EFEK ADVERSITY INTELLIGENCE DAN PERSEPSI MAHASISWA MEMAHAMI PROFESI GURU TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI MENJADI GURU

Galih Prihatiandy, Setiadi Cahyono Putro, Hari Putranto

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengungkap hubungan dan sumbangan adversity intelligence (X1) dan persepsi mahasiswa memahami profesi guru (X2) de-ngan kepercayaan diri menjadi guru (Y). Penelitian ini adalah penelitian expose facto dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Sampel penelitian adalah maha-siswa S1 PTE angkatan 2013 sejumlah 106 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, reliabilitas (apha cronbach) X1, X2, dan Y secara berturut-turut adalah 0,90; 0,95; dan 0,93. Analisis data menggunakan analisis Regresi Linear Gan-da. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara X1 dan X2 dengan Y baik secara parsial maupun simultan dan Sumbangan efektif X1 terhadap Y sebesar 30,05%, dan X2 terhadap Y sebesar 4,30%. Efek adversity intelligence ter-hadap kepercayaan diri untuk menjadi guru lebih tinggi dibanding persepsi mahasis-wa dalam memahami profersi guru.

Keywords


adversity intelligence; persepsi mahasiswa; profesi keguruan; kepercayaan diri

Full Text:

PDF

References


Anomsari, D.R. 2011. Hubungan Ke-mampuan Adversity dan Intensi Ber-wirausaha pada Siswa SMK Ya-yasan Pendidikan Ma’arif 1 Taman Sidoarjo. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP UM.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asfarina, L.M. 2016. Keefektifan Psiko-edukasi Menggunakan Teknik Lead dan Lead Plus Impact untuk Me-ningkatkan Adversity Intelligence Siswa SMK. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana UM.

Azhar, M. 2015. Hubungan antara Ke-percayaan Diri dengan Minat Ber-organisasi pada Anggota Koperasi Mahasiswa di Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: FIS-HUM UIN Sunan Kalijaga.

Dewi, T.A. 2015. Pengaruh Profesio-nalisme Guru dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMA se-Kota Malang. Jurnal Pendi-dikan Ekonomi UM Metro, (Online), 3(1): 24-35, (http://download.Portal-garuda.org/article, diakses 3 Novem-ber 2016.)

Fatimah, E. 2006. Psikologi Perkem-bangan: Perkembangan Peserta Di-dik. Bandung: Pustaka Setia.

Fitriawati, L.R. 2013. Hubungan Tingkat Keterlaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan Ketertarik-an menjadi Guru bagi Mahasiswa Calon Guru Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang Semester Gasal 2012/2013. Malang: FT UM.

TEKNOLOGI DAN KEJURUAN, VOL. 40, NO. 2, SEPTEMBER 2017: 137-146

Hakim, T. 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Kusnandar. 2008. Guru Profesional: Im-plementasi Kurikulum Tingkat Satu-an Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Leba, U.T.I. & Padmomartono, S. 2014. Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Ombak (Anggota IKAPI).

Mendiknas RI.2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Ta-hun 2007 tentang Standar Kualifika-si Akademik dan Kompetensi Guru Jakarta: Mendiknas.

Mulyasa, E. 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru (Mukhlis, Ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musfah, J. 2011. Peningkatan Profesi Guru: melalui Pelatihan dan Sum-ber Belajar Teori dan Praktik. Ja-karta: Kencana.

Noorjannah, L. 2014. Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penu-lisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kau-man Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, (Online), 10(1): 97--114, (http://ejournal.umm.ac.id/ index.php/humanity/article/viewFile/2459/2667, diakses 3 November 2016).

Pemerintah RI . 2008. Peraturan Peme-rintah RI No. 74 Tahun 2008 tentang Guru. (Online), (http://disdik.katim-prov.go.id, diakses 6 November 2016).

Primadewi, A.H. 2016. Hubungan Kete-ladanan Dosen dan Persepsi Maha-siswa terhadap Karir Kegururan de-ngan Minat Mnenjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi S1 Pen-didikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FT UM.

Putro, S.C. 2012. Perencanaan Pembel-ajaran: Bahan Ajar. Malang.

Rahayu, N. 2007. Pengaruh Minat pada Profesi Guru terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pro-gram Studi Pendidikan Akutansi Fa-kultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FE UM.

Rakhmat, J. 2007. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Setyawan, I. 2011. Peran Keterampilan Belajar Konstektual dan Kemampu-an Empati terhadap Adversity In-telligence pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, (Online), 9(1): 40-49 (http://ejournal.undip.ac.id, diak-ses 25 Oktober 2016).

Shaleh, A.R. 2010. Psikologi: Suatu Pe-ngantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pen-didikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suherdiyanto, T. 2012. Pengaruh Persep-si Mahasiswa Program Studi Teknik Bangunan (PTB) tentang Profesi Guru terhadap Motivasi untuk Men-jadi Guru (Studi pada Mahasiswa Angkatan UM 2007-2009). Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FT UM.

Thoha, M. 2004. Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Ja-karta: Raja Grafindo Persada.

Undang-undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (Online), (https://kelembagaan.ristek.go.id, diakses 6 November 2016).

Universitas Negeri Malang, 2014. Kata-log Universitas Negeri Malang Edisi 2014. Malang: UM Press.

Walgito, B. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.

Wijaya, T. 2007. Hubungan Adversity Intelligence dengan Intensi Berwira-usaha. Jurnal Manajemen dan Kewi-rausahaan, (Online), 9(2): 117-127, (https://jurnalmanajemen.petra.ac.id, diakses 25 Oktober 2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v40i22017p137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya

Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
E-ISSN 2477-0442 (online)

Contact
Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145, Building H5,  1st  Floor. 

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.   

View My Stats