PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MATERI PERKALIAN MENGGUNAKAN METODE SKIP COUNTING PADA SISWA SD NEGERI PUNTEN 01

Naina Fitri Febianti, Ni Luh Sakinah Nuraini, Surayanah Surayanah

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kemampuan penalaran matematis sebelum dan sesudah menggunakan metode skip counting serta apakah ada perbedaan kemampuan penalaran matematis materi perkalian siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode skip counting pada pembelajaran matematika di SD Negeri Punten 01. Metode penelitian yang dipakai adalah one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa dari SD Negeri Punten 01. Sampel penelitian adalah siswa kelas 2A berjumlah 24 siswa, 10 laki-laki dan 14 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara sebagai data awal, tes kemampuan penalaran matematis perkalian yang berbentuk essay. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Nilai rata-rata yaitu pada pretest 35,21 dan rata-rata nilai posttest 65,63. Serta hasil output uji wilcoxon untuk menguji hipotesis didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) dari 0,000 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest siswa pada kemampuan penalaran matematis materi perkalian menggunakan metode skip counting siswa SD Negeri Punten 01. Indikator “menarik kesimpulan” yang menjadi indikator terendah setelah mendapat perlakuan dengan skip counting.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v32i12024p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Naina Fitri Febianti, Ni Luh Sakinah Nuraini, Surayanah Surayanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats