ANALISIS HASIL UJI KOMPETENSI GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURAN BIDANG KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN

Ahmad Dardiri, Mujiyono Mujiyono, Mohamad Aris Ichwanto

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan profil kompetensi guru menca-kup: (1) pencapaian kompetensi pedagogik, (2) pencapaian kompetensi profesional, dan (3) menguji apakah ada perbedaan kompetensi kelompok guru adaptif, dan guru produktif berdasarkan latar belakang pendidikan, tingkat pendidikan, dan pengalaman kerja guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bidang Keahlian Teknik Bangunan (BKTB). Penelitian dirancang dengan pendekatan kuantitafif deskriptif terhadap 93 orang guru adaptif dan produktif SMK Kota Blitar. Instrumen yang yang digunakan adalah test kompetensi guru. Hasil penelitian menunjukkan: (1) guru SMK BKTB memiliki kompetensi di atas rata-rata nasional 5,50 namun dibawah ideal nasional 8,00; (2) tidak terdapat perbedaan pencapaian kompetensi berdasarkan kelompok adaptif dan produktif.

Keywords


kompetensi guru bidang teknik bangunan;SMK

Full Text:

PDF

References


Almira, D., Dardiri, A., & Isnandar. 2016. Kompetensi Lulusan SMK Program Keahlian Teknik Bangun-an Kompetensi Teknik Konstruksi Batu dan Beton yang Dibutuhkan Industri Jasa Konstruksi di Jawa Ti-mur. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian, dan Pengembangan, 1(4): 674--680.

Bianome, W., Sonhadji, K.H., & Purno-mo. 2016. Hubungan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Iklim Organisasi dengan Profesionalisme Guru Produktif di SMK se-Kota Kupang. Tesis, PPS Universitas Negeri Malang. BPS. 2015. Tingkat Pengangguran Ter-buka (TPT) Sebesar 6,18 Persen. Online: https://www.bps.go.id/Brs/ view/id/1196, di akses pada Januari 2016.

Dardiri, A. 2015. Optimalisasi Kerjasa-ma Praktik Industri Meningkatkan Citra dan Daya Saing SMK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 22(2): 162--168.

Ernawati & Marjono. 2007. Pengaruh Supervisi dan Disiplin Kerja ter-hadap Kinerja Guru. Jurnal Mana-jemen Sumberdaya Manusia, 2(1): 11--22.

Ghozali. 2004. Studi Peranan Pendidik-an terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Makalah disajikan dalam Seminar KONASPI. UNRAM. Lombok tanggal 15-16 September 2004.

Hadidjah, I. & Kusumawardani, H. 2015. Pengaruh Media Animasi Pola Dasar Busana terhadap Moti-vasi Belajar Mahasiswa Tata Busa-na. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, 28(2): 177--188.

Hariyanto, M., Mukhadis, A., & Isnan-dar. 2012. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan In-teraksi dalam Proses dan Hasil Bel-ajar Mengefrais Roda Gigi Lurus pada Siswa SMK. 35(1): 37--46.

Khoiron, A.M. & Sutadji, E. 2015. Pen-didikan Karakter dan Lingkungan Sekolah terhadap Berpikir Kreatif serta Dampaknya pada Kompetensi Kejuruan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 22(2): 103-116.

Dardiri,dkk., Analisis Hasil Uji Kompetensi Guru 203

Mahdiansyah. 2007. Kajian Hubungan Dunia Pendidikan dengan Dunia In-dustri. Puslitjaknov, (Online), (http://sippendidikan.org/media.php?page=detailkarya&id=65, diakses 11 Januari 2011).

Mendiknas RI. 2003. Undang-Undang RI. Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakar-ta: Mendiknas RI.

Mendiknas RI. 2005. Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Mendik-nas RI.

Rahman, A. 2009. Pembinaan Kualitas Guru SMK (Kajian Kualitatif pada SMK di Bandung). Jurnal Tabula-rasa PPS UNIMED, 6(1): 14--26.

Safitri, A.R.A., Syafrudie, H.A., & Su-trisno. 2012. Relevansi Program Studi Keahlian Teknik Bangunan dengan Pekerjaan Lulusan. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, 35(1): 29--36.

Saud, S. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Sudira, P. 2012. Isu-isu Strategis Desen-tralisasi Pendidikan Kejuruan Indo-nesia. Makalah disajikan dalam Se-minar Nasional ISPI. Yogyakarta 21-22 Januari 2012.

Sujianto, Mukhadis, A., & Isnandar. 2012. Pengembangan Profesionali-tas Berkelanjutan Guru Bersertifikat Guru SMK Rumpun. Jurnal Tekno-logi dan Kejuruan, 35(1): 1--16.

Sutrisno, Dardiri, A., & Sugandi, R.M. 2016. Tingkat Ranah Penilaian pada Keahlian Teknik Batu dan Beton Sekolah Mengengah Kejuruan. Jur-nal Ilmu Pendidikan, 22(2): 154--161.

Suyitno, Sonhadji, K.H., Arifin, I., & Ulfatin, N. 2014. Entrepreneurial Leadership of Vocational Schools Principals in Indonesia. Internatio-nal Journal of Learning




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v40i22017p193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya

Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya
E-ISSN 2477-0442 (online)

Contact
Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang No 5 Malang 65145, Building H5,  1st  Floor. 

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan
Email: teknologikejuruan.ft@um.ac.id 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.   

View My Stats