ANALISIS KEMAMPUAN MENDETEKSI EROR KODE PROGRAM MATA KULIAH PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO

Fitria Nur Hasanah, Rahmania Sri Untari

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis kesulitan mahsiswa dalam mendeteksi error code program dan mengetahui kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam mendeteksi error code program pada mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek (PBO). Metode penelitian yaitu kualitatif tipe studi kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara, studi dokumen, dan observasi. Teknik analisis data kasus individu: reduksi, penyajian, kesimpulan sedangkan validasi data dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan masalah error coding PBO pada mahasiswa PTI yaitu syntax error dan logical error. Syntax error terjadi ketika mahasiswa kurang teliti saat menyusun code program, kurangnya tanda baca, kesalahan case sensitive, salah keyword. Kedua, mahasiswa tidak paham logika alur program, kurangnya pengetahuan tentang teori pemrograman merupakan penyebab utama mahasiswa hal itu berakibat terjadinya logical error.

Keywords


analisis kesalahan; eror kode program; pemrograman berorientasi objek; kemampuan pemrograman

Full Text:

PDF

References


Bhawkar, Aniket. 2013. Analysis of Errors- A Support System for Teacher to Analyze the Error Occurring to a Novice Programmer. International Journal of Computer Science and Network. (Online). 2(5): 37-40. (https://arxiv.org) diakses pada tanggal 21 Maret 2018

Bringula, RP. 2012. Predictors of Errors of Novice Java Programmers. World Journal of Education. (Online). 2(1): 3-15. (https://eric.ed.gov/)

Calhon, Calfrey, dan Finch, Alton V. 1982. Vocational Education: Concepts and Operations. California: Wardsworth Publishing Company.

Cresswell, J.W. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Iskandar, R.S.F. & Andriyani, R. 2016. Analisis Kesalahan Pembuktian Matematis Mahasiswa pada Matakuliah Analisis Real. Proseding Seminar Nasional Pendidikan Matematika dengan tema “ Pengembangan 4C’s dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Tantangan dalam Pengembangan Kurikulum Matematika” pada tanggal 28 Mei 2016 di prodi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Kadir, Abdul & Triwahyuni, T.C. 2013. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

Kiat, S.E. (2005). Analysis of Students’ Difficulties in Solving Integration Problem. The Mathematics Educator, 9(1), 39-59.

Moleong, L., J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mow, Ioana T.C. 2012. Analyses of Student Programming Error In Java Programming Course. Journal of Emerging Trends in Computing and Information Science. (Online). 3(5): 739-749. (https://pdfs.semanticscholar.org/). Diakses pada tanggal 21 Maret 2018

Raharjo, B., dkk. 2012. Mudah Belajar Java. Bandung: Informatika.

Setyono, Anton. 2016. Analisis Kesulitan Siswa Memecahkan Masalah Fisika Berbentuk Grafik dengan tes Diagnostik. Skripsi tidak diterbitkan.Semarang: UNNES.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v41i22018p139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya

Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
E-ISSN 2477-0442 (online)

Contact
Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145, Building H5,  1st  Floor. 

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.   

View My Stats