PENGEMBANGAN MODUL CNC PU-2A BERBASIS MASTERCAM UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA DALAM PRAKTIK MESIN BUBUT CNC

Imam Sudjono, Sunomo Sunomo, Maftuchin Romlie, Yuni Sunarto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan modul CNC PU-2A yang dikembangkan untuk mendukung pembelajaran program mastercam dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pe-ngembangan yang dilakukan dengan menggunakan model Dick dan Carey. Subjek pe-nelitian meliputi pakar, dosen pembina praktek mesin bubut CNC, dan satu offering mahasiswa S1 PTM UM yang menempuh matakuliah CNC Lanjut dalam uji keterba-caan mahasiswa. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa penilaian terhadap modul berdasarkan butir instrumen modul yang dikembangkan memiliki persentase validasi ahli mencapai 91,67% dan persentase uji coba lapang mencapai 81,67%. Berdasarkan kriteria tingkat validitas maka modul yang dikembangkan termasuk dalam tingkat yang valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords


kompetensi mahasiswa; mastercam; mesin bubut CNC; modul belajar

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. & Sriwiyana, H. 2010. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Cipta Media.

Branch, R.M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Depdiknas. 2004. Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2008. Panduan pengembangan bahan ajar. Dirjen Dikdasmen Direktorat Pembinaan SMA.

Dick, W., & Carey, L. 1990. The systematic design of instruction. New York: Harper Collins.

Rusmiati I G A., Santyasa I W, dan Warpala W S. 2013. Pengembangan Modul IPA dengan Pendekatan Kontektual Kelas V SD Negeri 2 Semarapura Tengah. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Teknologi Pembelajaran: Volume 3 Tahun 2013.

Russel, J.D., 1974. Modular Instruction. Minneapolis: Burgess Publishing Co.

Santyasa, I W. 2011. Pembelajaran inovatif. Singaraja: Undiksha.

Saputra, W.N. 2015. Pengembangan Modul Pembalajaran Penggunaandan Pemeliharaann Alat-alat Ukur di SNA Negei 4 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif_Universitas Muhammadiyah Purworejo: 2303-3738, Vol.06/No.02/Juni 2015

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suparman, M.A. 2012. Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v41i12018p017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya

Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
E-ISSN 2477-0442 (online)

Contact
Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145, Building H5,  1st  Floor. 

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.   

View My Stats