PENGARUH SELF–DISCIPLINE DAN PENGETAHUAN TEORI SECARA LANGSUNG DAN MELALUI HASIL BELAJAR PRAKTIKUM PEMESINAN TERHADAP KESIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA SISWA SMK

Dwi Nurcahyo, Widiyanti Widiyanti, Wahono Wahono

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh self–discipline dan pengeta-huan teori pemesinan secara langsung dan melalui hasil belajar praktikum pemesinan terhadap kesiapan memasuki dunia kerja siswa SMK. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan dengan sampel sebanyak 86 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan jalur dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tidak ada berpengaruh lang-sung self–discipline terhadap hasil belajar praktikum pemesinan tetapi ada pengaruh langsung terhadap kesiapan memasuki dunia kerja; (2) ada berpengaruh langsung pe-ngetahuan teori pemesinan terhadap hasil belajar praktikum pemesinan dan kesiapan memasuki dunia kerja; dan (3) tidak ada pengaruh tidak langsung self–discipline dan pengetahuan teori pemesinan, melalui hasil belajar praktikum pemesinan, terhadap kesiapan memasuki dunia kerja.


Keywords


self–discipline; teori pemesinan; hasil praktikum; kesiapan kerja

Full Text:

PDF

References


Ali, M. & Asrori, M. 2014. Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Amri, S., Jauhari, A. & Elisah, T. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Arsa, I.M.R. & Winahya, A.E. 2012. Evaluasi Pembelajaran Berbasis Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan. Teknologi dan Kejuruan, 35 (2) 155 – 162.

As, S. 2014. Kontribusi Motivasi untuk Bekerja dan Prestasi Belajar AUTOCAD terhadap Kesiapan Kerja Siswa di Bidang Jasa Kontruksi SMK Se-Malang Raya. Tesis tidak diterbitkan: Universitas Negeri Malang.

Dahar, R.W. 2011. Teori – Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang – Undang Republik Indonesia No. 20 Th. 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.

Dirwanto. 2008. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan kerja pada Siswa SMK Ma’arif NU Kesesi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2007/2008. Tesis tidak diterbitkan. Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

Fauzi, M. 1992. Hubungan antara Prestasi Belajar Teori Pemesinan dan Sikap Kerja Siswa dengan Hasil Praktikum Siswa STM Negeri Bojonegoro. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Firdaus, M. A. 2012. Metode Penelitian. Tangerang: Jelajah Nusa.

Habibi. 2012. Hubungan Wawasan Dunia Kerja dan Kompetensi Akademik dengan Kesiapan Memasuki Dunia Kerja pada Siswa Kelas XII Program Studi Elektronika SMK di Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Hariyanto., Sonhadji, A. & Mizar, M.A. 2015. Hubungan Pelaksanaan Unit Produksi dan Motivasi Berwirausaha dengan Kesiapan Bekerja Siswa SMK. Teknologi dan Kejuruan, 38 (1) 41 – 50.

Hariyanto, D. 2015. Hubungan Antara Pengetahuan Teori Teknik Pemesinan dan Kemampuan Praktik Teknik Pmesinan terhadap Kesiapan Praktik Kerja Industri Siswa Kelas XI SMK PGRI Wlingi Kabupaten Blitar. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Mulyasa. 2015. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhayati. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Luas Segi Banyak Melalui Model Student Fasilitator and Explaning. Jurnal Guru, 12 (2) : 173 – 181.

Paramitha, D.A. 2015. Kontribusi Pengalaman Praktik Unit Produksi, Soft Skill, dan Pengalaman Prakerin terhadap Kompetensi Siswa Serta Dampaknya pada Kesiapan Kerja Siswa SMK Paket Keahlian Jasa Boga. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Priyono. 2010. Pengaruh Struktur Penugasan dan Balikan terhadap Hasil Belajar Keterampilan Praktik Kerja Kayu. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rifai, M. 2015. Kesiapan Soft Skills Siswa SMK N 5 Semarang untuk Memasuki Dunia Kerja. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Rizkiansyah, Z. 2016. Hubungan antara Etika Kerja dalam Praktik Industri dan Kompetensi Kejuruan terhadap kesiapan Kerja di Industri bagi Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rostam, Azam Haji. 2015. Anticipating Academic Progress of Students on the Basis of Self-Discipline and Demographic Variables. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6 (1) : 61 – 67.

Saleh, A.M. 2012. Membangun Karakter dengan Hati Nurani. Jakarta: Erlangga.

Saputra, S. 2014. Kontribusi Prestasi Belajar Bidang Produktif, Sikap kerja, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Minat kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri di Kabupaten Bulukumba Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Shochib, M. 2000. Pola Asuh Orang Tua untuk Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sholihat, R.I. 2015. Pengaruh Efektivitas Peraturan Sekolah dan Fasilitas Belajar terhadap Motivasi dan Disiplin Belajar Serta Implikasikasinya pada Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15 (3) : 42 – 52.

Suliyanto. 2005. Analisis Data dalam Apikasi Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sukardi, Sunardi & Sampe, L. 2015. Hubungan Penguasaan Teori dengan Keterampilan Merangkai Kelistrikan Otomotif. Jurnal Teknologi dan Kejuruan,38 (1) :65 – 76.

Wibowo, Nugroho. 2015. Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Tuntutan Dunia Industri. Jurnal Pendidian Teknologi dan Kejuruan, 23 (1) : 45 – 50.

Zhao, R & Kuo, Y. L. 2015. The Role of Self-discipline in Predicting Achievement for 10th Graders. International Journal of Intelligent Technologies and Applied Statistics, 8 (1) : 61 – 70.

Zuhla, I.L. 2016. Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di Kota Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v41i12018p025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya

Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
E-ISSN 2477-0442 (online)

Contact
Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145, Building H5,  1st  Floor. 

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.   

View My Stats