PENGEMBANGAN BAHAN AJAR K3 DAN HIGIENE SANITASI BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK

Dian Prayogi, Dwi Agus Sudjimat, Rina Rifqie Mariana

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan sebuah bahan ajar dalam bentuk buku ajar untuk mata pelajaran K3 dan Higiene Sanitasi yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Model pengembangan yang digunakan didasarkan pada tahap-tahap penelitian pengembangan Sukmadinata. Hasil data dianalisis dengan menggunakan program SPSS Ver.17 for Windows. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa secara keseluruhan penilaian tentang kelengkapan penyajian terhadap buku ajar hasil pengembangan berada pada kualifikasi Baik. Hasil uji coba produk menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar secara signifikan yang ditunjukkan dengan adanya kenaikan nilai hasil belajar siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar pengembangan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Keywords


pengembangan bahan ajar; K3 dan higine sanitasi; Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Djelita, R. 2012. Pemilihan dan Pengem-bangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan seba-gai Tuntutan Profesionalisme. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Sura-baya, (5). (Online), (http: dispen-dik.surabaya.go.id, diakses 29 April 2015)

Kwok, D. 2013. Role Playing in Problem Based Learning: The Hospitally Ex-perience. Reflection on Problem Based Learning Issue 14. (Online), (http: www.myrp.sg, diakses 4 April 2015).

Madjid, A. 2012. Perencanaan Pembel-ajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Re-maja Rosdakarya.

TEKNOLOGI DAN KEJURUAN, VOL. 40, NO. 1, FEBRUARI 2017: 79-86

Masdarini, L. & Devi, M. 2011. Pema-haman Sikap dan Unjuk Kerja Hy-giene Sanitasi Siswa dalam Peng-olahan dan Penyajian Makanan di SMK Bidang Keahlian Tata Boga. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, 34(2): 165‒178. (Online), (http: www.journal.um.ac.id, diakses 30 Maret 2013) Mendikbud RI. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Re-publik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016, tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Me-nengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indo-nesia. Mendiknas RI. 2007. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 41 Ta-hun 2007, tentang Standar Proses. Jakarta: Mendiknas. Pratiwi, D.A. 2010. Pembelajaran Ber-basis Masalah (Problem Based Learning) dengan Metode Proyek dan Resitasi Ditinjau dari Kreativi-tas dan Konsep Diri (Self Concept) Siswa. Tesis tidak diterbitkan. Sura-karta: Program Pascasarjana Univer-sitas Sebelas Maret Surakarta. Sudrajat, A. 2008. Konsep Pengem-bangan Bahan Ajar. (Online), (https: //akhmadsudrajat.wordpress.com, di-akses 13 Desember 2014).

Sukmadinata, N.S. 2006. Metode Peneli-tian Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Sutedjo, B. 2008. Pengembangan Bahan Ajar. (Online), (http://tedjo21.files. Wordpress.com, diakses 12 Septem-ber 2014). Suwardi. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Kesehatan Keselamatan Kerja untuk Program Studi Keahlian Tek-nik Mesin pada PPPPTK/VEDC Malang. Tesis tidak diterbitkan. Ma-lang: Pascasarjana Universitas Nege-ri Malang. Wahyudi, B.S., Hariyadi, S., & Hariani, S.A. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Problem Based Learning pada Pokok Bahasan Pen-cemaran Lingkungan untuk Mening-katkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Grujugan Bondowoso. Pancaran, 3 (3): 83‒92. Whitcombe, S.W. 2013. Problem Based Learning Students’ Perceptions of Knowledge and Professional Identi-ty: Occupational Therapists as ‘Kno-wers’. British Journal of Occupatio-nal Therapy, 76(1): 37‒42. (Online), (http: bjo.sagepub.com/content/76/1/ 37, diakses 10 April 2015). Wulandari, B. 2013. Pengaruh Problem Based Learning terhadap Hasil Bel-ajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2): 178‒191. (Online), (http: journal.uny.ac.id, diakses 7 April 2015).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v40i12017p079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya

Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
E-ISSN 2477-0442 (online)

Contact
Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145, Building H5,  1st  Floor. 

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.   

View My Stats