PERAN KEGIATAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS TINGGI DI SDN NO.14/I SUNGAI BAUNG

Destrinelli, Issaura Sherly Pamela, Sri heni hartika, Zahara tianni, Eta gusrianti, Lia Setiani, Desrina Septiani

Abstract


 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kegiatan literasi dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas atas. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian adalah SDN No.14 / I Sungai Baung, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batang hari, Provinsi Jambi dengan sumber data yang terdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Analisis data digunakan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penyelesaian kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa kegiatan literasi yang mendukung peningkatan kompetensi siswa di SDN No.14 / I Sungai Baung adalah yang memiliki 15 menit kegiatan membaca pada awal pembelajaran,
Kata Kunci: Kegiatan Literasi, Siswa Kelas Tinggi; Kemampuan membaca.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peran kegiatan literasi dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas tinggi. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tempat penelitian di SDN No.14 / I Sungai Baung, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batang hari, Provinsi Jambi dengan sumber data terdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Analisis data yang digunakan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penyelesaian kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat memberikan kesimpulan tentang kegiatan literasi yang mendukung peningkatan kemampuan membaca siswa kelas tinggi di SDN No.


Keywords


Kegiatan literasi;siswa kelas tinggi;keterampilan membaca

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Faradiana,N.(2017).Pengaruh Progran gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di SD terhadap minat baca siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten.Hanata Widya, 6 (8),. 60-9

Mitasari,L.S.,&Utami ,R.D.(2017).Peran Kegiatan literasi dalam meningkatkan minat membaca dan menulis siswa kelas atas di SDN Gumpang 1 (Doctorol dissertasion,Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Sugiono .(2017). Metode penelitian :kuantitatif,kualitatif dan R&D.Bandung ,Alfabeta.

Harras,K.A.(2014).Membaca 1.

Anam,K.(2014).MeningkatkanKeterampilan membaca nyaring melalui media plas-plas kata pada siswa kelas 1 di MI Matholibul Huda Ruwit wedung Demak tahun pelajaran 2014/2015 (Doctoral disertation ,UIN Walisongo )

Wijaya .A.I (2017).Implementasi gerakan literasi sekolah tahap pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas.IAIN Purwokerto.

Hasbiyansah,O.(2008).Pendekatan Fenomenologi : Pengantar Praktik Penelitian dalam ilmu sosial dan komunikasi.Mediator : jurnal komunikasi ,9(1),163-180.

Wandi ,S.dkk(2013.day)Pembinaan prestasi Ekstrakulikuler Olahraga di SMA Karangturi kotaSemarang

Sugiono.(2014).Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif,kualitatif,dan R & D.Bandung : ALFABETA.

Basuper .R (2017).Peran Guru dalam membentuk kerja sama siswa pada kelas V di SDN 34/I Teratai.(Skripsi,UNJA)

Rosmalinda D &Zulyanty M.(2019).Dukungan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas unggul.ISSN : 2614-7092,E-ISSN : 2621-911.Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol.4 No.I Juni 2019.

Kuntarto .E & Sari.(2017).Pengalaman Terbaik Dalam menumbuhkan minat membaca buku perpustakaan pada sisw sekolah dasar. . ISSN : 2614-7092.Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol.2 No.2 Desember 2017.

Semiawan, C. R. (2010). Metode penelitian kualitatif. Grasindo.

Budijanto, D. (2015). Populasi, sampling dan besar sampel. Pusat Data danInformasi. Kemenkes RI www. risbinkes. litbang. depkes. go. id/2015/SAMPLING-DAN-BESARSAMPEL. pdf.

Suryabrata, S. (2003). Metode Pene-litian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v29i12021p1-14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sri Heni Hartika Tika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats