Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SDN 8 Singkawang

Dandy Setiawan, Rien Anitra, Mertika Mertika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe giving question and getting answer terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 8 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, bentuk penelitian yang digunakan quasi exsperiment dengan desain penelitian yang digunakan adalah Post-test Only Control Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 56 orang. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IV A (28 Siswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B (28 Siswa) sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t dan persentase angket respon positif siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer dengan yang menggunakan pembelajaran langsung pada materi sumber energi kelas IV SDN 8 Singkawang dan terdapat respon positif siswa terhadap strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer pada pembelajaran IPA kelas IV SDN 8 Singkawang Sangat Baik mencapai 80,13 persen.

Keywords


active learning strategy giving question and getting answer type; learning outcomes; response

Full Text:

PDF

References


Budi, dkk (2021). Respon Siswa Terhadap Model Pembelajaran POE dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika. Vol. 7. No. 2.

Hanum, dkk. (2014). PeningkatanAktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPA dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Giving Question And Getting Answer Di SD Negeri 07 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Ejurnal Program Pendidikan Sekolah Dasar FKIP, 2.

Kusumawati, & Maruti. (2019). Strategi Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Magetan: Ae Media Grafika.

Muharani. (2015). Pengruh Giving Question And Getting Answer Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4.

Panduweni, & Andri. (2018). IPA dalam Kehidupan Sehari-hari. Klaten: Intan Pariwara.

Sagala. (2017). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Masalah Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Silberman. (2019). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Simatupang. (2019). Strategi Belajar Mengajar Abad Ke-21. Surabaya: Cipta Media Edukasi.

Soemanto. (2018). Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suprijono. (2010). Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wedyawati, & Lisa. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Sleman: Budi Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v30i22022p67-73

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rien Anitra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats