilmu Komunikai Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2018. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 24–35. https://doi.org/10.35326/medialog.v3i2.639
Harahap, K., Sukma, D., Lubis, S. A., Negeri, I., Utara, S., Negeri, I., Utara, S., Islam, U., Sumatera, N., & Medan, U. (2022). Peranan Manajemen Inovasi Dalam. 02(01), 82–90. https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/38
Hazmi, N. (2019). Tugas guru dalam proses pembelajaran. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 2(1), 56–65. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.734
Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(02), 25–29. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952
Herliani, & Wahyudin, D. (2018). Pemetaan kompetensi teknologi informasi dan komunikasi (tik) guru pada dimensi pedagogik. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(2), 134–148. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v11i2.19825
Huda, M. (2015). Peran Pendidikan Islam Terhadap Perubahan Sosial. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1), 165–188. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.790
Jalmo, T., Fitriyani, D., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(3), 77–87. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/17480
Jamin, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 19–36. https://mail.ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/112
Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi pendidikan: Upaya penyelesaiankan problematika pendidikan di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 01(02), 144–155.
Kirana, I. E., & Kusairi, S. (2019). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA dalam Kasus Grafik Kinematika Satu Dimensi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(3), 363. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12113
Kuntoro, A. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan, 7(1), 84–97. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2928
Kurniawan, N. A., Hidayah, N., & Rahman, D. H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(3), 334. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i3.14579
Lubis, S. (2017). Peningkatan Profesionalisme Guru PAI Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG). Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(2), 189–205. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(2).1045
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., & Chitta, F. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 187–193. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Mariyani, Nurdiansyah, E., Ramadhan, A., Veronica, M. P., & Galuh Ps, S. (2022). Penguatan Critical Thingking, Collaboration, Communication Dan Creative (4C) Pada Mata Kuliah PKn Melalui Mobile Learning Berbasis Schoology : PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 7(2), 56–69. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/pn.v7i2.17966
Martati, B. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Menumbuhkan Nilai Moral Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 14–22. https://doi.org/10.30651/else.v2i1.1405
Mulyani, N. (2019). Pengembangan profesionalisme guru pada mtsn 1 serang melalui peningkatan kompetensi profesional dan pedagogik. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), 87–96. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i01.1826
Muna, S. G., & Malasari, P. N. (2021). Integrasi Budaya Islam pada DINAMITE : Media Sosialisasi Ramah Lingkungan dan Eskalasi Keterampilan Matematika. Cricle: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 01(02), 52–62. https://doi.org/https://doi.org/10.28918/circle.v1i02.4215
Nur, H. M., & Fatonah, N. (2022). Paradigma Kompetensi Guru. Jurnal PGSD UNIGA, 1(1), 12–16. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JPGSDU/article/view/1561
Nurmala, R. S., & Priantari, I. (2017). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Discovery Learning Improving Communication Skills And Cognitive Study Result Through Discovery. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 1–10. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BIOMA/article/view/586
Palenti, C. D., & Jasman, S. (2021). DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Peningkatan Keterampilan Komunikasi melalui Participatory Learning pada Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Improvement of Communication Skills through Participatory Learning in Community Empowerment activities. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(5), 2021–2087. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i2.37074
Patmawati, K., Puspitasari, N., Mutmainah, S. N., & Prayitno, B. E. (2019). Profil Kemampuan Berfikir Kreatif Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Mahasiswa. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7(2), 11–18. https://doi.org/10.23971/eds.v7i2.1386
Prastowo, A. (2017). Urgensi Waktu Belajar dalam Pendidikan Karakter di SD/MI: Studi Analisis Isi terhadap Permendibud Nomor 23 Tahun 2017Urgensi Waktu Belajar dalam Pendidikan Karakter di SD/MI: Studi Analisis Isi Terhadap Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 129. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1724
Puspitasari, E. (2015). Profesionalisme Guru Dalam Mengenal Perkembangan Siswa Sebagai Subjek Belajar. Jurnal Edueksos, IV(2), 1–11. https://doi.org/10.24235/edueksos.v4i2.654
Sahari, S. (2018). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru di SMAN I Likupang. Jurnal Ilmiah Iqra’, 9(1), 62–86. https://doi.org/10.30984/jii.v9i1.599
Sastrawan, K. B. (2016). Profesionalisme Guru Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 65. https://doi.org/10.25078/jpm.v2i2.73
Shalikhah, N. D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842
Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30
Susanti, A., & Sa’ud, U. S. (2016). Efektifitas Pengelolaan Pengembangan. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXIII(2), 37–51. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5632
Syahputra, M. R. (2021). Pelaksanaan program peningkatan kinerja guru di mts negeri 3 medan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, 10(2), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v10i2.11249
Tamnge, M. N., Putra, T. Y., & Jumroh, S. F. A. (2021). Analisis Makna Lagu Dalam Album Sarjana Muda Karya Iwan Fals. Jurnal Frasa; Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, 2(1), 37–46. https://unimuda.e-journal.id/jurnalbahasaindonesia/article/view/941
Wahyuni, N. P. S., Widiastuti, N. L. G. K., & Santika, I. G. N. (2022). Implementasi metode examples non examples dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 50–61. http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v45i22022p133-141
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
E-ISSN 2477-0442 (online)
Contact
Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145, Building H5, 1st Floor.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.