EVALUASI PROGRAM PENILAIAN KINERJA SISWA SMK DALAM PELAKSANAAN PRAKERIN

Dila Umnia Soraya, Mardji Mardji, Syarif Suhartadi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi program penilaian kinerja UPT-PK Singosari, yang meliputi: (1) input: kualitas penilai, siswa, instrumen penilaian, dan metode penilaian; (2) proses penilaian; dan (3) hasil penilaian kinerja. Subjek pe-nelitian yaitu instruktur, asisten instruktur, dan siswa Jurusan Listrik. Pengumpulan data dengan lembar angket dan lembar pengamatan dokumen, dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) input: kualitas penilai telah sesuai, kualitas siswa kurang sesuai, kualitas instrumen penilaian cukup sesuai, dan kualitas metode penilaian sesuai, (2) kualitas proses penilaian telah sesuai, dan (3) kualitas hasil penilaian kinerja sangat sesuai.

Keywords


evaluasi; penilaian kinerja; prakerin

Full Text:

PDF

References


Ambarwati. 2002. Managing Productive Performance Appraisal: Sebuah Upaya Menjawab Kebutuhan Peni-laian Kinerja Karyawan yang Bebas KKN. Jurnal Portal, (Online), 1(7): 93–107, (http://www.journal.uii.ac. id, diakses 22 Maret 2012).

Arif, U. 2014. Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Peserta Didik Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Giripuro Sumpiuh. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2): 262–270.

Depdiknas. 2004. Kurikulum SMK Edisi 2004. Jakarta: Depdiknas.

TEKNOLOGI DAN KEJURUAN, VOL. 40, NO. 1, FERBUARI 2017: 1-12

Feist, J. 2010. Teori Kepribadian. Jakar-ta: Salemba Humanika. Kusumapraja, R. 2012. Manajemen SDM. Artikel tidak diterbitkan. Ja-karta: Universitas Indonesia. Lahagu, A. 2010. Pengaruh Pemahaman Konsep dan Intensitas Pengalaman Membimbing Prakerin terhadap Ke-mampuan Guru SMK Swasta Kristen BNKP Gunugsitoli, Kabupaten Nias. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Mahardhika, G. 2012. Kinerja dan Pe-nilaian Prestasi. Artikel tidak diter-bitkan. Bengkulu: Universitas Mu-hammadiyah. Mangkunegara, A.P. 2010. Evaluasi Ki-nerja SDM. Bandung: Refika Adita-ma. Mathis, R. & Jackson, J. 2006. Human Resource Management (Edisi Terje-mahan). Jakarta: Salemba Empat. Nasution, H. 2005. Performance Apprai-sal. Artikel tidak diterbitkan. Suma-tra Utara: USU. Purwanto, N. 2010. Psikologi Pendidik-an. Bandung: Remaja Rosdakarya. Rahadi, R. 2010. Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia. Malang: Tunggal Mandiri Publishing. Rivai, V. 2008. Performa Appraisal. Ja-karta: Rajawali Pers. Rothwell, W. 2008. Mastering the Ins-tructional Design Process: a Syste-matic Approach 4th Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc. Sayoga, S. 2009. Hubungan antara Ke-mampuan Awal, Kreativitas Siswa dan Keterampilan menggunakan Multimedia dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif. Tesis ti-dak diterbitkan. Surakarta: Universi-tas Negeri Surakarta.

Sedarmayanti. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama. Sintawati, E. & Sudjimat, D.A. 2014. Evaluasi Program Praktik Kerja In-dustri Mahasiswa Program Studi Ta-ta Busana Jurusan Teknologi Indus-tri Fakultas Teknik Universitas Ne-geri Malang Berdasarkan CIPP. Jur-nal Teknologi dan Kejuruan, 37(1): 49-64. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Soeprihanto, J. 2009. Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karyawan (Edi-si 1). Yogyakarta: BPFE Yogyakar-ta.

Supardi. 2010. Pengaruh Media Pembela-jaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Forma-tif, (Online), 2(1): 71–81, (http:// www.portal. kopertis3. or.id, diakses 15 Mei 2013). Suwatno. 2008. Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: FPIPS Universitas Pendidikan Indo-nesia. Trihandini, F. 2005. Analisis Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosi, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Karyawan. Tesis tidak diterbitkan. Semarang: Univer-sitas Diponegoro.

Wahyuningsih, S. 2013. Pengaruh Ling-kungan Sekolah dan Kebiasaan Bel-ajar terhadap Prestasi Belajar Akun-tansi Siswa Kelas XI IPS SMA Ne-geri 1 Srandakan. Jurnal Kajian Pe-ndidikan Akuntansi Indonesia, 2(1): 137–160.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v40i12017p001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya

Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
E-ISSN 2477-0442 (online)

Contact
Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145, Building H5,  1st  Floor. 

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.   

View My Stats