PENGEMBANGAN TRAINER PEMBELAJARAN APLIKASI MIKROKONTROLER ATMEGA 16 MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN C DENGAN CODEVISION AVR DAN DOWNLOADER USB ASP

Lorencia Endah Cahya Ningrum, Bayu Firmanto

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk merancang, membuat, dan mengetahui kelayakan trainer mikrokontroler Atmega 16. Model pengembangan yang digunakan yaitu model Tessmer. Jenis data kualitatif pada penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, dan saran dari ahli, laboran dan mahasiswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari kuesioner yang diberikan kepada ahli desain, ahli media, dan ahli ma-teri. Pada penelitian ini dihasilkan rancangan trainer yang telah di uji kelayakannya oleh ahli desain dengan skor 87,50%. Selain itu, dihasilkan trainer untuk praktikum mikrokontroler dalam satu semester pada pokok bahasan LED, push button, 7 segment, LCD, ADC, keypad, counter, timer dan PWM. Dihasilkan pula trainer dengan skor uji kelayakan ahli media sebesar 85,40% dan ahli materi sebesar 85,20%. Menurut hasil pretest dan postest mahasiswa pada small grup test terlihat bahwa terdapat kenaikan nilai rata-rata keseluruhan mahasiswa yang sebelumnya 69,70 menjadi 82,30.

Keywords


trainer pembelajaran; mikrokontroler atmega 16; bahasa pemrograman C

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Umar. 2012. Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar Vol. XII NO. 2, 216-231 Februari 2012. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA.

Akker J, Van den, dkk. 2006. Educational Design Research. London and New York: Routledge.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Bambang Budi. 2007. Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Action Research. Malang: FIP UM.

Bungin, Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi. Jakarta: Kencana.

Creswell, John W. 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamalik, Oemar. 2005. Media Pendidikan. Bandung: Citra Adtya Bakti.

Moehnilabib, M. dkk. 1997. Dasar-dasar Metodologi Penelitian. Malang: Lemlit UM.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mudjiono dan Damyati, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Neuman, W. Lawrence. 2013. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT indeks.

Peraturan Pemerintah No.4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi. (Online), http://ristekdikti.go.id/, diakses tanggal 16 Februari 2018.

Permenristekdikti No.44 Tahun 2015 tentang Standar Pendidikan Nasional Tinggi. (Online), http://ristekdikti.go.id/, diakses tanggal 15 Februari 2018.

Peraturan Pemerintah RI No.74 Tahun 2008 tentang Guru. (Online), http://kepri.kemenag.go.id/, diakses tanggal 1 Juli 2014.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmadiyah, Inggit Pangestu. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Elektronika Digital untuk Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar (online), (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id), diakses tanggal 3 Maret 2018.

Riduwan. 2011. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sadiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjono, Imam dkk. 2018. Pengembangan modul CNC PU-2A berbasis mastercam untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam praktik mesin bubut CNC (online), (http://journal.um.ac.id), diakses tanggal 18 April 2018.

Undang-undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (Online), http://kemendikbud.go.id/, diakses tanggal 22 Februari 2018.

Undang-undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. (Online), http://ristekdikti.go.id/, diakses tanggal 16 Februari 2018.

Wahono, Romisatria. 2006. Aspek dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran (Online), (http://romisatriawahono.net/2006/06/21/aspek-dan-kriteria-penilaian-media-pembelajaran/Wiyono), diakses 1 Maret 2018.

Wiyono, Bambang Budi. 2007. Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Action Research. Malang: FIP UM.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v41i22018p119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya

Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
E-ISSN 2477-0442 (online)

Contact
Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145, Building H5,  1st  Floor. 

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.   

View My Stats