PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK DIBANDINGKAN BERBANTUAN BAHAN AJAR CETAK PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN SISWA SMK

Alipah Nurhidayati, Setiadi Cahyono Putro, Triyanna Widiyaningtyas

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar pemrograman karena pengaruh penerapan PBL berbantu e-modul, mendiskripsikan peningkatan hasil belajar pemrograman karena pengaruh penerapan PBL berbantuan bahan ajar cetak, dan mengungkap perbedaan rerata hasil belajar pemrograman karena pengaruh PBL berbantu e-modul dibandingkan PBL berbantu bahan ajar cetak. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X TKJ 1 dan X TKJ 2 di SMKN 7 Malang yang masing-masing berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar karena penerapan model PBL dengan berbantuan e-modul sebesar 0.47, peningkatan hasil belajar karena penerapan model PBL dengan berbantuan bahan ajar cetak sebesar 0.24, dan perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan dengan sig 0.001<0.05. Kesimpulan dari penelitian terdapat peningkatan serta perbedaan hasil belajar pemrograman dasar siswa pada kelas bahan ajar e-modul dan dengan kelas bahan ajar cetak.

Keywords


problem based learning; hasil belajar; e-modul; bahan ajar cetak

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati dan Moedjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayatun, N., Karyanto, P., Fatmawati, U., & Mujiyati. 2015. Penerapan E-Module Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Ekologi Siswa Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun 2014/2015. Bioedukasi, Volume 8, No.2. (Online) (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/) diunduh tanggal 29 Oktober 2017 pukul 09.00 WIB.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Lestari, I. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Akademia.

Purba, N. D. 2017. Perbedaan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Problem Based Learning Menggunakan Macromedia Flash dan Handout pada Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi diterbitkan: (http://digilib.unimed.ac.id/) diunduh tanggal 29 Oktober 2017 pukul 10.00 WIB.

Rachmawanto, E.D.E., Putro, S.C., & Pujianto, U. 2015. Perbandingan Kemandirian Belajar Teknik Animasi 2D Pada Penerapan Tiga Model Pembelajaran Terhadap Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Sains: Vol. 3, No.2. (Online) (http://journal.um.ac.id/index.php/jps/) diunduh tanggal 1 November 2017 pukul 09.15 WIB

Ramadhan, M.I., Aeni, A.N., & Sujana, A. 2016. Penerapan Model PBL Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Daur Air dan Peristiwa Alam. Jurnal Pena Ilmiah: Vol.1, No.1. (Online) (http://ejournal.upi.edu/) diunduh tanggal 29 Oktober 2017 pukul 09.00 WIB.

Rijal, B.S. 2014. Pengembangan Modul Elektronik Perakitan dan Instalasi Komputer Sebagai Sumber Belajar Untuk Kelas X SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. Skripsi diterbitkan: (http://eprints.uny.ac.id/) diunduh tanggal 29 Oktober 2017 pukul 09.00 WIB.

Rusdiharti, A.D. P. 2017. Perbedaan Rata-Rata Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Pemrograman Web Karena Penerapan Model PjBL Berbantuan Digi Book Dibandingkan Dengan Berbantuan Reference Book Pada Siswa Kelas X Program Keahlian RPL di SMKN 2 Singosari. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FT UM.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme guru. Bandung: Raja Grafindo Persada.

Prastowo, A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Press.

Satriawati, H. 2015. Pengembangan E-Modul Interaktif Sebagai Sumber Belajar Elektronika Dasar Kelas X SMKN 3 Yogyakarta. Skripsi diterbitkan: (http://eprints.uny.ac.id/) diunduh tanggal 1 November 2017 pukul 09.00 WIB.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilo, A. 2016. Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Saintifik Untuk Peningkatan Kemampuan Mencipta Siswa Dalam Proses Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XII SMAN 1 Slogohimo 2014. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol 26, No.1. (Online) (http://journals.ums.ac.id/) diunduh tanggal 30 Oktober 2017 pukul 08.00 WIB.

Warsono & Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesment. Bandung: Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v41i22018p130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya

Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
E-ISSN 2477-0442 (online)

Contact
Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145, Building H5,  1st  Floor. 

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.   

View My Stats