Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem untuk Membentuk Karakter Mandiri Siswa Kelas V SDN Kendalrejo 02 Blitar

Muhammad Abyan Naufal Latief, Lilik Bintartik, Sutansi Sutansi

Abstract


Hasil observasi di SDN Kendalrejo 02 Blitar kelas V pembelajaran dilakukan secara daring, peserta didik kurang antusias dalam kegiatan pembelajaran. Karena belum adanya media yang memadai. Sehingga memerlukan media pembelajaran berbasis android pada materi hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem yang valid, praktis, dan menarik. Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE dengan lima langkah yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, dan dokumentasi. Angket ahli materi, ahli media, dan pengguna menggunakan skala Likert. Sedangkan angket respon peserta didik menggunakan skala Guttman. Teknik analisis data menggunakan persentase, kemudian hasilnya dikategorisasikan. Hasil validasi oleh ahli materi mencapai 91,66 persen, ahli media 96,4 persen, dan  pengguna sebesar 100 persen. Ketiganya dalam kategori sangat valid dan produk dapat digunakan tanpa revisi. Adapun kepraktisan dari guru mendapatkan nilai 100 persen dan respon kemenarikan dari peserta didik pada uji coba satu dan dua sebesar 100 persen, sehingga media pembelajaran mendapat kategori sangat praktis dan sangat menarik. Dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis android pada materi hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem dengan penguatan karakter mandiri sangat valid menurut ahli materi, ahli media, dan sangat praktis menurut guru sebagai pengguna, serta sangat menarik menurut peserta didik. Dengan demikian, produk ini dapat digunakan dalam pembelajaran.

Keywords


Indonesia

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. (Online), (https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Sa%2Cdun+akbar+Instrumen+Perangkat+Pembelajaran&btnG=), diakses 9 Maret 2021.

Ashari, Dona, dkk. 2019. Pengembangan LKPD Berbasis Guided Inquiry Materi Perpindahan Kalor di Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, (Online), 27 (2): 19-28, (http://journal2.um.ac.id/), diakses 23 Juni 2021.

Mahnun, Nunu. 2012. Media Pembelajaran (Kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). Riau: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau.

Maryono, M, dkk. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 20–38. Dari https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6750

Miftah, M. 2015. Media Pembelajaran: Dari Konsepsi Ke Utilisasi Dan Permasalahannya. Neliti.Com, 138. Dari https://www.neliti.com/publications/286892/media-pembelajaran-dari-konsepsi-ke-utilisasi-dan-permasalahannya

Mu’in, Fatchul. 2011. Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoritik dan Praktik. Jakarta: Ar Ruzz Media.

Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan KI dan KD Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru - Google Cendekia. Jakarta: PT Grafindo Persada. (Online), (https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Model-Model+Pembelajaran+Mengembangkan+Profesionalisme+Guru&btnG=), diakses 8 Maret 2021.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta. (Online), (http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/8411), diakses 9 Maret 2021.

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. 2017. Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Jember: CV. Pustaka Abadi. (Online), (https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=VJtlDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=media+pembelajaran+h.+malik+1994&ots=xbSdEf-0-6&sig=al9-IauoP_5dxGO1qImRUHO9s6E) , diakses 21 Januari 2021.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu. (Online), (https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=model+penelitian+pengembangan+made+tegeh&btnG=), diakses 1 Maret 2021.

Wahono, M. 2018. Pendidikan Karakter: Suatu Kebutuhan Bagi Mahasiswa di Era Milenial. Journal.Unnes.Ac.Id, 1–8. Dari https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/integralistik/article/view/16696




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v30i22022p84-96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Abyan Naufal Latief, Lilik Bintartik, Sutansi Sutansi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats