KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK

Muhammad Arif Wahyudi, Widiyanti Widiyanti, Didik Nurhadi

Abstract


kecerdasan visual spasial memiliki pengaruh signifikan pada menggambar teknik yang didukung oleh faktor kemandirian siswa dalam proses belajar. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan visual spasial dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik. Desain penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 82 siswa kelas X Teknik Pemesinan di SMK Turen. Teknik pengumpulan datanya adalah tes, angket, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan statistik regresi linier dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan visual spasial dan kemandirian belajar siswa tergolong tinggi pada mata pelajaran Gambar Teknik. Masing-masing variabel memiliki hubungan dan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Ini ditunjukkan oleh nilai hasil belajar siswa yang berkriteria tinggi. Sehingga, ini dapat disimpulkan bahwa masing-masing variabel secara simultan berpengaruh positif terhadap hasil belajar.

DOI: https://doi.org/10.17977/um031v42i22018p101


Keywords


kecerdasan visual spasial; kemandirian belajar; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Anjasari, E., Hobri, Irvan, M., & Sunardi. 2017. Spatial Intelligence on Solving Three Dimensional Geometry Object Through Project Based Learning. The International Journal of Social Science and Humaniora Invention, 4 (8), 3817-3822.

Depdiknas. 2008. Permendiknas No. 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung.

Direktorat Pembinaan SMK. 2018. Bantuan Modal Pengembangan Kelas Wirausaha. www.psmk.kemdikbud.go.id diakses 25 Maret 2018.

Fahmy, A. F. R., Wardono., & Masrukan. 2018. Kemampuan Literasi Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa pada Model Pembelajaran Rme Berbantuan Geogebra. Jurnal Matematika PRISMA 1.

Gani, A., Safitri, R., & Mahyana, M. 2017. Improving The Visual-Spatial Intelligence and Results of Learning of Junior High School Students’ with Multiple Intelligences-Based Students Worksheet Learning of Lens Materials. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 6 (1), 16-22.

Gardner, H. 1993. Multiple Intelligence: The Theory in Practice. New York: Basic Books.

Ismani. 2010. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Jurusan Pendidikan Akuntansi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Akuntansi UNY.

Iwamoto, D. H., Hargis, J., Bordner, R., & Chandler, P. 2017. “Self-Regulation Learning as a Critical Attribute for Succesful Teaching and Learning”. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning: 11 (2).

Kurniawati, M., Junaedi, I., & Mariani, S. 2015. Analisis Karakteristik Berpikir Geometri dan Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Fase Van Hiele berbantuan Geometers Sketchpad. Journal of Mathematics Education Research, 4 (2).

Pangestu, S. M. 2017. Pengaruh Tingkat Kedisiplinan Belajar dan Kemandirian Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IIS SMA Negeri 1 Kepanjen. Malang: Universitas Negeri Malang.

Riastuti, N., Mardiyana, & Pramudya, I. 2017. Analisis Keterampilan Geometri Siswa Dilihat dari Tata Ruang Intelijen. Surakarta: Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Rimbatmojo, S., Kusmayadi, T A., dan Riyadi, R. 2017. Metacognition Difficulty of Students with Visual-Spatial Intelligence during Solving Open-Ended Problem. Journal of Physics: Conf. Series 895, 012034.

Sumarno, U. 2004. Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. Bandung: FPMIPA UPI.

Suratman, J. O. 2000. Menggambar Teknik Mesin. Bandung: Pustaka Grafika.

Tirtarahardja, U. & Sulo, L. 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Yenilmez, K. & Kakmaci, O. 2015. Investigasi Hubungan antara Tata Ruang Visualisasi Sukses dan Kemampuan Spasial/ Kecerdasan Spasial Siswa Kelas VI. International Journal of Instruction, 8 (1), 190-204.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya

Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
E-ISSN 2477-0442 (online)

Contact
Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145, Building H5,  1st  Floor. 

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.   

View My Stats