EFEK ADVERSITY INTELLIGENCE DAN PERSEPSI MAHASISWA MEMAHAMI PROFESI GURU TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI MENJADI GURU
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anomsari, D.R. 2011. Hubungan Ke-mampuan Adversity dan Intensi Ber-wirausaha pada Siswa SMK Ya-yasan Pendidikan Ma’arif 1 Taman Sidoarjo. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP UM.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asfarina, L.M. 2016. Keefektifan Psiko-edukasi Menggunakan Teknik Lead dan Lead Plus Impact untuk Me-ningkatkan Adversity Intelligence Siswa SMK. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana UM.
Azhar, M. 2015. Hubungan antara Ke-percayaan Diri dengan Minat Ber-organisasi pada Anggota Koperasi Mahasiswa di Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: FIS-HUM UIN Sunan Kalijaga.
Dewi, T.A. 2015. Pengaruh Profesio-nalisme Guru dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMA se-Kota Malang. Jurnal Pendi-dikan Ekonomi UM Metro, (Online), 3(1): 24-35, (http://download.Portal-garuda.org/article, diakses 3 Novem-ber 2016.)
Fatimah, E. 2006. Psikologi Perkem-bangan: Perkembangan Peserta Di-dik. Bandung: Pustaka Setia.
Fitriawati, L.R. 2013. Hubungan Tingkat Keterlaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan Ketertarik-an menjadi Guru bagi Mahasiswa Calon Guru Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang Semester Gasal 2012/2013. Malang: FT UM.
TEKNOLOGI DAN KEJURUAN, VOL. 40, NO. 2, SEPTEMBER 2017: 137-146
Hakim, T. 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Kusnandar. 2008. Guru Profesional: Im-plementasi Kurikulum Tingkat Satu-an Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Leba, U.T.I. & Padmomartono, S. 2014. Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Ombak (Anggota IKAPI).
Mendiknas RI.2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Ta-hun 2007 tentang Standar Kualifika-si Akademik dan Kompetensi Guru Jakarta: Mendiknas.
Mulyasa, E. 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru (Mukhlis, Ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Musfah, J. 2011. Peningkatan Profesi Guru: melalui Pelatihan dan Sum-ber Belajar Teori dan Praktik. Ja-karta: Kencana.
Noorjannah, L. 2014. Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penu-lisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kau-man Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, (Online), 10(1): 97--114, (http://ejournal.umm.ac.id/ index.php/humanity/article/viewFile/2459/2667, diakses 3 November 2016).
Pemerintah RI . 2008. Peraturan Peme-rintah RI No. 74 Tahun 2008 tentang Guru. (Online), (http://disdik.katim-prov.go.id, diakses 6 November 2016).
Primadewi, A.H. 2016. Hubungan Kete-ladanan Dosen dan Persepsi Maha-siswa terhadap Karir Kegururan de-ngan Minat Mnenjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi S1 Pen-didikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FT UM.
Putro, S.C. 2012. Perencanaan Pembel-ajaran: Bahan Ajar. Malang.
Rahayu, N. 2007. Pengaruh Minat pada Profesi Guru terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pro-gram Studi Pendidikan Akutansi Fa-kultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FE UM.
Rakhmat, J. 2007. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Setyawan, I. 2011. Peran Keterampilan Belajar Konstektual dan Kemampu-an Empati terhadap Adversity In-telligence pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, (Online), 9(1): 40-49 (http://ejournal.undip.ac.id, diak-ses 25 Oktober 2016).
Shaleh, A.R. 2010. Psikologi: Suatu Pe-ngantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pen-didikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suherdiyanto, T. 2012. Pengaruh Persep-si Mahasiswa Program Studi Teknik Bangunan (PTB) tentang Profesi Guru terhadap Motivasi untuk Men-jadi Guru (Studi pada Mahasiswa Angkatan UM 2007-2009). Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FT UM.
Thoha, M. 2004. Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Ja-karta: Raja Grafindo Persada.
Undang-undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (Online), (https://kelembagaan.ristek.go.id, diakses 6 November 2016).
Universitas Negeri Malang, 2014. Kata-log Universitas Negeri Malang Edisi 2014. Malang: UM Press.
Walgito, B. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.
Wijaya, T. 2007. Hubungan Adversity Intelligence dengan Intensi Berwira-usaha. Jurnal Manajemen dan Kewi-rausahaan, (Online), 9(2): 117-127, (https://jurnalmanajemen.petra.ac.id, diakses 25 Oktober 2016).
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v40i22017p137
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
E-ISSN 2477-0442 (online)
Contact
Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145, Building H5, 1st Floor.
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.