PENGARUH ASPEK SOSIAL PSIKOLOGIS TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU SMK DI JURUSAN TE FT UM

Setiadi Cahyono Putro, Hakkun Elmunsyah, Hari Putranto, Ahmad Mursyidun Nidhom

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengungkap aspek muatan kurikulum sosial psi-kologis yang paling berpengaruh terhadap kesiapan calon guru Sekolah Menengah Kejuruan. Selain kemampuan psikologis, menurut observasi awal variabel Kemampu-an pedagogik yang selama ini menjadi salah satu prasyarat untuk guru sertifikasi juga memberikan implikasi positif kepada calon guru. Penelitian ini menggunakan pende-katan korelasional. Sampel yang digunakan sebanyak 40 calon pendidik yang diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah nontest (angket) untuk menjaring variabel muatan kurikulum yang berkolerasi. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi ganda dan regresi ganda.

Keywords


kurikulum; sosial psikologis; kemampuan pedagogik

Full Text:

PDF

References


Allport, D. A. 1985. Distributed Memo-ry, Modular Subsystems and Dys-phasia. Current perspectives in dys-phasia: 32-60.

Ananda, R. 2013. Makna Pentingnya Pendidikan Vokasi untuk Mengha-silkan Tenaga Terampil. Jurnal Pen-didikan dan Kebudayaan 3.010. Bandura, A. 1991.Social Cognitive The-ory of Self-Regulation. Organizatio-nal Behavior and human Decision Processes, 50.2: 248-287. Eliot R., & Jamie DeCoster. 2000. Dual-Process Models in Social and Cognitive Psychology: Conceptual Integration and Links to Underlying Memory Systems. Personality and social psychology review, 4.2: 108-131. Neil R., et al. 2009. Psychology: the Science of Behavior. Pearson,. Nidhom, A.M., Sonhadji, A., & Sudjimat, D.A. 2017. Hubungan Ke-siapan Belajar, Lama Pembelajaran, Kesesuaian Tempat dan Partisipasi DU/DI dengan Hasil Prakerin Peser-ta Didik Kompetensi Keahlian TKJ di SMK Kota Batu." Innovation of Vocational Technology Educa-tion 11.1.

Oemi, A. 1989. Efek Persuasi Dalam Du-nia Pendidikan. Rosadana Bandung. Pace, R.W., Brent, D.P., and Burnett, M. D. 1979. Techniques for Effective Communication. Addison-Wesley Publishing Company. Richard., D. 2012. Organization Theory and Design. Nelson Education. Riyanto, A. 2010. Evaluasi Sistem Pembelajaran. Jurnal Pendidikan UPI, 2. Sakdiah, I. 2015. Kompetensi Pedagogik Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah 2.1. Santrock, J. 2012. Lifespan Developmen-tal Psychology.Psychology. Taba, Hilda, & Hila, T. 1962. Curriculum Development: Theory and practice. No. 37.013 TAB. Tarsidi, D. 2010. Teori Kognitif Sosial Albert Bandura. Universitas Pendi-dikan Indonesia. Bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia. 2003. No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Un-dang-Undang Republik Indonesia Bab 1 Pasal 1 Ayat 11-13. Jakarta: SL Me-dia. Wade, A., Eileen S., Richard A. Winett, & Janet R.W. 2007. Self-regulation, Self-Efficacy, Outcome Expecta-tions, and Social Support: Social Cognitive Theory and Nutrition Be-havior. Annals of Behavioral Medi-cine, 34.3 (): 304-312.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v40i12017p059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya

Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
E-ISSN 2477-0442 (online)

Contact
Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145, Building H5,  1st  Floor. 

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.   

View My Stats