Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Kelas V SDN Srengat 02 Kabupaten Blitar

Afrizal Zuhri Zahrowi, Sri Murdiyah, Arda Purnama Putra

Abstract


Tujuan penelitian dan pengembangan media belajar belajar berbasis android pada materi Acara Proklamasi Kemerdekaan di kelas V SDN Srengat 02 Kabupaten Blitar itu berlaku oleh ahli materi, ahli media dan guru serta praktis dan menarik bagi peserta didik. Model penelitian dan pengembangan menggunakan R&D oleh Borg dan Gall. Teknik pengumpulan data dengan observasi, stadion dan angket. Teknik analisis datanya 200,hasilnya dikategorisasikan. Analisis angket ahli materi, ahli media, dan pengguna menggunakan skala Likert. Sedangkan angket respon peserta didik dianalisis menggunakan skala Guttman. Hasil kevalidan dan kepraktisan, produk di oleh ahli materi sebesar 96,87 persen dengan valid, ahli media produk sebesar 96,87 persen dan guru memberi nilai 100 persen dengan unsur sangat valid dan berkutat dengan baik tanpa revisi. Hasil angket respon peserta didik pada uji coba produk dan uji coba pakai cobaan dengan rata-rata sebesar 97 persen dengan sangat praktis dan menarik dan bisa digunakan. Dari mana penelitian dan pengembangan media komunikasi berbasis android pada materi materi proklamasi kemerdekaan kelas V valid ahli materi, ahli media dan guru, serta praktis dan menarik bagi peserta didik.


Keywords


Media, Berbasis Android, Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan

Full Text:

PDF

References


Adam, Steffi & Syastra, Muhammad Taufik. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Peserta didik Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3 No 2(ISSN 2337-8794), 78-90.

Akbar, Sa’dun. 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Ariefin, Mokhammad. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Qr-Code Materi Karangan Narasi Dengan Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Kelas V SDN Srengat 01.

Ety Nur Inah. 2015. Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru dan Peserta didik.

Hamalik, Oemar. 1989. Media Pendidikan (Bandung : Citra Aditya,1989)

Permendikbud. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 37

Putra, I Nyoman Tri Anindia, dkk. 2020. Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(2), 43–52.

Sugiyono. 2019.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D. Bandung:ALVABETA

Sutomo, M. (2017). Kapabilitas Belajar dalam Proses Pembelajaran (Kajian Konsep Teori Gagne dalam Praktek Pembelajaran). FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 8(1), 97–108.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v30i22022p74-83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Afrizal Zuhri Zahrowi, Sri Murdiyah, Arda Purnama Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats