PENGEMBANGAN BAHAN AJAR K3 DAN HIGIENE SANITASI BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Djelita, R. 2012. Pemilihan dan Pengem-bangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan seba-gai Tuntutan Profesionalisme. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Sura-baya, (5). (Online), (http: dispen-dik.surabaya.go.id, diakses 29 April 2015)
Kwok, D. 2013. Role Playing in Problem Based Learning: The Hospitally Ex-perience. Reflection on Problem Based Learning Issue 14. (Online), (http: www.myrp.sg, diakses 4 April 2015).
Madjid, A. 2012. Perencanaan Pembel-ajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Re-maja Rosdakarya.
TEKNOLOGI DAN KEJURUAN, VOL. 40, NO. 1, FEBRUARI 2017: 79-86
Masdarini, L. & Devi, M. 2011. Pema-haman Sikap dan Unjuk Kerja Hy-giene Sanitasi Siswa dalam Peng-olahan dan Penyajian Makanan di SMK Bidang Keahlian Tata Boga. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, 34(2): 165‒178. (Online), (http: www.journal.um.ac.id, diakses 30 Maret 2013) Mendikbud RI. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Re-publik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016, tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Me-nengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indo-nesia. Mendiknas RI. 2007. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 41 Ta-hun 2007, tentang Standar Proses. Jakarta: Mendiknas. Pratiwi, D.A. 2010. Pembelajaran Ber-basis Masalah (Problem Based Learning) dengan Metode Proyek dan Resitasi Ditinjau dari Kreativi-tas dan Konsep Diri (Self Concept) Siswa. Tesis tidak diterbitkan. Sura-karta: Program Pascasarjana Univer-sitas Sebelas Maret Surakarta. Sudrajat, A. 2008. Konsep Pengem-bangan Bahan Ajar. (Online), (https: //akhmadsudrajat.wordpress.com, di-akses 13 Desember 2014).
Sukmadinata, N.S. 2006. Metode Peneli-tian Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Sutedjo, B. 2008. Pengembangan Bahan Ajar. (Online), (http://tedjo21.files. Wordpress.com, diakses 12 Septem-ber 2014). Suwardi. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Kesehatan Keselamatan Kerja untuk Program Studi Keahlian Tek-nik Mesin pada PPPPTK/VEDC Malang. Tesis tidak diterbitkan. Ma-lang: Pascasarjana Universitas Nege-ri Malang. Wahyudi, B.S., Hariyadi, S., & Hariani, S.A. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Problem Based Learning pada Pokok Bahasan Pen-cemaran Lingkungan untuk Mening-katkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Grujugan Bondowoso. Pancaran, 3 (3): 83‒92. Whitcombe, S.W. 2013. Problem Based Learning Students’ Perceptions of Knowledge and Professional Identi-ty: Occupational Therapists as ‘Kno-wers’. British Journal of Occupatio-nal Therapy, 76(1): 37‒42. (Online), (http: bjo.sagepub.com/content/76/1/ 37, diakses 10 April 2015). Wulandari, B. 2013. Pengaruh Problem Based Learning terhadap Hasil Bel-ajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2): 178‒191. (Online), (http: journal.uny.ac.id, diakses 7 April 2015).
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v40i12017p079
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
E-ISSN 2477-0442 (online)
Contact
Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145, Building H5, 1st Floor.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.