HAMBATAN DAN FAKTOR PENYEBABNYA PRAKERIN DITINJAU DARI PERSIAPAN, PELAKSANAAN, DAN EVALUASI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar. 2002. Pelaksanaan Program Pendidikan Sistem Ganda pada SMK di Kota Kendari. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 8 (36) Hal : 418-435.
Apriyadi, Cdan Sulistyo, B. 2012. Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Pada Jurusan Teknik Sepeda Motor SMKN 2 Pengasih. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif , 16 (1), 26-38, (Online), http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43189, diakses 23 Desember 2016.
Badan Pusat Statistik (BPS). Tingkat Pengangguran SMK yang Paling Besar. (Online), https://www.bps.go.id/ subjek/view/id/9, diakses 23 Juli 2015.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 1997. (Online), (https://www.google.co.id/ search? q=Departemen+ Pendidikan+dan +Kebudayaan+1997.....=chrome &ie=UTF-8), diakses 23 Juli 2015.
Efendi, S, Sutadji,E. dan Mukhadis, A. 2012. Pencapaian Kompetensi Prakerin Ditinjau Dari Persepsi Siswa Tentang Kualifikasi Tempat, Pembimbingan, Dan Umpan Balik Pada Keahlian Teknik Mesin SMK. Jurnal Teknologi dan kejuruan, 35 (2), 115-124
Ekawati, D. A. 2012. Hubungan Kerja Sekolah dengan DU/DI(Studi Situs SMK Negeri Donorojo Kabupaten Pacitan). Tesis tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Indaryanto, N. 2011. Analisis Pelaksana-an Prakerin dalam Rangka Pening-katkan Kemampuan Siswa pada Ku-rikulum Kelompok Produktif (Studi Kasus di Program Keahlian Teknik Bangunan SMKN 5 Surakarta). Skripsi, Tidak Diterbitkan. Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret.
Jatmoko, D. 2013. Relevansi Kurikulum SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Terhadap Kebutuhan Dunia Industri Di Kabupaten Sleman. Tesis tidak terbitkan . Yogyakarta: Pascasarjana UNY Yogyakarta.
Jefriando, M. 2015. Pengangguran Terbanyak Lulusan SMK-Detik finance 05/05/2015. (Online). http://finance.detik.com/read/2015/05/05/ 145320 /2906162/4/bps-pengangguran-terbanyak-lulusan-smk, diakses 12 April 2016.
Karyono, A. 2009. Kontribusi Status Industri Tempat Prakerin,Lama Prakerin, dan Motivasi Belajar Terhadap Sikap Kewirausahaan Siswa SMK di Kabupaten Indramayu. Jurnal Teknologi dan kejuruan, 32 ( 2), 165-176.
Mahmudi, M. 2013. Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda Bersertifikat ISO di SMK Negeri 1 Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1 (2), 26-38.
Molikavia, R. 2015. Hubungan Kecakapan Sosial Dan Kemampuan Logika dengan Keberhasilan dalam Prakerin Siswa SMK. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, 38 (1), 15-24
Mukhadis, A. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Malang: Aditya Media Publishing
Mulyani, M.A. 2011. Peran Guru Pem-bimbing dalam Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 2 Sawahlunto Sumatera Barat.Tesis tidak diterbitkan. Sumatera: PPs Universitas Sumatera
Nayono, E. S .2012. Kerjasama Internasional Perguruan Tinggi: Pengalaman di Universitas Negeri Yogyakarta. Makalah Disajikan dalam Workshop Inisiasi Kerjasama dengan Perguruan Tinggi Asing Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta, 13 Desember 2012
Nidhom, A. M. 2013. Hubungan Kesiapan Belajar, Lama Prakerin, Kesuaian Tempat Dan Partisipasi DUDI dengan Hasil Prakerin Peserta Didik Kompetensi Keahlian TKJ di SMK Kota Batu. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs Universitas Negeri Malang.
Perwitasari, D. F. 2013. Hubungan Fasilitas Praktikum TKJ di Sekolah, Kesesuaian
Tempat Prakerin, dan Kompetensi TKJ Siswa dengan Hasil Uji Kompetensi Keahlian. Jurnal Pendidikan Sains, 1 (4) , 425-431
Prasetyo, B. 2013. Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Klaten. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3 (1), 78-91.
Ramadhani, A. H. 2015. Kontribusi Pengetahuan Kewirausahaan, Prestasi Prakerin dan Kompetensi Keahlian, Terhadap Minat Berwirausaha Serta Dampaknya pada Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK Paket Keahlian Teknik Pemesinan Madura. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs Universitas Negeri Malang,
Riza, F. M. 2013 . Analisis Faktor Penghambat Pelaksanaan Praktek Industri Pada Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin, Lembaga Pendidikan Universitas Negeri Malang, Dan Industri. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Susanti, A. I. 2015. Kontribusi Persepsi Siswa Tentang Kualitas Guru, Kesesuaian, dan Hasil Prakerin Terhadap Pemployability Skills Siswa SMK. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, 38 (2), 121-132
Sutrisno, Dardiri, A.,& Sugandi, R., M. 2015. Pelaksanaan Pembelajaran Prakerin Bidang Keahlian Teknik Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Teknologi Kejuruan, 38, (1): 51-56.
Suwarman. 2014. Pengelolaan Praktik Kerja Industri Pada Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Se-Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4 ( 1), 25-34.
Taufik, I. 2016.Pengaruh Prakerin Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin 4 ( 1), 41-50.
Wahono. 2014. Kualitas Pembelajaran Siswa SMK Ditinjau dari Fasilitas Belajar. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, 01 (18) ,66-71.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v40i22017p099
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
E-ISSN 2477-0442 (online)
Contact
Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145, Building H5, 1st Floor.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.