Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Melalui Model Paired Storytelling Berbantuan Media Youtube

Intan Velinda, Ani Nur Aeni, Prana Dwija Iswara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menyimak cerita melalui penggunaan model paired storytelling dengan bantuan media youtube. Kegiatan penelitian ini dilakukan dengan mengikuti tahapan metodologi penelitian tindak kelas dengan penyajian deskriptif kualitatif, sehingga proses pegumpulan data dilakukan mengunakan instrumen berupa tes dan nontes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas dan guru kelas VI yang berlokasi di SDN Panyingkiran II Sumedang, Jawa Barat. Data yang diperoleh dianalis secara deskriptif kuantitatif. Data hasil analisis kemudian di interpretasi berdasarkan tujuan dari peneliti. Sehingga di ketahui bahwa penggunaan model Paired storytelling dengan bantuan media youtube dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita siswa kelas VI di SDN Panyingkiran II Sumedang, Jawa Barat.


Keywords


Keterampilan Menyimak, Model Pembelajaran, Paired Storytelling,

Full Text:

PDF

References


Aeni, A. N., Nursyafitri, A. A., Fchrina, A. Z., & Putri, T. A. (2022). Pengembangan Website Card Sebagai Sarana Dakwah Untuk Meningkatkan Akhlakul Karimah Bagi Siswa Smp Viii. At-Tsiqah (Dakwah Dan Ekonomi), 7(1), 17.

Aeni, A. N. (2010). Pendidikan Nilai di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12. http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_DASAR/Nomor_14-Oktober_2010/PENDIDIKAN_NILAI_DI_SEKOLAH_DASAR.Pdf

Hanifah, N., & & Julia (Eds.). (2014). Membedah Anatomi Kurikulum 2013 untuk Membangun Masa Depan Pendidikan yang Lebih Baik (Kesatu). UPI Sumedang Press.

Iswara, P. D. (2016). Pengembangan Materi Ajar Dan Evaluasi Pada Keterampilan Mendengarkan Dan Membaca. Mimbar Sekolah Dasar, 3, 1–9.

https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2359

Ramadhani Rizki, Y., & Dkk. (2020). Metode dan Teknik Pembelajaran Inovatif (T. Limbong (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Tarigan, H. G. (2013). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (Revisi 201). CV. Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v30i22022p97-106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Intan Velinda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats