PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE DENGAN PENGUATAN KARAKTER MANDIRI PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS V SD

Intan Nurul Aini, Esti Untari, Lilik Bintartik

Abstract


Latar belakang penelitian yaitu media berbentuk print-out gambar pada materi sistem pernapasan manusia kurang menarik bagi siswa, siswa tertarik dengan media digital, dan kurangnya kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas. Tujuan penelitian yaitu menghasilkan media pembelajaran berbantuan Articulate Storyline dengan penguatan karakter mandiri pada materi sistem pernapasan manusia kelas V SD yang valid, praktis, menarik, dan dapat menguatkan karakter mandiri siswa. Metode penelitiannya yaitu R&D dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Lemahbang I dan II. Hasil uji kevalidan media mendapat kategori “sangat valid” oleh ahli materi 91.6%, ahli media 100%, dan guru 100%. Uji kepraktisan oleh guru mendapat kategori “sangat praktis” dengan nilai 100%. Uji kemenarikan mendapat kategori “sangat menarik” pada skala kecil 100% dan dan skala besar 97.5%. Sedangkan pada uji karakter mandiri mendapat kategori “sangat mandiri” pada skala kecil 91% dan dan skala besar 95.8%. Maka, pengembangan media pembelajaran berbantuan Articulate Storyline dengan penguatan karakter mandiri pada materi sistem pernapasan manusia kelas V SD dapat digunakan pada pembelajaran di kelas.

Keywords


Articulate Storyline; independent character, respiratory system

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Aziz, A. (2017). Hubungan Antara Kompetensi Guru dan Kepercayaan Diri dengan Kemandirian Siswa SMP N 2 Pangkalan Susu. Jurnal Pshycomutiara, 1(1), 15–29. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/Psikologi/article/view/130/148

Basyir, M. S., Dinana, A., & Devi, A. D. (2022). Kontribusi Teori Belajar Kognitivisme David P. Ausubel dan Robert M.Gagne dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Madrasah, 7(1), 89–100. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPM/article/view/71.12/2360

Bintartik, L., Kartini, H., Winahyu, S. E., & Yuniawatika. (2023). Pelatihan Penggunaan Media Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Islam se-Kota Blitar. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 6(2), 109–114. https://doi.org/10.17977/um050v6i22023p109-114

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia.

Fatah, A., Kir, :, Yoga, H. ;, Sampurna, G., Supriyono, ;, Kurniawan, D., Amar, ;, Nawa, N. ;, Maulidino, R., & Jafar, M. (2023). Analisis Materi Esensial Mata Pelajaran Panel Body dan Rangka pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 6(1).

Febriyani, H., & Hidayati, D. (2023). Urgensi Media Digital Dalam Proses Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 3910–3916. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/12815/10673

Gymnastiar, A., A’fiani, N. N., Ramadhan, N. B., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Media Articulate Storyline untuk Pembentukan Akhlak Terpuji Siswa Kelas VI SD. Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 16(4), 1241–1248. https://doi.org/10.35931/aq.v16i4.1062

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(4), 553–559. https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP

Hidayah, N., Es Nafitri, S., Zaky, F., & Suryaning, A. F. (2023). Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline Sebagai Media Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 83–91. https://jurnal.educ3.org/index.php

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif : Jean Piaget. 3(1). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/197/178

Junaidi. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://ejournal.kompetif.com/index.php/diklatreview/article/view/349/287

Kasdriyanto, D. Y., & Wardana, L. A. (2021). Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Picture And Picture Berorientasi Wawasan Kebangsaan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 271–278. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1255

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. https://r.search.yahoo.com/_ylt=Awr1QRz7bfVkFtQHxf_LQwx.;_ylu=Y29sbwNzZzMEcG9zAzMEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1693834876/RO=10/RU=https%3a%2f%2frepositori.kemdikbud.go.id%2f18582%2f/RK=2/RS=Tsxp_NCkRYVYfHOz8YFbOXga9vQ-

Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar (F. N. Kumala, Ed.; 1 ed.). Penerbit Ediide Infografika. https://staff.universitaspahlawan.ac.id/web/upload/materials/4884-materials.pdf

Legina, N., & Sari, P. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy : jurnal penelitian dan pengembangan pendidikan, 9(3), 375–385. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5285

Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577–585. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401

Octaviani, S. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Scientific Approach pada Pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar. Educational Technology Journal), 1(2), 66–77. https://journal.unesa.ac.id/index.php/etj

Ofaldi, S. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp sebagai Sarana Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Tirtayasa Bandar Lampung [UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29435

Pitriani, N. R. V. (2020). Youtube Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Berbasis Ajaran Tri Kaya Parisuda pada Era Revolusi Industri 4.0. Haridracarya: Jurnal Pendidikan Agama Hindu, 1(1), 37–45. https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/haridracarya/article/view/623

Putri, H. H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline pada Mata Pembelajaran IPAS untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar [Universitas Muhammadiyah Malang]. https://etd.umm.ac.id/id/eprint/5327/

Rahayu, W. P., & Ulumiyah, A. (2021). Development of Mobile Learning Media Based on Articulate Storyline 3 to Support Independence Learning of Vocational High School Students in the New Normal Era. Proceedings of the Seventh Padang International Conference On Economics Education, Economics, Business and Management, Accounting and Entrepreneurship (PICEEBA 2021). https://www.atlantis-press.com/proceedings/piceeba-21/125963997

Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline pada Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237–253. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1109

Silmi, T. A., & Hamid, A. (2023). Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 12(1), 66–77. https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.37347

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (26 ed.). CV ALFABETA.

Untari, E., & Sukamti. (2018). Science Learning in Elementary School with Project Based Learning Model. Proceedings of the 1st International Conference on Early Childhood and Primary Education (ECPE 2018), 42–46. https://doi.org/10.2991/ecpe-18.2018.10




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um035v32i12024p53-67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Intan Nurul Aini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Wahana Sekolah Dasar 

ISSN 0854-8293 (print) 

ISSN 2622-5883 (online)

 

Jurnal Wahana Sekolah Dasar is indexed by:

           

View Visitor Stats