ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 1 BENDUNGAN

Fitri Galuh Ramdhani, Heru Purnomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran matematika di kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian guru kelas V SD Negeri 1 Bendungan dan 17 siswa kelas V SD Negeri 1 Bendungan. Instrument penelitian yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita di SD Negeri 1 Bendungan.  Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita diakibatkan oleh kurang lancarnya siswa dalam membaca sehingga mengalami kesulitan dalam memahami maksud soal cerita, kemampuan berhitung siswa terutama perkalian dan pembagian masih rendah, dan ketidaktelitian siswa dalam membaca soal cerita, ada beberapa upaya yang guru lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut diantaranya yaitu dengan melaksanakan Gerakan literasi sekolah, mencongak perkalian dan pembagian, dan dengan cara drill soal cerita matematika kepada siswa kelas V SD Negeri 1 Bendungan.


Keywords


soal cerita; kesulitan; matematika

Full Text:

PDF

References


Almadiliana, Saputra, H. H., & Seitiawan, H. (2021). Hubungan Antara Keimampuan Meimbaca Peimahaman deingan Keimampuan Meimahami Soial Ceirita Mateimatika Siswa Keilas V Seikoilah Dasar. Peindagoigia: Jurnal Peindidikan Dasar, 1 (2), 57-65.

Ameilia, R., & Mustika, D. (2022). Keisulitan Beilajar Oipeirasi Hitung Peimbagian pada Siswa Keilas IV SDN 84 Peikanbaru. Primary: Jurnal Peindidikan Guru Seikoilah Dasar, 11 (5), 1430-1441.

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktoir Peinyeibab Keisulitan Beilajar Mateimatika. Aksioima: Jurnal Proigram Studi Peindidikan Mateimatika, 10 (3), 1611-1622.

Dwidarti, U., Mampoiuw, H. L., & Seityadi, D. (2019). Analisis Keisulitan Siswa dalam Meinyeileisaikan Soial Ceirita pada Mateiri Himpunan. Joiurnal Ceindikia: Joiurnal Peindidikan Mateimatika, 3 (2), 315-322.

Eirniana, I., Umar, Khair, B. N., Fauzi, A., & Sari, M. P. (2021). Keimampuan Liteirasi Numeirasi Siswa SD Inklusif dalam Meimeicahkan Soial Ceirita. Joiurnal oif Eileimeintary Eiducatioin, 895-905.

Gunawan, A. (2017). Analisis Keisalahan dalam Meinyeileisaikan Soial Ceirita pada Mata Peilajaran Mateimatika Siswa Keilas V SDN 59 Koita Beingkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Peindidikan Guru Seikoilah Dasar, 10 (1), 1-10.

Karim, A. (2017). Peingaruh Meitoidei meincoingak Teirhadap Hasil Beilajar Mateimatika. Jurnal Kajian Peindidikan Mateimatika, 2 (2), 151-158.

Kartika, A. W., & Harjoinoi, N. (2020). Koimparasi Moideil Peimbeilajaran Proibleim Baseid Leiarning dan Discoiveiry Leiarning Ditinjau dari Peiningkatan Keimampuan Peimeicahan Masalah Mateimatika Siswa SD. Jurnal Wahana Seikoilah Dasar, 28 (2), 42-50.

Laily, I. F. (2014). Hubungan Keimampuan Meimbaca Peimahaman deingan Keimampuan Meimahami Soial Ceirita Mateimatika Soial Ceirita Mateimatika Seikoilah Dasar. Eiduma Matheimatics Eiducatioin Leiarning and Teiaching, 3 (1), 52-62.

Mardika, T. (2017). Analisis Faktoir-Faktoir Keisulitan Meimbaca Meinulis dan Beirhitung Siswa Keilas 1 SD. Jurnal Dinamika Peindidikan Dasar, 10 (1), 28-33.

Maulani, M. I. (2022). Peimbiasaan Strateigi Meincoingak seibagai Upaya Meingatasi Hambatan Beirhitung. Proisiding Seiminar Peindidikan Mateimatika dan Mateimatika, 5 (1).

Panjaitan, S. (2017). Peineirapan Strateigi Peimbeilajaran BBM (Beirpikir, Beirbicara, Meinulis) untuk Meiningkatkan Aktivitas Mahasiswa di Proidi Peindidikan Mateimatika FKIP Univeirsitas HKBN Noimmeinsein T.A.2016/2017. Jurnal Suluh Peindidikan FKIP-UHN, 4 (1), 99-109.

Poilya, G. (1973). Hoiw toi Soilvei It A Neiw Aspeict oif Matheimatical Meithoid. Uniteid Stateis oif Ameirica: Univeirsity Preiss.

Ramadhani, D. V., Roieibyantoi, G., & Umayaroih, S. (2019). Keimampuan Peimeicahan Masalah Siswa Keilas V Pada Mateiri Geioimeitri Ditinjau dari Gaya Koignitif. Seikoilah Dasar : Kajian Teioiri dan Praktik Peindidikan, 28 (2), 80-90.

Susanti, Y. (2020). Peimbeilajaran Mateimatika deingan Meinggunakan Meidia Beirhitung di Seikoilah Dasar dalam Meiningkatkan Peimahaman Siswa. Jurnal Eidukasi dan Sains, 2 (3), 435-448.

Ukoibizaba, F., Ndihoikubwayoi, K., & Uwoirwabayeihoi, A. (2020). Teiacheir's Beihavioiurs Toiwards Vital Inteiractioins that Attract Studeints' Inteireist toi Leiarn Matheimatics and Careieir Deiveiloipmeint. African Joiurnal oif Eiducatioinal Studieis in Matheimatics and Scieinceis, 16 (1), 85-94.

Utari, D. R., Wardana, M. Y., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Keisulitan Beilajar Mateimatika dalam Meinyeileisaikan Soial Ceirita. Jurnal Ilmiah Seikoilah Dasar, 3 (4), 534-540.

Wahyuni, N. (2016). Peinggunaan Meitoidei Drill dalam Peimbeilajaran Mateimatika. Proisiding Seiminar Nasioinal, 2 (1).

Widyawati, N. (2017). Applying Missoiuri Matheimatics Proijeict Moideil in Einhancing Math Leiarning Oiutcoimeis. Inteirnatioinal Joiurnal oig Manageirial Studieis and Reiseiarch (IJMSR), 5 (1), 15-18.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v31i22023p142-151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fitri Galuh Ramdhani, Heru Purnomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats