Peningkatan Hasil Belajar Materi Meringkas Teks Eksplanasi melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script dengan Penguatan Karakter Kreatif

Chorysofa Fradilla, S Sutansi, Yuniawatika Yuniawatika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar materi meringkas teks eksplanasi melalui penerapan model pembelajaran cooperative script dengan penguatan karakter kreatif pada siswa kelas V SDN Kanigoro 4 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Pada siklus I rata-rata presentase aktivitas guru sebesar 78,5 persen dan pada siklus II meningkat menjadi 100 persen. Rata-rata presentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 78,5 persen dan pada siklus II meningkat menjadi 100 persen. Sementara itu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada tahap pratindakan yaitu 68 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 35 persen. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa naik menjadi 77 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 57,5 persen dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 86 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 85 persen. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative script dengan penguatan karakter kreatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi meringkas teks eksplanasi.

Keywords


hasil belajar; teks eksplanasi; cooperative script; karakter kreatif

Full Text:

PDF

References


Aini, Q. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2).

Anugraheni, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Kreatif di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Budi, E. N. (2017). Penerapan Pembelajaran Virtual Class Pada Materi Teks Eksplanasi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI IPS 2 SMA 1 Kudus Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 62–75.

Fathurrohman, Muhammad. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indayani, Y. (2018). Penerapan Model Cooperative Script Untuk Menigkatkan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Kelas IV SD.

Kusumastuti, Peni. (2019). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Siswa Kelas IV SDN 1 Panggunguni Tulungagung. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP UM.

Mappeasse, M. Y. (2009). Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal Medtek, 1(2), 1–6.

Meilani, R., & Sutarni, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 176–187.

Permatasari, N. E. (2016). Pembelajaran Meringkas Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Model Mind Mapping Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lembang Tahun Pelajaran 2015/2016 [PhD Thesis]. FKIP UNPAS.

Putra, F. R. (2016). Pembelajaran Meringkas Teks Cerita Biografi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Gordon Pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Pagaden Subang Tahun Pelajaran 2016/2017 [PhD Thesis]. FKIP UNPAS.

Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 201–214. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2140.

Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi Atas Upaya Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).

Shoimin, Aris. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susdiana, B. E. (2017). Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Metode Picture And Picture Pada Siswa Kelas VII SMP. CENDEKIA: Journal of Education and Teaching, 11(1), 1–12.

Tulloh, H. (2016). Hubungan Model Pembelajaran Cooperative Script Dengan Model Pembelajaran Cooperative Sq3r Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 116–136.

Tya, S. A., Mulyaningsih, I., & Nuryanto, T. (2019). Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Melalui Model Example Non Example. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 77–99.

Uno, Hamzah B. (2009). Model Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wahyuni, M., & Mustadi, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Collaborative Learning Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Kreatif Dan Bersahabat. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2).

Yuniawatika, Y. (2013). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Matematika Dengan Strategi React. EduHumaniora, 4(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fradilla Chorysofa, Sutansi S, Yuniawatika Y

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats