PENERAPAN MODEL PBL PADA MATA PELAJARAN TEKNIK KERJA BENGKEL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK

Agus Suyetno, Ewit Irniyah, Hakkun Elmunsyah, Puger Hoggowiyono

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menerapkan model PBL untuk meningkatkan motivasi, aktifitas dan hasil belajar siswa di SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK. Siklus penelitian terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan tindak-an; (2) pelaksanaan tindakan; (3) pengamatan/observasi; dan (4) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa Mekatronika kelas X SMKN 2 Singosari yang berjumlah 36 orang. Hasil penelitian adalah: (1) motivasi siswa ada peningkatan dari siklus ke 1 ke siklus ke 2 yaitu sebesar 3% dan siklus ke3 peningkatannya sebesar 11,00%; (2) hasil aktivitas siswa ada peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 82,00% dan ter-jadi peningkatan siklus 3 sebesar 88,00%; (3) sedangkan hasil belajar siswa ranah si-kap juga mengalami peningkatan untuk kategori sangat baik sebesar 25,00%; (4) un-tuk ranah pengetahuan rerata dari siklus 1 sampai siklus ke3 mengalami peningkatan, dengan ketuntasan sebesar 100,00%; dan (5) ranah keterampilan sampai siklus 3 me-ningkat sebesar 3,75%.

Keywords


PBL; motivasi belajar; aktivitas belajar dan hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arends, R.I. 2008. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evalua-si Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Brophy, J. 2010. Motivating Students to Learn (Third Edition). New York: Taylor Francis.

Imas, K. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Suraba-ya: Kata Pena.

Mendikbud RI. 2014. Permendikbud No-mor 104 Tahun 2014 tentang Peni-laian Hasil Belajar. Jakarta: Mendikbud.

Rusman. 2012. Model-model Pembel-ajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rusmono. 2014. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu untuk Meningkatkan Profesio-nalitas Guru. Bogor: Ghalia Indo-nesia.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajar-an Berorientasi Standar Proses Pen-didikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, N. 2009. Penilain Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rema-ja Rosdakarya.

Wijaya, K & Dedi, D. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v40i12017p013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya

Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
E-ISSN 2477-0442 (online)

Contact
Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145, Building H5,  1st  Floor. 

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.   

View My Stats