PENGARUH KINERJA PEDAGOGIK GURU DAN KONDISI LINGKUNGAN TERHADAP MINAT KERJA DAN DAMPAKNYA PADA HASIL BELAJAR SISWA SMK

Laksmono Wahyudi, Tri Kuncoro, Ahmad Dardiri

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan kinerja pedagogik, kondisi lingkungan, minat kerja, dan hasil belajar siswa SMK, dan mengetahui besarnya pengaruh kinerja pedagogik dan kondisi lingkungan terhadap minat kerja serta dampaknya pada hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif, menggunakan proporsional random sampling, responden berjumlah 61 siswa. Analisis data menggunakan deskriptif dan uji hipotesis dengan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pedagogik, kondisi lingkungan, hasil belajar adalah kategori baik. Minat kerja adalah sangat baik. Hasil uji hipotesis me-nunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara kinerja pedagogik maupun kondisi lingkungan dengan minat kerja. Sementara secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja pedagogik, lingkungan belajar, dan minat kerja dengan hasil belajar siswa.

Keywords


kinerja pedagogik; kondisi lingkungan; minat kerja; hasil belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Achmadi dan Supriyanto. 1990. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Anang Ainur Rozikin, Ahmat Mukadis, Sumarli, 2015 . Pemahaman, Sikap, dan Kinerja Guru Mata Diklat Produktif Keahlihan Teknik SMK. Jurnal ilmiah, Volume 38. No.1, hal 42-52.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kendal. 2014. Banyaknya Pencari Kerja pada Tahun2013.http://www.kendalkab.bps.go.id/?hal=publikasi_detil&id=63.html.(4 Februari 2015).

Departemen Pendidikan Nasional 2004. Pengembangan Perangkat Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Ditjen Dikti, Bagian Proyek P2TK.

Depdiknas. (2008) Keputusan Dirjen Mandikdasmen nomor 251/c/kep/mn/ 2008 tentang spektrum program ke-ahlian pendidikan menengah kejuruan.

Dirwanto. 2008. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja pada SMK tahun ajaran 2007/2008, Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Fahrudin, M. 2015 Pemberdayaan guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sakti Gemolong Kabupaten Sragen.

Hariyanto, Sonhadji Ahmad, Mizar M. Alfian 2015. Hubungan Pelaksanaan Kegiatan Unit Produksi dan Minat Kerja dengan Kesiapan Bekerja Siswa SMK. Jurnal ilmiah teknologi kejuruan, Volume 39. No.1, hal 85-102.

Hamalik Oemar. 2006. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: PTBumi Aksara.

Hamalik Oemar, Pendidikan Guru (berdasarkan pendekatan kompetensi) Jakarta: Bumi Aksara, 2002.

Maksum.F, 2010 Kinerja Guru Bersertifikat di SMK se-kota Yogyakarta http://id.wikipedia.org/wiki/kinerja

Media Wacana, Undang-undang NO. 20 Tahun 2013 Tentang Sistem pendidikan nasional (sisdiknas), Yogyakarta: Media Wacana Pers 2008.

Menik & Fitriyani, 2014. Upaya-upaya Peningkatan Kesiapan Kerja Peserta Didik lulusan Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Volume 2 No.2. hal 97-108.

Murwati. H. 2013 Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru Terhadap Motivaasi Kerja dan Kinerja Guru di SMKN se Surakarta

Nuruni. T, 2014 Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Guru PAI SDN di kecamatan Sidoharjo Kapabupaten Sragen.

Ridwan Kuncoro & Achmad. Engkos 2011. Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analisis. Bandung: Alfabeta.

Rivai, V., & Sagala, E.J. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusaha-an (dari teori ke praktik). Malaysia: Universiti Utara Malaysia.

Rodiyah, Pengaruh Motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru akuntansi sekolah menengah kejuruan (SMK) di kota Semarang

Romadhoni & Pallevi Rijal 2010. Kontribusi Minat Kerja dan Kemampuan Akademis Terhadap Kesiapan Kerja. jurnal pendidikan teknik sipil, Volume 10, No.2, Hal 72-76.

Slameto, 2010 Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta:Rineka Cipta.

Slameto, 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta Rineka Cipta.

Sugiharto, 2007, Psikologi pendidikan, Yogyakarta: UNY Press.Zainal

Supardi, 2013. Kinerja guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Supriyoko, pembaharuan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam hal penyelenggaraanya,http:/ Smkpasundan1-Bandung, 2002.

Sutejo Imam, Syarifudien Haris anwar, Sutrisno, 2015. Pemilihan Kompetensi Keahlihan Tingkat Pemahaman Vokasional dan Prestasi Belajar Siswa SMK Kompetensi Keahlihan Teknik Bangunan. Jurnal ilmiah Volume 38. No.1, hal 72-85.

Sisdiknas No.20 Tahun 2003 Tentang tujuan umum dan tujuan khusus SMK

Undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang No.20 tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional.

Utami, Yudi, Ganting, & Dwi. 2013. Self Efficacy dengan kesiapan kerja siswa SMK. Dalam jurnal ilmiah psikologi terapan, Volume 01. No.1, hal 39-51. Malang:Universitas Muhammadiyah Malang.

Yamin Martinis & Maisah 2010. Standar-isasi kinerja guru. Jakarta: GP Press: 117




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v41i12018p055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya

Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
E-ISSN 2477-0442 (online)

Contact
Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145, Building H5,  1st  Floor. 

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.   

View My Stats