Pengembangan Media Pembelajaran Game Siceria pada Materi Sistem Pencernaan Manusia dengan Penguatan Karakter Mandiri di Kelas V SDN Wonorejo IV
Abstract
Keywords
References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611–1622. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824
Bahriah, E. S., Feronika, T., & Suharto, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Chemo-Edutainment melalui Model Instructional Games pada Materi Konfigurasi Elektron. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(2), 132–143. https://doi.org/10.21009/jrpk.072.07
Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia.
Candra, A. M., & Rahayu, T. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Game Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2311–2321. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1212
Farida, C., Destiniar, & Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Penyajian Data. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–66. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1521
Fauzi, S. A & Mustika, D. (2022). Peran Guru sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 2492–2500. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5113
Hidayati, K., & Listyani, E. (2010). Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa. In Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (Vol. 14, Nomor 1, hal. 84–99). https://doi.org/10.21831/pep.v14i1.1977
Johar, A., Risdianto, E., & Indriyati, D. A. F. (2014). Perancangan dan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Web pada Bidang Studi Bahasa Inggris di Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu dengan Menggunakan PHP dan MYSQL. Rekursif: Jurnal Informatika, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.33369/rekursif.v2i1.299
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi dalam Kehidupan Manusia. KAMPRET Journal, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Nova, D. D. R., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 113. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i2.2515
Novelia, S., & Hazizah, N. (2020). Penggunaan Video Animasi dalam Mengenal dan Membaca Huruf Hijaiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1037–1048. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.567
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187.
Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589–5597. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2719
Pebrianti, F. (2019). Kemampuan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Sederhana. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 93–98. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba
Putri, M. D. (2023). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Mandiri dan Gemar Membaca Siswa Madrasah Ibtidaiyah. JPDI: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 53–60.
Safitri, N. A. (2022). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dan Perilaku Menyontek Siswa Jurusan Akuntansi SMK Yatpi Godong. Majalah Lontar, 34(2), 118–129. https://doi.org/10.26877/ltr.v34i2.12970
Savitri, D., Karim, A., & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17
Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2022). Pemanfaatan Quizizz sebagai Media Pembelajaran berbasis Game pada Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(2), 81–88. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p81-88
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Wahyuni, R., Febriandari, E. I., & Setiawan, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif berbasis Information and Communication Technologies pada Pembelajaran Tematik. TANGGAP: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 75–82. https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/93
Wijayanti, S. L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbantuan Instagram pada Muatan IPS Materi Karakteristik Geografis di Indonesia Kelas V Sekolah Dasar.
Wiranti, A. E., Winahyu, S. E., & Untari, E. (2023). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline untuk Pembelajaran Pendidikan Seks Materi Pubertas Kelas VI di Sekolah dasar. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(2), 113–124. https://doi.org/10.21831/didaktika.v6i2.63943.g20824
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v32i22024p86-100
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Faridah Sal Sabillah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Wahana Sekolah Dasar
ISSN 0854-8293 (print)
ISSN 2622-5883 (online)
Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:
View Visitor Stats