IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 REVISI PADA PROGRAM STUDI TEKNIK KENDARAAN RINGAN BERDASARKAN PERSEPSI GURU DAN SISWA DI SMK

Heri Nasrul Mustajib, Amat Mukhadis, Eko Edi Purwanto

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 revisi berdasarkan persepsi guru dan siswa. Penelitian ini memaparkan Implementasi Kurikulum 2013 Revisi dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan sampel responden guru dan siswa pada mata pelajaran Teknolog Dasar Otomotif. Variabel penelitian adalah Implementasi Kurikulum 2013 Revisi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Validitas instrumen penelitian berdasarkan validitas isi, konstruk, dan konkuren. Uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru diperoleh rerata 144,41 dipersepsikan baik, persepsi siswa diperoleh rerata pada kegiatan pendahuluan 19,93, kegiatan pelaksanaan 44,25, kegiatan penutup 12,62 dipersepsikan baik, hasil analisis sub bab perencanaan 54,00%, pelaksanaan 65,00%, dan evaluasi 71,00% menyatakan implementasi Kurikulum 2013 revisi sepenuhnya terlaksana.

Keywords


kurikulum 2013 revisi; persepsi guru; persepsi siswa

Full Text:

PDF

References


Amanto, H., Mukhadis, A., dan Mardji. 2013. Pemetaan Kompetensi, Sikap, Tanggung Jawab, dan Jumlah Jam Guru Bersertifikat Pendidik Dalam Mengelola Pembelajaran di SMK. Teknologi dan Kejuruan, 36 (1):1-8.

Baswedan, A. Juni 2016. Dari Mas Menteri. Media Komunikasi dan Inspirasi: Jendela: Pendidikan dan kebudayaan, III (3):4-5.

Gunawan dan Mukhadis, A. 2017. Keefektivan Guru, Ketrarikan Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Saintifik di Sekolah Menengah Kejuruan. Teknologi dan Kejuruan, 40 (1):41-50.

Leonokto, Ignatius. 2016. Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Depok Yogyakarta). Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Molikavia, R., Putro, S. C., & Widiyaningtyas, T. 2015. Hubungan Kecakapan Sosial dan Kemampuan Logika dengan Keberhasilan Dalam Prakerin Siswa SMK. Teknologi dan Kejuruan, 38 (1):15-24

Mukhadis, A. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Bidang Pendidikan dan Contoh Apikasinya. Malang: Aditya Media Publishing.

Mukhadis, A. 2017. Evaluasi Program Pembelajaran Bidang Teknologi: Terminologi, Prosedur Pengembangan Program dan Instrumen. Malang: Media Nusa Creative.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Penataan Standar Nasional Pendidikan. (online), (http://kemendikbud.go.id).pdf), diakses 7 Maret 2017.

Roche, S. 2017. Learning For Life, For Work, and For Its Own Sake: The Value (and Values) of Lifelong Learning. International Review of Education. 63 (5):623-629, (Online), dalam Spinger (https://link.springer.com/article/10.1007/s11159-017-9666-x/fulltext.html), diakses 28 September 2017.

Sasmito, A. P., Kustono, D., & Patmanthara, S. 2015. Kesiapan Memasuki Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) Siswa Paket Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK. Teknologi dan Kejuruan, 38 (1):25-40.

Sari, Dwi Intan. 2017. Implementasi Pembelajaran Ekonomi Berbasis Kurikulum 2013 Revisi di SMA Negeri 2 Malang dan SMA Negeri 3 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Tuwoso. 2013. Urgensi Penerapan Pendidikan Karakter pada Sekolah Menengah Kejuruan. Teknologi dan Kejuruan, 36 (1):97-106.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (online), (http://pendis.kemenag.go.id/file/dokumen/uuno20th2003ttgsisdiknas.pdf), diakses 7 maret 2017.

Untari, R. S., Mukhadis, A., & Waras. 2015. Kesiapan Guru SMK Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. Teknologi dan Kejuruan, 38 (1):1-14.

Wardhani, Ajeng Sri. 2015. Dukungan Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa Terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMKN 1 Trenggalek. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Waybin, E. F. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universias Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v41i22018p110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya

Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
E-ISSN 2477-0442 (online)

Contact
Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145, Building H5,  1st  Floor. 

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.   

View My Stats