Pengembangan Media Pembelajaran Game Siceria pada Materi Sistem Pencernaan Manusia dengan Penguatan Karakter Mandiri di Kelas V SDN Wonorejo IV

Faridah Sal Sabillah, Sri Estu Winahyu, Esti Untari

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan produk media pembelajaran game Siceria pada materi sistem pencernaan manusia dengan penguatan karakter mandiri yang valid menurut ahli materi, ahli media, dan guru sebagai pengguna; praktis menurut guru sebagai pengguna; menarik bagi peserta didik; serta mampu menguatkan karakter mandiri pada peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu research and development (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Hasil penelitian menyatakan bahwa media pembelajaran game Siceria valid menurut ahli materi, ahli media, dan guru sebagai pengguna. Media pembelajaran mendapatkan skor validitas 100% dari ahli materi, 96,87% dari ahli media, dan 100% dari pengguna. Media pembelajaran juga dinyatakan praktis menurut pengguna dengan skor 100% dari pengguna. Media pembelajaran dinyatakan menarik menurut peserta didik dengan skor 99,72%. Media pembelajaran juga dinyatakan dapat menguatkan karakter mandiri dengan skor 100%. Berdasarkan skor yang telah didapat, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran game Siceria dinyatakan valid menurut ahli materi, ahli media, dan guru sebagai pengguna; praktis menurut pengguna; menarik menurut peserta didik; dan menguatkan karakter mandiri pada peserta didik.

Keywords


Media Pembelajaran; Game; Pencernaan Manusia

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611–1622. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824

Bahriah, E. S., Feronika, T., & Suharto, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Chemo-Edutainment melalui Model Instructional Games pada Materi Konfigurasi Elektron. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(2), 132–143. https://doi.org/10.21009/jrpk.072.07

Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia.

Candra, A. M., & Rahayu, T. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Game Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2311–2321. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1212

Farida, C., Destiniar, & Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Penyajian Data. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–66. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1521

Fauzi, S. A & Mustika, D. (2022). Peran Guru sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 2492–2500. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5113

Hidayati, K., & Listyani, E. (2010). Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa. In Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (Vol. 14, Nomor 1, hal. 84–99). https://doi.org/10.21831/pep.v14i1.1977

Johar, A., Risdianto, E., & Indriyati, D. A. F. (2014). Perancangan dan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Web pada Bidang Studi Bahasa Inggris di Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu dengan Menggunakan PHP dan MYSQL. Rekursif: Jurnal Informatika, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.33369/rekursif.v2i1.299

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi dalam Kehidupan Manusia. KAMPRET Journal, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Nova, D. D. R., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 113. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i2.2515

Novelia, S., & Hazizah, N. (2020). Penggunaan Video Animasi dalam Mengenal dan Membaca Huruf Hijaiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1037–1048. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.567

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187.

Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589–5597. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2719

Pebrianti, F. (2019). Kemampuan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Sederhana. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 93–98. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba

Putri, M. D. (2023). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Mandiri dan Gemar Membaca Siswa Madrasah Ibtidaiyah. JPDI: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 53–60.

Safitri, N. A. (2022). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dan Perilaku Menyontek Siswa Jurusan Akuntansi SMK Yatpi Godong. Majalah Lontar, 34(2), 118–129. https://doi.org/10.26877/ltr.v34i2.12970

Savitri, D., Karim, A., & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17

Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2022). Pemanfaatan Quizizz sebagai Media Pembelajaran berbasis Game pada Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(2), 81–88. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p81-88

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Wahyuni, R., Febriandari, E. I., & Setiawan, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif berbasis Information and Communication Technologies pada Pembelajaran Tematik. TANGGAP: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 75–82. https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/93

Wijayanti, S. L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbantuan Instagram pada Muatan IPS Materi Karakteristik Geografis di Indonesia Kelas V Sekolah Dasar.

Wiranti, A. E., Winahyu, S. E., & Untari, E. (2023). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline untuk Pembelajaran Pendidikan Seks Materi Pubertas Kelas VI di Sekolah dasar. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(2), 113–124. https://doi.org/10.21831/didaktika.v6i2.63943.g20824




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v32i22024p86-100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Faridah Sal Sabillah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats