PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK DIBANDINGKAN BERBANTUAN BAHAN AJAR CETAK PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN SISWA SMK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Dimyati dan Moedjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayatun, N., Karyanto, P., Fatmawati, U., & Mujiyati. 2015. Penerapan E-Module Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Ekologi Siswa Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun 2014/2015. Bioedukasi, Volume 8, No.2. (Online) (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/) diunduh tanggal 29 Oktober 2017 pukul 09.00 WIB.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Lestari, I. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Akademia.
Purba, N. D. 2017. Perbedaan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Problem Based Learning Menggunakan Macromedia Flash dan Handout pada Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi diterbitkan: (http://digilib.unimed.ac.id/) diunduh tanggal 29 Oktober 2017 pukul 10.00 WIB.
Rachmawanto, E.D.E., Putro, S.C., & Pujianto, U. 2015. Perbandingan Kemandirian Belajar Teknik Animasi 2D Pada Penerapan Tiga Model Pembelajaran Terhadap Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Sains: Vol. 3, No.2. (Online) (http://journal.um.ac.id/index.php/jps/) diunduh tanggal 1 November 2017 pukul 09.15 WIB
Ramadhan, M.I., Aeni, A.N., & Sujana, A. 2016. Penerapan Model PBL Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Daur Air dan Peristiwa Alam. Jurnal Pena Ilmiah: Vol.1, No.1. (Online) (http://ejournal.upi.edu/) diunduh tanggal 29 Oktober 2017 pukul 09.00 WIB.
Rijal, B.S. 2014. Pengembangan Modul Elektronik Perakitan dan Instalasi Komputer Sebagai Sumber Belajar Untuk Kelas X SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. Skripsi diterbitkan: (http://eprints.uny.ac.id/) diunduh tanggal 29 Oktober 2017 pukul 09.00 WIB.
Rusdiharti, A.D. P. 2017. Perbedaan Rata-Rata Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Pemrograman Web Karena Penerapan Model PjBL Berbantuan Digi Book Dibandingkan Dengan Berbantuan Reference Book Pada Siswa Kelas X Program Keahlian RPL di SMKN 2 Singosari. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FT UM.
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme guru. Bandung: Raja Grafindo Persada.
Prastowo, A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Press.
Satriawati, H. 2015. Pengembangan E-Modul Interaktif Sebagai Sumber Belajar Elektronika Dasar Kelas X SMKN 3 Yogyakarta. Skripsi diterbitkan: (http://eprints.uny.ac.id/) diunduh tanggal 1 November 2017 pukul 09.00 WIB.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilo, A. 2016. Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Saintifik Untuk Peningkatan Kemampuan Mencipta Siswa Dalam Proses Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XII SMAN 1 Slogohimo 2014. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol 26, No.1. (Online) (http://journals.ums.ac.id/) diunduh tanggal 30 Oktober 2017 pukul 08.00 WIB.
Warsono & Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesment. Bandung: Remaja Rosda Karya.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v41i22018p130
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
E-ISSN 2477-0442 (online)
Contact
Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145, Building H5, 1st Floor.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.