ANALISIS REPRESENTASI VISUAL MATEMATIKA SISWA KELAS V-B DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PECAHAN BERBENTUK SOAL CERITA

Fina Nur Oktaviah, Mardyanto Barumbun, A. Wilda Indra Nanna

Abstract


Materi pecahan masih menjadi permasalahan bagi banyak siswa di sekolah dasar, khususnya yang melibatkan soal cerita matematika. Pada kenyataannya, sebagian besar siswa dapat menyelesaikan materi pecahan secara aritmatika, namun kesulitan jika diminta untuk menggambarkanya secara visual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi visual siswa kelas V sekolah dasar dalam menyelesaikan masalah pecahan berbentuk soal cerita. Metode penelitian yang digunakan mengikuti kaidah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Sebanyak 23 siswa kelas V mengisi lembar tes kemampuan representasi visual yang kemudian dikelompokkan berdasarkan kategori kemampuan matematika. Dari 23 siswa, 6 orang dipilih untuk mewakili kategori kemampuan matematika untuk diwawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semua partisipan memiliki kemampuan representasi visual yang beragam. Siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu merepresentasikan konsep pecahan ke dalam bentuk gambar dengan tepat, namun tidak dengan siswa berkemampuan sedang yang kurang tepat dalam merepresentasikan pecahan ke dalam bentuk gambar. Selanjutnya, siswa dengan kemampuan matematika rendah tidak mampu menyelesaikan masalah pecahan menggunakan gambar dengan tepat. Hasil penelitian ini berimplikasi pada pentingnya mengajarkan dan memberikan pemahaman terkait dengan materi pecahan yang tidak hanya berpusat pada kemampuan aritmatika saja, namun terlebih penting lagi menekankan pengajaran konsep pecahan menggunakan representasi yang mengedepankan sisi visual.

Keywords


Kemampuan Representasi Visual; Pecahan; Siswa Sekolah Dasar; Soal Cerita Matematika.

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, A., Susiswo, S., & Hidayanto, E. (2019). Berpikir Pseudo Siswa pada Konsep Pecahan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(8). https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.13041

Astuti, E. P. (2017). Representasi Matematis Mahasiswa Calon Guru dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1). https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.100

Barumbun, M., & Kharisma, D. (2022). Procedural knowledge or conceptual knowledge? Developing the so-called proceptual knowledge in mathematics learning. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 15(2). https://doi.org/10.20414/betajtm.v15i2.472

Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Faradiba, R., Susiswo, S., & As’ari, A. R. (2019). Representasi Visual Dalam Menyelesaikan Masalah Pecahan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(7). https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12629

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri Transformasi Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Menengah. Jurnal Matematika Integratif, 13(1). https://doi.org/10.24198/jmi.v13i1.11410

Muh. Anwar HM, Faradilla, Umrah, & Muh. Taufiq Anugrah. (2023). Membangun Jiwa Kepemimpinan pada Mahasiswa. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.24252/edu.v2i2.33797

Nanna, A. W. I., & Pratiwi, E. (2020). Students’ Cognitive Barrier in Problem Solving: Picture-based Problem-solving. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 73–82. https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i1.5652

Nasution, N. K. (2020). Meningkatkan Kemampuan Visual Thinking Dalam Pemecahan Masalah Matematika . In Article in Mathematics Education Research Journal. https://www.researchgate.net/publication/341768957

Putri Lestari, A. (2021). Representasi Visual Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Pecahan di Kelas V-C SDN 002 Rinding.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49

Sanjaya, I. I., Maharani, H. R., & Basir, M. A. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Lingkaran Berdasar Gaya Belajar Honey Mumfrod. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(1). https://doi.org/10.30659/kontinu.2.1.72-87

Sokolowski, A. (2018). The effects of using representations in elementary mathematics: Meta-analysis of research. IAFOR Journal of Education, 6(3). https://doi.org/10.22492/ije.6.3.08




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v32i12024p10-25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fina Nur Oktaviah, Mardyanto Barumbun, A. Wilda Indra Nanna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats