TIPE-TIPE KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA ATURAN EKSPONEN DAN SCAFFOLDINGNYA: STUDI KASUS DI SMKN 11 MALANG

Ristina Wahyuni, Didik Nurhadi

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menerapkan aturan eksponen dan mendeskripsikan bentuk scaffolding untuk mengatasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tes dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data dari kelas X KPR 1 SMKN 11 Malang. Selanjutnya, tahapan analisis datanya adalah membuat catatan jawaban, mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi pemikiran, mengelompokkan kesulitan siswa, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe-tipe kesalahan siswa pada penerapan aturan eksponen adalah basic error, missing information, dan partial insight. Sementara itu, bentuk scaffolding yang diberikan kepada siswa adalah enviromental provisions, reviewing dan restructuring, serta developing contextual thinking. Kesimpulannya adalah bahwa proses pembelajaran sangat penting untuk keberhasilan belajar siswa.

Keywords


tipe kesalahan siswa; scaffolding; aturan ekponen

Full Text:

PDF

References


Anghileri, J. 2006. Scaffolding Practices That Enhance Mathematics Learning. Journal of Mathematics Teacher Education, 9:33-52.

Bell, Frederick H. 1981. Teaching and Learning Mathematics (in Secondary Schools). Iowa: Wm.C. Brown Company Publisher.

Brodie.Karin, 2010 Teaching Mathematical Reasoning in Secondary School Classrooms. New York. United states of America.

Cowan, P. 2006. Teaching Mathematics. New York : Routledge

Hazir, Fatma, dkk.2010. Scaffolding Strategies Applied by Student Teachers to Teach Mathematics. The International Journal of Research in Teacher Education, 1(Special Issue): 25-36 (online), (http://ijrte.eab.org.tr/1/spc.issue/3f.hazir.pdf) diakses tanggal 5 November 2016

Kolikant, Y.B.D.&Broza, O. 2011. The Effect of Using a Video Clip Presenting a Contextual Story an Low-Achieving Students’ Mathematical Discourse. Educational Studies in Mathematics, Volume 76, pp 23-47.

Legutko, M. 2008. An Analysis of Students’ Mathematical Error in The Teaching-Research Process. Mathematics Teaching-Research Journal On-Line. (online), (http://dandcmathematicskit.wiki.westga.edu/file/view/resource+3.pdf), diakses 31 Mei 2013.

Lorenzo J.,dkk. 2007. Difficulties in Learning in Students of The First Year of Pre-University Education in Spain. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 3(3): 221-229. (online), (http://ejmste.com/v3n3/EJMSTE_v3n3_Blanco_Garrote.pdf), diakses 3 Mei 2013.

Prediger,S. 2011. Why Johnny Can’t Apply Multiplication Revisiting The Choise of Operations With Fractions. International Journal of Mathematics Education, 6(2): 65-88. (online), (http://www.iejme.com/022011/main/htm), diakses 8 Mei 2013.

Savvi,Puji. 2014. Analisis kesalahan dan perilaku yang dilakukan siswa kelas VII-C MTs. Darul Huda Pasuruan dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan mata pelajaran matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Malang: Tesis tidak diterbitkan

Seng, Lim K .2003, An Error Analysis of Form 2 (Grade 7) Students in Simplifying Algebraic Expressions : A Descriptive Study (online),http://www.investigacion-psicopedagogica.org/revista/articulos/20/english/Art_20_382.pdf. diakses tanggal 10 September 2016.

Stuyf, V. 2002. Scaffolding as a Teaching Strategy. Adolescent Learning and Development Journal. Section 0500A-Fall 2002. (online), (http://www.studymode.com/essays/Scaffolding-As-a-Teaching-Strategy-400850.html), diakses tanggal 7 Oktober 2016.

Trisulawati. 2009. Analisis Proses Terjadinya Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Berkaitan dengan Garis Singgung Lingkaran. Universitas Negeri Malang: Thesis. tidak diterbitkan

Ureyen, M., Cetin, N., & Mahir, N. 2006. The Mistakes Made by the Students Taking a Calculus Course in Solving Inequalities. International Journal for Mathematics Teaching and Learning. (online), http://www.cimt.plymouth.ac.uk/journal/ureyen.pdf), diakses 16 Agustus 2016

Van de Walle, John A, dkk. 2010. Elementary and Middle School Mathematics Teaching Developmentally-7th ed. Boston : Pearson Education, Inc.

Willis, Judy, M.D. 2010. Teaching To Love Math. Virginia, USA:ASCD

Yakin M.H.A 2011. Diagnosis kesulitan siswa dalam menyederhanakan pecahan aljabar dan upaya mengatasinya dengan menggunakan Scaffolding. Tesis tidak diterbitkan . Malang : Pascasarjana UM

Yuli, Debita. 2015. Analisis kesalahan siswa SMA Kristen Charis Malang dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan Trogonometri beserta sacffoldingnya. Tesis tidak diterbitkan. Malang : Pascasarjana UM




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v41i22018p173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya

Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
E-ISSN 2477-0442 (online)

Contact
Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145, Building H5,  1st  Floor. 

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.   

View My Stats