Teknik Membaca Sekilas (Skimming) dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Narasi
Abstract
Abstak: Penerapan teknik membaca sekilas (skimming) dalam peningkatan kemampuan memahami teks narasi di kelas V SDN Ngreco Kabupaten Blitar. Penelitian dilaksanakan 2 siklus. Tahapan yang digunakan dalam setiap siklus meliputi Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Data yang diperoleh menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik membaca sekilas dapat meningkatkan kemampuan memahami teks narasi.
Kata kunci: peningkatan, memahami teks narasi, teknik skimming
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Firman, Hery. 2014. Penerapan Teknik Skimming dan Scanning Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Paragraf Eksposisi Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Bintan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Tanjung Pinang: UMRAH
Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi. Aksara.
Somadayo, S. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Grahailmu
Standar Nasional Pendidikan. 2006. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Membaca. Bandung: Percetakan Angkasa
Yana, Y. 2015. Manfaat Membaca Cepat Hambatan dan Cara Mudahnya. (http://manfaat.co.id/manfaat-membaca-cepat-hambatan-dan-cara-mudahnya) diakses pada 16 Januari 2017
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v26i12018p007
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Wahana Sekolah Dasar
Wahana Sekolah Dasar
ISSN 0854-8293 (print)
ISSN 2622-5883 (online)
Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:
View Visitor Stats