Teknik Membaca Sekilas (Skimming) dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Narasi

Baridatul Munawaroh, Suhel Madyono, Suwarti Suwarti

Abstract


Abstak: Penerapan teknik membaca sekilas (skimming) dalam peningkatan kemampuan memahami teks narasi di kelas V SDN Ngreco Kabupaten Blitar. Penelitian dilaksanakan 2 siklus. Tahapan yang digunakan dalam setiap siklus meliputi Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Data yang diperoleh menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik membaca sekilas dapat meningkatkan kemampuan memahami teks narasi.

Kata kunci: peningkatan, memahami teks narasi, teknik skimming


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Firman, Hery. 2014. Penerapan Teknik Skimming dan Scanning Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Paragraf Eksposisi Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Bintan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Tanjung Pinang: UMRAH

Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi. Aksara.

Somadayo, S. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Grahailmu

Standar Nasional Pendidikan. 2006. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Membaca. Bandung: Percetakan Angkasa

Yana, Y. 2015. Manfaat Membaca Cepat Hambatan dan Cara Mudahnya. (http://manfaat.co.id/manfaat-membaca-cepat-hambatan-dan-cara-mudahnya) diakses pada 16 Januari 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v26i12018p007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Wahana Sekolah Dasar



Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats