PENGARUH PROJECT-BASED LEARNING DENGAN METODE DRILL DAN METODE FEEDBACK TERHADAP HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN WEB

Syaichul Fitrian Akbar, Setiadi Cahyono Putro, Didik Dwi Prasetya

Abstract


Tujuan penelitian adalah mengungkap perbedaan rerata hasil belajar pem-rograman web (ranah pengetahuan dan keterampilan) karena pengaruh penerapan Project-Based Learning (PjBL) dan Metode Drill dibandingkan dengan PjBL dan metode Feedback. Penelitian menggunakan rancangan quasi experiment dengan post-test only. Subjek penelitian adalah sebanyak 68 siswa kelas XI RPL di SMKN 6 Ma-lang. Analisis uji hipotesis menggunakan uji-t dengan teknik independent sample t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL dan metode Drill le-bih baik diterapkan untuk ranah keterampilan, sedangkan penerapan model PjBL dan metode Feedback lebih baik diterapkan untuk ranah pengetahuan.

Keywords


project based learning; drill; feedback; hasil belajar; pemrograman web dinamis

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Danawuri, M. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X SMK Negeri 2 Singosari. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fathurrohman, M. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Kamdi, W. 2008. Project-Based Learning: Pendekatan Pembelajaran Inovatif. Makalah Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Guru SMP dan SMA Kota Tarakan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kardi, S. dan Nur, M. 2001. Pengajaran Langsung. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Universiti Press.

Permendikbud Nomor 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. BSNP, (Online), (http://bsnp-indonesia.org/2013/06/20/permendikbud-tentang-kurikulum-tahun-2013/, diakses 24 April 2017).

Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses. BSNP, (Online), (http://bsnp-indonesia.org/standar-proses/, diakses 24 April 2017).

Prasetyo, A. A., Putro, S. C., dan Wirawan, I. M. 2016. Kajian Keterlaksanaan Blended Learning pada Program TKJ di SMK. Tekno, (Online), Vol.25, No.1, (http://journal.um.ac.id/index.php/tekno/article/download/5794/2365, pada 29 November 2017).

Putro, S. C. 2014. Pengintegrasian Social Cognitive pada Kurikulum S1 Pendidikan Teknik Elektro LPTK untuk Memfasilitasi Kemampuan Beradaptasi Calon Guru Kejuruhan. APTEKINDO, Vol.7, No.6, (Online), (http://jurnal.upi.edu/file/121_Setiadi_CP__UM_Malang_1001-1017.pdf, diakses 2 Agustus 2017).

Putro, S. C. dan Desynatria, W. 2017. Interaksi antara Faktor Inisiatif dengan Faktor Penerapan Model Konstruktivistik Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Teknologi pada Siswa SMK. Tekno, (Online), Vol.26, No.2, (http://journal.um.ac.id/ index.php/tekno/article/viewFile/8274/3805, diakses 29 November 2017).

Schunk, D. H. Tanpa tahun. Teori-Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan. Terjemahan Hamdiah, E. dan Fajar, R. 2012. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Siswanto, H. B. 2007. Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2015. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif dan Psikomotorik (Konsep dan Aplikasi). Jakarta: Rajawali Pers.

Suriadi, N. M., Dantes, N., dan Marhaeni, A. A. I. N. 2013. Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Mengurus Diri Sendiri bagi Anak Tunagrahita. Pendidikan Dasar, (Online), Vol. 3, No.1, (http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/viewFile/501/293, diakses 29 November 2017).

Syarif, S. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Uno, H. B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyulianti, R. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Multimedia pada Mata Pelajaran Teknik Animasi Dua Dimensi di SMK Negeri 1 Boyolangu. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wena, M. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Widayanti, E. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa X TKJ 2 pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar di SMK Negeri Turen. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v41i12018p067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya

Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
E-ISSN 2477-0442 (online)

Contact
Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145, Building H5,  1st  Floor. 

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.   

View My Stats